pemetaan SK dan KD Penjasorkes

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

 

Nama Sekolah           :  ………………………

Bidang studi               :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan ( PJOK )

Kelas                           :  I

Semester/ tahun         :  I / 20..-20..

 

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

Indikator Pencapaian

Kompetensi

KKM

Alokasi

Waktu

1.Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya

 

1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
  • Melakukan gerakan berjalan dengan berbagai arah dan langkah
  • Berjalan dengan kaki bagian depan dan belakang
  • Melakukan gerakan berlari keberbagai arah
  • Melakukan gerakan lari bervariasi
  • Melakukan gerakan melompat ke berbagai arah
  • Melakukan variasi gerakan melompat
   
  1.2.  Mempraktik-kan gerak dasar memutar, mengayun ataupun menekuk dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
  • Melakukan gerakan memutar badan
  • Melakukan gerakan melompat tali perorangan atau kelompok
  • Melakukan gerakan jongkok berdiri dalam bentuk permainan

 

   
  1.3  Mempraktik-kan gerak dasar lempar tangkap dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
  • Melakukan gerakan menangkap bola dari berbagai arah berpasangan/kelompok dalam bentuk lomba
  • Melakukan gerakan variasi melempar bola dengan perorangan atau kelompok

 

   
2.  Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam berbagai posisi 2.1  Mendemonstra-sikan sikap tubuh dalam posisi berdiri
  • Mendemonstrasikan variasi gerakan sikap berdiri tegak
  • Berdiri dalam keadaan istirahat

 

   
  2 .2  Mendemons-trasikan sikap tubuh dalam posisi berjalan
  • Mendemonstrasikan variasi gerakan sikap tubuh sambil berjalan tegak
  • Melakukan gerakan berjalan ke samping
   
3  Mempraktikkan senam lantai sederhana tanpa alat dan nilai yang terkandung di dalamnya 3..1  Mempraktikkan gerak keseimbangan statis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin
  • Melakukan variasi gerakan keseimbangan statis/diam di tempat
   
  3..2  Mempraktik-kan gerak keseimbangan dinamis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin
  • Melakukan variasi gerakan keseimbangan dengan dinamis/ bergerak
  • Melakukan gerakan berguling
   
4. Mengungkapkan perasaan melalui   gerak berirama dan nilai yang terkandung di dalamnya 4.1   Memprakti-kkan gerak bebas berirama tanpa menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama

 

  • Meniru gerakan binatang dan gerakan pohon di tiup angin
   
  4.2   Mempraktik-kan gerak bebas berirama menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
  • Meniru gerakan binatang dan gerakan pohon di tiup angin
   
5. Menerapkan budaya hidup sehat 5.1   Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
  • ·Pengertian arti kebersihan pribadi
  • ·Mengenal alat kebersihan pribadi
  • ·Manfaat kebersihan pribadi
  • ·Cara menjaga kebersihan kuku dan kulit
  • ·Akibat kuku dan kulit yang kotor
   
  5.2   Mengenal pentingnya imunisasi
  • Pengertian immunisasi
  • Manfaat immunisasi bagi kesehatan
  • Akibat yang tidak di immunisasi bagi kesehatan
   
Jumlah        

Mengetahui,

Kepala SD/MI ………………..

 

 

 

( ………………………………………. )

  NIP/NIK :

 

…………., …………….. 20..

Guru Mapel PJOK

 

 

 

( ………………………………………. )

     NIP/NIK :

 

 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

 

Nama Sekolah           :  ………………………

Bidang studi               :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan ( PJOK )

Kelas                           :  I

Semester/ tahun         :  II / 20..-20..

 

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

Indikator Pencapaian

Kompetensi

KKM

Alokasi

Waktu

6.Mempraktikkan gerak dasar ke dalam aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya

 

6.1  Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi
  • Mengerti konsep arah : kanan,kiri, depan dan belakang
  • Melakukan gerakan jalan cepat
    • Melakukan jalan sambil jongkok
    • Melakukan lari cepat dengan control yang baik
    • Melakukan lari dengan berbelok belok
    • Melakukan gerakan melompat dan meloncat di tempat dan berpindah arah
    • Melakukan lompat kelinci
   
  6.2  Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk dalam permainan sederhana, dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab

 

