Instrumen kisi-kisi Penilaian kinerja PSIKOMOTOR

Lampiran 5.
Instrumen kisi-kisi Penilaian kinerja.
Pengamatan atau penilaian aspek psikomotorik dilakukan oleh guru pada saat peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran.
Format Penilaian “Simulasi Sosial” yang bertujuan merangsang berbagai bentuk belajar, seperti belajar tentang persaingan (kompetisi), kerja sama, empati, sistem sosial, konsep, keterampilan, kemampuan berpikir kritis, pengambilan keputusan, dan lain-lain.
Skor yang diberikan setiap aspek dibagi dalam 4 kategori yaitu:
1= sangat kurang,
2= kurang,
3= baik,
4=amat baik.
Nama Peserta  didik    : ……………………………………………..
No Induk        : ……………………………………………..

No    Aspek Ketrampilan
1    Menunjukkan  rancangan simulasi.
2    Kemampuan kerja sama
3    Kemampuan persaingan (kompetisi)
4    Menunjukkan rasa Empati
5    kemampuan berpikir kritis
6    pengambilan keputusan
7    Kemampuan menyelesaikan masalah
8    Keterlibata emosi dalam simulasi.
9.    Menunjukkan rasa tanggung jawab
10.    Memainkan tokoh dengan total
11.    Memanfaatkan media pendukung simulasi
12.    Memperhatikan dengan tekun proses simulasi
13    Ketekunan melaksanakan simulasi
14    Perhatian terhadap jalannya simulasi
15    Kerjasama dalam kelompok
16    Mendemonstrasikan ketrampilan interpersonal yang efektif
17    Berkontribusi terhadap  kesuksesan kelompoknya
18    Mencatat Hasil Simulasi
19    Pembuatan Laporan sementara
20.    Produk Artefak/Ekshibit
(sumber : Marzano et, al dan Wiggings  dalam Arends modifikasi)
Catatan: Penilaian dilakukan untuk setiap peserta didik dengan dengan cara memberi tanda “V”

Kisi-kisi Instrumen Observasi Portofolio
kegiatan peserta didik dalam penilaian proyek: Penelitian sederhana  tentang macam-macam kebutuhan sehari-hari anggota keluarga di rumah.
Contoh:
Mata Pelajaran       : IPS
Nama Proyek    : Investigasi (Penyelidikan) di Masyarakat
Alokasi Waktu    : Satu Semester

Nama Peserta Didik : ……………..            Kelas : VIII/2

No    Aspek *    Skor (1 – 5)**
1.    Perencanaan:
a. Persiapan
b. Rumusan Judul
2.    Pelaksanaan
a. Sistematika Penulisan
b. Keakuratan Sumber
Data/Informasi
c. Kuantitas Sumber Data
d. Analisis Data
e. Penarikan Kesimpulan
3.    Laporan Proyek
a. Performans
b. Presentasi / Penguasaan
Total Skor

Keterangan:
4 = Pengumpulan tepat jamnya
3 = Selang  setelah jam pengumpulan tapi masih dalam hari yang sama
2 = Selang sehari pengumpulan
1 = selang beberapa hari baru mengunpulkan
0 = tidak mengumpulkan.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE