Moon-Gee

"Urip iku mung mampir ngguyu" – pepatah jawa

PIMNAS 2012

Posted by Aya 9 Comments

PIMNAS, PIMNAS, PIMNAS? KENALAN YUUUUUUK..

Sejujurnya, PIMNAS adalah istilah yang asing bagi saya sebagai mahasiswa semester 2 di kampus tercinta ini. Setelah searching-searching, googling-googling, akhirnya saya menemukan arti dan maksud dari sebuah kata yang akhir-akhir ini jadi HOT ISSUE oleh teman-teman seperjuangan. Insya Allah tulisan saya berikut ini merupakan hasil input (membaca website dan blog) kemudian saya output kembali menggunakan bahasa yang bisa lebih mudah dipahami oleh teman-teman sekalian, terutama para mahasiswa tahun pertama di kampus tercinta ini. Happy reading 🙂

APAKAH PIMNAS ITU?

PIMNAS adalah singkatan dari Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional dan rencananya, PIMNAS 2012 yang akan diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini adalah PIMNAS yang ke-XXV. Bisa dibilang, PIMNAS adalah semacam kompetensi bergengsi dimana seluruh mahasiswa-mahasiswa dari Sabang sampai Merauke dari berbagai macam jurusan, mulai jenjang D3 hingga S1 akan unjuk gigi, memamerkan, mempertunjukkan, karya-karya kreatif terbaik mereka. Nama baik universitas dan rasa gengsi sangat dipertaruhkan dalam kegiatan ini.

APA SAJA KEGIATAN PIMNAS ITU?

Karena PIMNAS merupakan kompetisi event, maka yang diperlombakan adalah proposal kegiatan yang dibuat oleh para mahasiswa dengan topik yang sudah ditentukan oleh panitia. Kegiatan tersebut tidak diharuskan berupa penelitian ilmiah. Kemudian, mahasiswa akan dibiayai oleh DIKTI (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) sesuai dengan program kegiatan yang sudah dibuat sesuai dengan proposal yang sudah diajukan. Nantinya, mereka tetap akan dimintai pertanggung jawaban berupa laporan aktivitas dan hasil yang sudah bisa dicapai beserta laporan keuangan secara detail demi menghindari terjadinya penyalahgunaan dana yang ada.

APA SAJA TOPIK PROPOSAL PIMNAS 2012?

Rencananya ada 7 bidang PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) yang akan dilombakan pada PIMNAS tahun ini. Diantaranya adalah:

  • PKM-P (PKM-Penelitian)
  • PKP-T (PKM-Penerapan Teknologi)
  • PKM-K (PKM-Kewirausahaan)
  • PKM-M (PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat)
  • PKM-AI (PKM-Artikel Ilmiah)
  • PKM-GT (PKM-Gagasan Tertulis)
  • PKM-KC (PKM-Karsa Cipta)

Penjelasannya adalah sebagai berikut:

  • PKM-P (PKM-Penelitian)

PKM tersebut merupakan PKM yang berkonsentrasi pada sebuah penelitian, bisa merupakan penelitian sosial maupun ilmiah. Contohnya adalah (menurut saya, maaf kalau salah), “Pengaruh mitos-mitos masyarakat jawa dalam berkehidupan” atau “Dampak penggunaan air tampungan hujan bagi sistem sanitasi di daerah Bojonegoro”

  • PKP-T (PKM-Penerapan Teknologi)

PKM ini mengusung suatu program bantuan teknologi bisa berupa sistem (mesin, model, pengolahan limbah, dll) atau manajemen (pembukuan, administrasi, pemasaran) tertentu yang harus bisa membantu atau bekerja sama dengan usaha-usaha mikro kelas menengah ke bawah. Tentunya dalam menjalankan program ini harus menggandeng partner usaha yang dijalankan oleh masyarakat dan tentunya juga akan mendapatkan bantuan.