  • Melakukan gerakan menekuk lutut sambil berjalan
  • Melakukan gerakan melompat ke depan dengan menekuk lutut
  • Melakukan gerakan memutar badan dengan variasi melompat
  • Melakukan gerakan memutar  pinggang dengan simpai
  • Melakukan gerakan mengayun lengan ke berbagai arah
   
  6.3  Mempraktik-kan gerak dasar menangkap obyek berbagai ukuran dalam permainan sederhana , dan kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab

 

  • Melakukan gerakan menangkap bola melambung
  • Melakukan gerakan menangkap bola menyusur tanah
  • Melakukan gerakan menangkap bola mendatar
  • Melakukan gerakan menangkap bola yang di pantulkan
  • Bermain bola tangan dengan peraturan yang dimodifikasi
  • Melakukan kerjasama dengan kelompok
  • Menjungjung tinggi sportifitas antar pemain
   
7.  Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam berbagai posisi 7.1  Membiasakan penampillan sikap tubuh  dalam posisi diam
  • Menunjukkan  bagian –bagian tubuh : kepala, bahu, dada,punggung,lengan kaki, pergelangan, tuingkai dan pergelangan jari
  • Melakukan beberapa sikap duduk dengan benar
  • Melakukan beberapa sikap berbaring di lantai dengan benar
  • Melakukan berdiri dengan sikap tubuh yang benar
   
  7.2  Membiasakan penampilkan sikap tubuh dalam posisi bergerak
  • Melakukan gerakan berjalan tegak
  • Melakukan gerakan berjalan kangkang
  • Melakukan gerakan berjalan dengan membungkukkan badan
   
8.  Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung di dalamnya 8.1  Mempraktik-kan gerakan senam lantai sederhana, serta nilai percaya diri dan disiplin

 

  • Melakukan gerakan tidur terlentang dan menarik ke dua kaki kebelakang
  • Melakukan gerakan berguling ke kiri dan ke kanan
  • Melakukan gerakan berguling ke depan tanpa awalan
  • Menghindarkan diri dari cidera bahaya dalam latihan
   
  8.2  Mempraktik-kan gerak peregangan dan pelemasan dalam kegiatan pemanasan sederhana dengan benar serta nilai disiplin

 

  • Melakukan gerakan membungkukkan badan
  • Menggerakan lengan ke berbagai arah
  • Menggerakan persendian  badan
   
9.Menampilkan perasaan melalui musik dan gerak berirama serta nilai yang terkandung di dalamnya

 

9.1   Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah mengikuti bunyi-bunyian secara individu, serta nilai estetika

 

  • Meniru gerakan binatang berjalan atau berlari
  • Meniru gerakan pohon di tiup angin
  • Mengayun lengan kedepan, kesamping ,ke atas dalam irama sederhana
  • Melakukan kombinasi gerak langkah kaki dan lengan dalam irama sederhana
   
  9.2   Menampilkan gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah menggunakan bunyi-bunyian secara berpasangan/ kelompok kecil, serta nilai estetika
  • Melakukan gerakan jalan bebas mengikuti lagu
  • Melakukan gerakan jalan jinjit mengikuti irama
  • Melakukan gerakan melangkah kaki ke depan ,belakang,kanandan kiri dengan irama
  • Melakukan gerakan mengayun lengan ke depan, samping dan atas dengan irama
   
10. Mempraktikkan dasar-dasar pengenalan air dan nilai yang terkandung di dalamnya 10.1 Memprakti-kkan aktivitas dasar di air

 

  • Masuk di air dengan kaki
  • Duduk dipinggir kolam renang
  • Melakukan injak injak di air
  • Berjalan di kolam yang dangkal sambil mengayunkan lengan
  • Meloncat dan melompat di air
   
  10.2 Memprakti-kkan berbagai permainan di air  dangkal disertai nilai percaya diri, kebersihan, dan disiplin

 

  • Berjalan seperti gerakan hewan di air
  • Berpindah tempat dengan menggerakan lengan dan tungkai
  • Memperagakan gerak menarik dan membuang napas
  • Melakukan ladu lari di dalam kolam
  • Melakukan  permainan bola tangan di air yang dangkal
   
11. Mempraktikkan pengenalan lingkungan sekolah melalui aktivitas jasmani  dan nilai yang terkandung di dalamnya 11.1 Memprakti-kkan pengenalan lingkungan sekolah secara beregu, dan nilai disiplin, kerjasama, dan kebersihan lingkungan

