Sebagaimana telah dimaklumi dalam kitâbullah, bahwa dalam satu tahun ada dua belas bulan (Q.S. At-Taubah/9:36), diantaranya ada empat bulan suci atau mulia (arba’atun hurum). Didasarkan kepada hadits Rasulullâh SAWriwayat Imam Ahmad, Imam Al-Bukhâri, Imam Muslim, Al-Bazzâr dan Ibnu Mardawaih bahwa nama-nama bulan dimaksud adalah tiga bulan berurutan terdiri dari Dzulqa’dah, ...
ContinueMetode (dalam bahasa arab=manhaj) artinya jalan yang terang. Disebut juga minhaj, sebagaimana tertulis dalam al Qur’ân: " وَلكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَّ مِنْهَاجًا..."artinya: “untuk tiap-tiap umat diantara kamu, kami berikan syir’ah dan minhaj”. (Q.S. al Mâidah/5:48). Menurut ar Râghib al Ashbahâni dalam al Mufradâtnya, menukil pandangan Ibnu ‘Abbas bahwa yang ...
ContinueBithônah menurut bahasa memiliki banyak pengertian, diantaranya: samar, tersembunyi, mengetahui rahasia, mengerti dan memahami, menjadi orang yang terdekat dan menjadi orang yang dipercaya. Oleh karenanya, perut disebut al-Bathnu, karena mengandung pengertian bagian dalam, disebut bathnul wâdi artinya bagian tengah lembah atau bathnul ardli artinya bagian perut bumi. Adapun bithônun artinya ...
Continue…إِنَّ فِيْ ذَالِكَ لَعِبْرَةً ِلأُولىِ اْلأَلْبَابِ “Sesungguhnya pada hal demikian terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai mata hati” (Alî ‘Imrân/3: 13) “Selalu ada hikmah bagi orang yang mau melihat” (‘Alî bin Abî Thâlib) Bertepatan dengan 27 November 2011, kalender hijriah memasuki tahun baru 1433. Artinya lima belas abad sudah peristiwa agung itu berlalu. Suatu ...
ContinueUntuk melakukan penilaian hukum terjadinya perpecahan (al-tafarruq), maka banyak ayat al-Qur’an yang mengisyaratkan akan hal itu, diantaranya: Larangan mengikuti jalan perpecahan yang ditempuh ummat masa lampau “Dan janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang bercerai berai dan berselisih setelah sampai kepada mereka keterangan yang jelas. Dan mereka itulah orang-orang yang mendapat adzab yang ...
Continue“Seluruh manusia laksana orang-orang mabuk, kecuali orang-orang yang berilmu (ulama’). Dan orang-orang berilmupun laksana orang-orang bingung, kecuali mereka yang mengamalkan ilmunya”. Itulah salah satu untaian hikmah yang dialunkan Sahl bin Abdillah at-Tusturi, seakan mengingatkan para ahli ilmu ataupun penuntut ilmu –hari ini- agar lebih mawas diri dan kembali menimbang-nimbang sejauhmana ilmu ...
ContinueMuqaddimah Tafsir isti’adzah (أعوذ بالله من الشيطان الرجيم ) : Berlindung kepada Allah dan meminta penjagaannya dari kejelekan syaithan yang menyeleweng agar tidak membahayakan bagi agama dan duniaku atau menyelewengkan kepada perbuatan yang tidak diperintahkan kepadaku dan dari hembusan, tiupan dan godaannya, karena syetan tidak dapat menguasai manusia karena Allah swt. Tafsir ...
Continueقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا أَصَابَ عَبْداً هَمٌّوَلاََ حَزَنٌ، فَقَالَ: اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ أَمَتِكَ نَاصِيَتِي بِيَدِكَ مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ ...
ContinueAl-Ghazali memiliki nama dan nasab Muhammad bin Muhammad bin Ahmad Al-Thusi, lebih dikenal dengan Abu Hamid Al-Ghazali yang mendapat gelar Hujjat al-Islâm. Ia merupakan ahli fiqih madzhab Syafi’i, filosuf dan dikenal seorang sufi. (Sayyid Ahmad, 2005: 55) Namanya dikaitkan dengan Ghazalat di Thusia, yaitu nama kampung yang terletak di kota Khurasan ...
ContinueSeputar Istilah Inkarus Sunnah Meyakini Sunnah rasulullah saw. sebagai sumber hukum kedua setelah al-Qur`an, bukanlah sesuatu yang perlu diperdebatkan lagi. Disamping banyak ayat yang menunjukkan dan mengisyaratkan wajibnya mengambil Sunnah rasulullah, yaitu (QS. Al-Hasyr/59: 7), mentaati rasulullah berarti mentaati Allah (QS. An-Nisâ`/4: 80, QS. Ali Imran/3: 32, QS. An-Nisâ`/4: 59), menjadikan ...
Continue