  • PKM-K (PKM-Kewirausahaan)

PKM yang satu ini sangat cocok bagi yang berjiwa bisnis, ambisius, tak takut rugi, dan pekerja keras. PKM ini sangat berorientasi pada profit dan komoditi yang ditawarkan oleh peserta, bisa merupaka jasa atau barang. Di dalam PKM ini, peserta merupakan penggerak utama usaha tersebut tanpa harus mencari mitra seperti pada PKM-T.

  • PKM-M (PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat)

Kerja sama dengan masyarakat merupakan sesuatu yang paling ditonjolkan dalam hal ini. Dalam membantu meningkatkan kuualitas hidup masyarakat, para peserta dituntut untuk membuat menjalankan program-program kemasyarakatan. Contohnya adalah memberantas buta huruf, mengadakan berbagai macam penyuluhan-penyuluhan, dll.

  • PKM-AI (PKM-Artikel Ilmiah)

PKM ini merupakan program penulisan artikel-artikel ilmiah dalam bidang pendidikan, kedokteran, penelitian, maupun pengabdian masyarakat yang sebelumnya pernah dilakukan oleh mahasiswa secara mandiri (misalnya KKN, studi kasus, dll). PKM yang satu ini sangat berbeda dibandingkan dengan yang lainnya, karena proposalnya hanya akan diseleksi di DIKTI dan tidak perlu mempersentasikannya di PIMNAS. Jika lolos, maka akan dipublikasikan sebagai jurnal ilmiah yang terakreditasi,

  • PKM-GT (PKM-Gagasan Tertulis)

Yang membedakan PKM ini adalah, PKM ini merupakan murni gagasan tertulis. Para peserta menuangkan ide-ide yang cerdas, kritis, dan realistis terhadap isu-isu yang sedang berkembang di masyarakat saat ini dan dituangkan dalam sebuah artikel. Oleh sebab itu, PKM ini adalah satu-satunya PKM yang tidak mendapatkan kucuran dana dari DIKTI karena masih tertahan pada tahap ide dan tidak masuk dalam tahap realisasi.

  • PKM-KC (PKM-Karsa Cipta)

Inti dari PKM ini adalah ‘penciptaan’ yang bersumber dari ide-ide kreatif para mahasiswa yang dapat berupa model, sistem, dll.

 APA SAJA TAHAPAN MENGIKUTI PIMNAS?

  1. Pengajuan proposal. Sesuai dengan bidang yang diminati ke DIKTI, dilengkapi dengan anggaran pelaksanaannya dan pastikan proposal yang diajukan sesuai dengan format yang tertera pada panduan. Kemudian proposal kita akan melalu tahap penyeleksian.
  2. Pendanaan oleh DIKTI (Kecuali PKM-GT dan PKM-AI). Setelah empat-bulan pelaksanaan kegiatan tersebut, kemudian DIKTI akan melakukan MonEv “Monitoring dan Evaluasi”. Kita akan dimintai pertanggungjawaban soal penggunaan uang, apakah tepat sasaran atau tidak.
  3. Presentasi. Pada tahap inilah pertandingan yang sebenarnya dimulai. Yaitu, kita beradu mempresentasikan PKM dengan mahasiswa-mahasiswa dari universitas lain untuk merebut medali emas, perak, dan perunggu.

Universitas dengan perolehan poin medali terbanyak lah yang akan dinobatkan menjadi “Juara Umum PIMNAS”.

Bagaimana teman-teman? Apakah kalian berminat mengikuti PIMNAS tahun ini yang rencananya akan diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta? 🙂

Categories: Coret-coret iseng

About Aya

I don't want to change the world, my I will change my world.

PROFIL AKU

Aya

I don't want to change the world, my I will change my world.


Popular Posts

PIMNAS 2012

PIMNAS, PIMNAS, PIMNAS? KENALAN YUUUUUUK.. Sejujurnya, PIMNAS adalah istilah yang asing ...

Konser Secondhand Se

Tadi malam kampus kita tercinta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kedatangan band ...

Descriptive Text - M

Generally, almost of my friends in Jogja come from small ...

Website PIMNAS UMY 2

Sebenarnya saya bingung mau menulis apa hari ini karena saya ...

Interview with forei

Friday, 13 January 2012, I, Uci, Andien, Erma, and Leny ...