 

  • Melakukan perjalanan pengenalan lingkungan sekolah, seperti ruang Kepala sekolah, WC, Taman, ruang Guru SD Assalaam , Aula, Ruang computer, lab. Bahasa, kantin, ruang TU, Koprasi sekolah, Ruang penjaga sekolah, Ruang keuangan dan ruang KKG.
  • Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah
   
  11.2  Memprakti-kkan berbagai aktivitas jasmani yang menyenangkan di lingkungan sekolah, dan nilai disiplin, kerja sama dan pola hidup sehat

 

  • Melakukan aktifitas bermain di lingkungan sekolah
  • Melakukan kegiatan bermain secara bersama sama
  • Membuang sampah pada tempatnya
   
  11.3  Memprakti-kkan pemanfaatan makanan dan minuman yang baik

 

  • Menyebutkan fungsi gigi dan mulut
  • Membedakan gigi yang sehat dan yang tidak sehat
  • Menyebutkan cara merawat kesehatan gigi
  • Akibat gigi yang tidak di rawat
   
12. Menerapkan budaya hidup sehat 12.1 Menjaga kebersihan  gigi dan mulut

 

  • Menyebutkan kegunaan makan dan minum
  • Menyebutkan makanan dan minuman yang sehat
  • Membedakan makanan dan minuman yang baik
   
  12.2 Mengenal makanan sehat

 

  • Menyebutkan makanan yang sehat
  • Manfaat makanan sehat
  • Menyebutkan cara memilih makanan yang sehat
   
Jumlah        

Mengetahui,

Kepala SD/MI ………………..

 

 

 

( ………………………………………. )

  NIP/NIK :

 

…………., …………….. 20..

Guru Mapel PJOK

 

 

 

( ………………………………………. )

     NIP/NIK :


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

 

Nama Sekolah           :  ………………………

Bidang studi               :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan ( PJOK )

Kelas                           :  II

Semester/ tahun         :  I / 20..-20..

 

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

Indikator Pencapaian

Kompetensi

KKM

Alokasi

Waktu

1.  Mempraktikkan variasi gerak dasar  melalui permainan dan aktivitas jasmani, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri
  • Melakukan variasi gerak jalan, lari, lompat ke berbagai arah.
  • Berjalan  dan berlari merubah arah dengan isyarat
  • Mengkombinasikan gerak, jalan, lari dan lompat
  • Berlari dengan alat tongkat berkelompok
   
  1.2. Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk lutut dalam berbagai variasi permainan sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan memahami diri sendiri

 

  • Melakukan variasi gerak memutar tangan dengan satu atau dua tangan badan perorangan atau pasangan
  • Gerakan mengayun satu dan dua lengan
  • Melakukan gerakan menekuk lutut / gerakan kombinasi
  • Melakukan gerakan melompat ke depan sambil jongkok
  • Melakukan gerakan melempar bola sejauh jauhnya dilakukan secara perorangan atau berpasangan
   
  1.3 Mempraktikkan gerak dasar  melempar, menangkap, menendang dan menggiring bola ke berbagai arah dalam permainan sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan memahami diri sendiri
  • Melakukan gerakan melempar bola sejauh jauhnya dilakukan secara perorangan atau berpasangan
  • Melakukan gerakan menangkap bola dilakukan perorangan atau kelompok
  • Melakukan gerakan lempar tangkap bola berpasangan.
  • Melakukan gerakan menggiring bola
  • Bermain sepak bola dengan peraturan yang sederhana/dimodifikasi
  • Melakukan kerjasama dengan tim dan menghargai lawan dan kawan
   
2.  Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 2.1  Mempraktikkan satu jenis bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan tungkai dengan mengikuti  aturan
  • Melakukan latihan dasar kekuatan lengan
  • Melakukan  latihan dasar kekuatan tungkai
   
  2.2  Memprak-tikkan berbagai aktivitas untuk melatih keseimbangan statis dan dinamis, serta nilai  disiplin dan estetika

 

  • Membiasakan bergerak dengan benar
  • Melakukan gerakan berjalan tegak
  • Melakukan gerakan duduk yang benar
  • Melakukan gerakan berdiri tegak
  • Melakukan gerakan berdiri dalam keadaan istirahat
   
  2.3  Membias-akan bergerak dengan benar

 

  • Membiasakan bergerak dengan benar
  • Melakukan gerakan berjalan tegak
  • Melakukan gerakan duduk yang benar
  • Melakukan gerakan berdiri tegak
  • Melakukan gerakan berdiri dalam keadaan istirahat
   
3. Mempraktikkan senam ketangkasan dasar  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 3.1 Mempraktikkan senam ketangkasan sederhana    tanpa menggunakan alat: melompat dan meloncat dengan isyarat ke berbagai arah
  • Melakukan keterampilan gerak meloncat dan melompat dengan koordinasi yang baik
  • Melakukan keterampilan gerak keseimbangan dengan bervariasi
   
  3.2  Mempraktik-kan senam ketangkasan dengan menggunakan alat sederhana dengan percaya diri
  • Melakukan keterampilan gerak berguling
   
4. Mempraktikkan keterampilan    dasar ritmik diorientasikan dengan arah dan ruang dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 4.1  Mempraktik-kan gerak ritmik ke depan, belakang ataupun samping secara berpasangan dengan diiringi musik , dan nilai kerja sama

 

  • Bergerak mengikuti irama menggunakan pola gerak lokomotor dan non lokomotor
  • Mengekspresikan gerak dalam irama langkah dan ayunan lengan sesuai dimensi ruang
   
  4.2  Mempraktik-kan gerak ritmik diorientasikan dengan ruang secara beregu tanpa menggunakan musik, serta nilai disiplin dan kerja sama
  • Melakukan variasi gerak langkah dan ayunan lengan
  • Melakukan variasi gerak langkah maju-mundur depan-belakang dan berputar dengan ayunan lengan
   
5. Menerapkan budaya hidup sehat 5.1  Menjaga kebersihan rambut, hidung, dan telinga
  • Cara mencuci rambut yang benar dan merapikannya
  • Mengetahui manfaat mencuci rambut
  • Mengenal bahan pencuci rambut
  • Cara membersihkan hidung yang benar
  • Fungsi rambut, hidung dan telinga
  • Cara membersihkan daun telinga yang benar
   
  5.2  Memilih makanan bergizi
  • Menyebutkan pengertian makanan bergizi
  • Menyebutkan makanan empat sehat lima sempurna
  • Menyebutkan unsure-unsur makanan empat sehat lima sempurna
   
Jumlah        

Mengetahui,

Kepala SD/MI ………………..

 

 

 

( ………………………………………. )

  NIP/NIK :

 

…………., …………….. 20..

Guru Mapel PJOK

 

 

 

( ………………………………………. )

     NIP/NIK :

 


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

 

Nama Sekolah           :  ………………………

Bidang studi               :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan ( PJOK )

Kelas                           :  II

Semester/ tahun         :  II / 20..-20..

 

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

Indikator Pencapaian

Kompetensi

KKM

Alokasi

Waktu

6. Aktivitas Kebugaran Jasmani 6.1. Mempraktik-kan gerak dasar kebugaran jasmani dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya
  •  berjalan dengan lengan bawah di antara ke dua meja
  • Merambat di palang tunggal
  • Menahan badan di palang
  • permainan bola beranting

 

 

 

 

 

   
  6.2. Mempraktik-kan latihan dasar kelentukan persendian anggota badan bagian atas dengan mengukuti aturan

 

1. Variasi  I

Dengan tangan kiri

 

2.  Variasi  II

Dengan tangan kanan

 

 

 

   
7. Mempraktikkan Senam Ketengkasan sederhana dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya 7.1. Mempraktikkan dua bentuk senam ketangkasan melompat dan berputar 90 derajat saat di udara melompati benda sesuai dengan kemampuan serta memperhatikan faktor keselamatan
  • Pengenlan sebagian perkakas senam
  • Lompat tegak dari kuda lompat
  • berputar 90 derajat di atas matras
  • lompat bilah
   
  7.2. Mempraktikkan gerakan senam ketangkasan sederhana berjalan dan berguling ke depan memindahkan tubuh dari satu titik ke titik yang lain dengan kontrol yang baik

 

  • Sikap awqal
  • sikap berjalan ke matras
  • guling ke depan
  • sikap akhir guling depan
  • Rangkaian guling belakang
   
8. Mempraktikkan ketrampilan dasar ritmik diorientasikan denganarah dan ruang dengan menggunakan atau  tanpa musi, memiliki pengetahuan dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya

 

8.1.Mempraktikkan ketrampilan dasar gerak ritmik yang beroriaentasi pada arah dan ruang secara berpasangan, menggunakan musik, serta nilai kerja sama dan disilin
  • tiga langkah ke depan
  • gerakan lanjutan, merapatkan kaki
  • tiga langkah ke belakang
  • sikap kaki merapat
  • meloncat ke kanan
  • Berjalan berputar sambil tepuk tangan bernyanyi dan membentuk lingkaran
   
  8.2. Mempraktikkan ketrampilan gerak dasar ritmik yang berorientasi pada arah dan ruang secara beregu menggunakan atau tanpa musik serta nilai kerja sama dan disiplin
  • bernyanyi dengan foemasi lingkaran kecil
  • bernyanyi dengan formasi lingkaran besar
   
9. Mempraktikkan gerak dasar renang, dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya 9.1. Mempraktikkan gerak lengan  dan  tungkai  untuk mengangkat tubuh di dalam air   *)

 

 

 

 

  • Masuk ke air
  • Berjalan di air
  • Menepuk air di kolam renang yang dangkal
  • Menekan balon di air kolam renang.
  • Berjalan di air kolam yang dangkal
  • meluncur dari tepi di air dangkal
  • latihan tungkai
  • Mengapung dengan bantuan teman
   
  9.2. Mempraktikkan keseimbangan tubuh dan penyelamatan diri dari air serta memperhatikan faktor keselamatan diri dan orang lain serta nilai kebersihan.

 

  • menahan nafas
  • Meloncat – loncat di air kolam
  • Mengapung sambil memegang ban dengan satu tangan
  • Bersandar di atas ban
   
  9.3. Mempraktikkan gerak dasar renang : mengapung, menenggelamkan didri di dalam air, bernafas, serta nilai – nilai disiplin

 

  • berlatih berenang
  • Berbahya  bermain di air yang dalam
   
10. Mempraktikkan kegiatan Jasmani di lingkungan sekolah, dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya

 

10.1. Mempraktikkan berbagai aktifitas fisik lingkungan  sekolah dan nilai kebersihan, kesehatan dan keselamatan

 

 

-kerja bakti di sekolah

  • Membersihkan kelas dari debu
  • Membersihkan halaman sekolah.
  • mengenal lingkungan sekolah
   
  10.2. Mengikuti ramb – rambu peraanan di lingkngan  seklah secara beregu dan memperhatikan faktor keselamatan dan kerja sama serta disiplin

 

  • Peralanan dengan berjalan kaki
  • Penjalan dengan membonceng ayah
  • Perjalanan dengan naik sepeda kayuh
  • Zebra Cross )
   
  10.3. Membiasakan mengunakan pakaian dan sepatu yang sesuai

 

 

  • Pakaian Sekolah
  • Berpakaian olahraga
  • sandal yang sesuai
  • sandal yang sesak
  • manfaat sepatubaik kaki
  • Sepatu yang kebesaran
   
11. Menjaga Budaya Hidup sehat 11.1. Menjaga kebersihan tangan dan kaki
  • menjaga kebersihan tangan menelang makan.
  • Menjaga kebersihan tangan sehabis makan
  • * Kebersihan kaki
   
  11.2. Mengenal cara makan yang sehat

 

  • makan 3 kali sehari
  • cara makan yang benar
   
Jumlah        

Mengetahui,

Kepala SD/MI ………………..

 

 

 

( ………………………………………. )

  NIP/NIK :

 

…………., …………….. 20..

Guru Mapel PJOK

 

 

 

( ………………………………………. )

     NIP/NIK :

 


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

 

Nama Sekolah           :  ………………………

Bidang studi               :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan ( PJOK )

Kelas                           :  III

Semester/ tahun         :  I / 20..-20..

 

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

Indikator Pencapaian

Kompetensi

KKM

Alokasi

Waktu

1.Mempraktikkan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

1.1 Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerja sama -   jalan ditempat

-   permainan mengajak teman

-    berjalan bergandengan tangan

-    berjalan di atas balok

-   berlari melingkar

-    berlari dengan balon

 

   
  1.2 Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana serta aturan, dan kerja sama -   Permainan bandul jam

-   Bola beranting / terowongan

-    Bernyanyi Kepala, pundak, lutut, kaki

   
  1.3.Mempraktikkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap dan menendang dg koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama -   melempar dan menangkap dari arah samping

-   menendang bola plastik dengan kaki kanan / kiri

-    menahan bola plastik dengan kaki kanan / kiri

   
2.Mempraktikkan aktivitas kebugaran jasmani secara sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

 

2.1 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot-otot bahu dan dada secara sederhana serta nilai disiplin -   sikap awal

-   Pelaksanaan

-   sikap akhir

-   berjalan merangkak

-    menggendong teman  Sepadan.

-   Gerakan tarik tambang

-    bobak dorong berpasangan

-   Gerakan menggantung ditongkat

   
  2.2 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin -   Gerakan jalan dan lari

-   Gerakan memindahkan tongkat

-    Mencari tempat

tinggal

-    Permaina Benteng

   
3. Mempraktikkan gerakan senam lantai, senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

 

3.1 Mempraktikkan keseimbangan dalam bentuk senam lantai dasar, serta nilai keselamatan, disiplin dan keberanian -    keseimbangan bertumpu pada kaki kiri ( bergantian )

-    keseimbangan variasi belakang

-   Gerak dasar keseimbangan

-   Gerak dasar keseimbangan

   
  3.2.      Mempraktikkan gerak kombinasi senam ketangka-san dasar, serta nilai keselama-tan, disiplin dan keberanian -   Gerak senam ketangkasan tanpa alat

-   Gerak senam ketangkasan tanpa alat

-   Gerak senam ketangkasan dengan alat

-   Gerakan meroda tanpa awalan

   
4. Mempraktikkan gerak dasar melalui aktifitas ritmik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya 4.1 Mempraktikkan gerak dasar meng-ayun dan menekuk lutut dalam aktivi-tas ritmik seder-hana tanpa musik, serta nilai percaya diri dan disiplin -   Gerak mengayun langkah jalan

-   Gerak mengayun langkah lari

-   Gerak gabungan

-   Gerak menekuk lutut kanan dan kiri ke belakang

-   Gerak menekuk lutut kanan dan kiri ke depan bergantian

-   Gerak rangkaian mengayun dan menekuk lutut

   
  4.2 Mempraktikkan gerak dasar meng-ayun dan menekuk lutut dalam aktivi-tas ritmik seder-hana beregu tanpa atau dengan iringan musik, serta nilai percaya diri, disiplin dan kerja sama

 

-   Gerak langkah jalan dan lari beregu    
5. Menerapkan budaya hidup sehat 5.1 Menjaga kebersihan pakaian

 

-   Kegunaan pakaian

-   Menjaga kebersihan pakaian

   
  5.2. Mengenal kebutuhan tidur dan istirahat -   Penyesuaian berpakaian

-    tidur sesuai kesehatan

   
Jumlah        

Mengetahui,

Kepala SD/MI ………………..

 

 

 

( ………………………………………. )

  NIP/NIK :

 

…………., …………….. 20..

Guru Mapel PJOK

 

 

 

( ………………………………………. )

     NIP/NIK :

 

 

 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

 

Nama Sekolah           :  ………………………

Bidang studi               :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan ( PJOK )

Kelas                           :  III

Semester/ tahun         :  II / 20..-20..

 

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

Indikator Pencapaian

Kompetensi

KKM

Alokasi

Waktu

6. Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

6.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar jalan, lari dan lompat dengan koordina-si yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, kejujur-an, tanggung jawab dan meng-hargai lawan atau diri sendiri -   Gerak jalan menyilang

-    jalan jinjit silang

-    Permainan tongkat estafet

-   Bermaian di taman harta karun

-   Permainan titik sasaran beregu

-    Melompat dan berputar

-    Melompat dan meloncat satu kaki

-    Lompat tali

   
  6.2 Mempraktikkan kombinasi gerak memutar, mene-kuk lutut, menga-yun lengan dan meliukkan badan dengan koordina-si gerak yang baik dalam per-mainan sederha-na, serta nilai kerjasama dan menghargai lawan atau diri sendiri -   menekuk lutut

-   Gerak angin

 

 

 

 

 

   
  6.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar menvoli, memantulkan, menendang, dan mengontrol bola dengan koordi-nasi yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, tanggung jawab, menghargai lawan atau diri sendiri, dan bersedia berbagi tempat dan peralatan dalam bermain -   Gerak menvoli

-   Gerak memantul

-   Gerak menendang bola

-   Gerak mengontrol dan mengoper bola

   
7. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 7.1 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan kelentukan dan kelenturan, serta nilai disiplin dan keselamatan

 

Gerakan melenturkan tubuh ( latihan 1 s/d 3    
  7.2 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan koordinasi gerak dan nilai disiplin - duduk kangkang depan (      spils depan )

- duduk kangkang samping ( splits samping )

- kayang sambil jalan

   
8. Mempraktikkan senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 8.1 Mempraktikkan senam ketangka-san sederhana tanpa alat, dan nilai disiplin

 

-          meloncat

-          melompat

-          keseimbangan

-          merangkak

   
  8.2 Mempraktikkan senam ketangka-san yang agak kompleks meng-gunakan alat dan nilai disiplin -          lompat berpasangan

-          lompat dari atas peti

-          guling depan

-          guling belakang

   
9. Mempraktikkan gerak ritmik dasar yang berorientasi dengan arah, ruang, dan waktu dengan atau tanpa musik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

 

9.1 Mempraktikkan gerakan lokomo-tor dalam gerak ritmik diorienta-sikan pada arah, ruang, dan waktu secara individual dengan atau tanpa menggu-nakan musik serta nilai percaya diri dan disiplin -   Gerak langkah tunggal

-   Gerak langkah ganda

-   Gerak langkah “V”

   
  9.2 Mempraktikkan gerak lokomotor dalam aktifitas ritmik yang berorientasi pada arah ruang dan waktu secara beregu dengan atau tanpa musik serta nilai percaya diri, disiplin dan kerja sama

 

-   Kombinasi gerak langkah tunggal dan langkah ganda    
10. Mempraktikkan gerak dasar renang gaya dada, dan nilainilai yang terkandung di dalamnya 10.1 Mempraktikkan gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan lengan dan nilai kebersihannya

 

-   Gerak meluncur

-   Gerak lengan

   
  10.2 Mempraktikkan cara bernafas renang gaya dada dan nilai kebersihannya

 

-   Gerakan mengambil napas    
  10.3 Mengkombi-nasikan gerakan lengan dan tungkai renang gaya dada dan nilai kebersihannya

 

-   Gerakan lengan dan tungkai    
11.Mempraktikkan Pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk aktifitas jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 11.1 Mempraktikkan gerak lokomotor dalam mengikuti jejak dan nilai disiplin, kerja sama, memper-hatikan faktor keselamatan

 

-   Kegiatan jalan-jalan    
  11.2 Mempraktikkan pemilihan tempat yang aman untuk bermain di lingkungan sekolah

 

-   Mencari tempat lapang untuk bermain    
  11.3 Mempraktikkan penjagaan kese-lamatan diri dan orang lain selama melakukan akti-vitas dilingku-ngan sekitar sekolah, dan nilai kebersihan

 

-   Tempat berbahaya untuk bermain    
12. Menerapkan budaya hidup sehat 12.1 Mengenal  bahaya penyakit diare, demam berdarah dan influenza

 

-   Bahaya penyakit menular    
  12..2    Mengenal  Kebersihan linkungan

 

-          gejala

-          pencegahan

   
Jumlah        

Mengetahui,

Kepala SD/MI ………………..

 

 

 

( ………………………………………. )

  NIP/NIK :

 

…………., …………….. 20..

Guru Mapel PJOK

 

 

 

( ………………………………………. )

     NIP/NIK :

 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

 

Nama Sekolah           :  ………………………

Bidang studi               :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kesehatan

Kelas                           :  IV

Semester/ tahun         :   I / 20..-20..

 

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

KKM

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Alokasi

Waktu

1. Mempraktikan gerak asar permainan sederhana dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

 

1.1Mempraktikan       gerak dasar       dan permain-an  bola  kecil         sederhana       dengan peratu-      ran yang dimo-      difikasi serta      nilai kerjasa-ma sportivitas dan  kejujuran  
  • Melambungkan bola dengan berbagai arah dan kecepatan
  • Melemparkan bola dengan berbagai variasi arah dan kecepatan
  • Menangkap bola dengan berbagai variasi arah dan kecepatan
  • Memukul objek yang dilambungkan /dilemparkan dari berbagai arah dan jarak.
  • Menjelaskan peraturan permainan kasti .
  • Bermain kasti dengan peraturan yang dimodifikasi.
  • Bekerjasama dengan tim, bermain sportifitas
 
  1.2  Mempraktik-kan gerak dasar atletik  sederhana, serta nilai semangat, percaya diri dan disiplin  
  • Melakukan gerak an lari ditempat
  • Melakukan gerakan lari dengan berbagai arah dan kecepatan
  • Melakukan gerakan lari dengan berbagai jarak
  •  Mengatur irama langkah dan pernapasan saat lari

 

 
  1.3 Memprakti-kan  gerak Dasar     permainan      bola besar      dengan       peraturan yang      dimodifikasi,      serta nilai      kerjasama,      sportifitas, dan      kejujuran  
  • Menendang bola dengan berbagai bagian kaki
  • Menggiring bola dengan control yang baik
  • Melakukan mengoper bola berpasangan/ berkelompok
  • Melakukan  variasi gerakan dasar  : menggiring, mengoper, menendang berpasangan dengan control yang baik.
  • Menjelaskan peraturan permainan sepak bola
  • Bermain sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi
  • Bermain dengan kerjasama tim ,menjungjung sportifitas
 
Jumlah        

Mengetahui,

Kepala SD/MI ………………..

 

 

 

( ………………………………………. )

  NIP/NIK :

 

…………., …………….. 20..

Guru Mapel PJOK

 

 

 

( ………………………………………. )

     NIP/NIK :

 

 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

 

Nama Sekolah           :  ………………………

Bidang studi               :  Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan

Kelas                           :  IV

Semester/ tahun         :   I / 20..-20..

 

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

KKM

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Alokasi

Waktu

2. Mempraktikan latihan untuk meningkatkan kebugaran dan nilai yang terkandung di dalamnya 2.1 Mempraktikan aktivitas      permainan  sederhana

Untuk melatih  daya tahan

dan kekuatan  otot, serta nilai

kerja keras  dan disiplin

 
  • Melakukan gerakan
  •  berangkai / sirkuit training.
  • Melakukan gerakan lompat tali/skiping.
  • Melakukan gerakan menggendong teman yang seimbang

  2.2  Mempraktikan  aktivitaspermainan   untuk melatih  dan koordinasi  serta nilai   kerja keras  
  • Melakukan gerakan latihan kelenturan. Otot-otot besar
  • Melakukan gerakan koordinasi anggota badan bagian atas dengan bawah yang terkontrol

Jumlah      

Mengetahui,

Kepala SD/MI ………………..

 

 

 

( ………………………………………. )

  NIP/NIK :

 

…………., …………….. 20..

Guru Mapel PJOK

 

 

 

( ………………………………………. )

    NIP/NIK :

 


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

 

Nama Sekolah           :  ………………………

Bidang studi               :  Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan

Kelas                           :  IV

Semester/ tahun         :   I / 20..-20..

 

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

KKM

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Alokasi

Waktu

3 Mempraktikan berbagai bentuk senam lantai yang lebih kompleks dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

 

3.1 Mempraktik-      an gerak        kombinasi        senam       lantai tanpa alat dengan     memeperhatik-an  faktor       keselamatan,      dan   nilai dissiplin dan       nilai keberanian

 

 
  • Melakukan gerakan berguling ke samping
  • Melakukan gerakan berguling kedepan
  • Melakukan gerakan berguling ke depan tanpa awalan dan dengan awalan
  • Melakukan kombinasi gerakan  : berjalan , berguling ke depan,dan  meloncat keatas

  3.2. Mempraktikan

kombinasi         gerak senam         lantai dengan

alat dengan      memperhatian  faktor keselama       tan, dan nilai-      nilai disiplin serta       keberanian

 

 
  • Melakukan gerakan keseimbangan di atas meja swedia/peti lompat
  • Melakukan gerakan loncat harimau/tiger sprong

Jumlah      

Mengetahui,

Kepala SD/MI ………………..

 

 

 

( ………………………………………. )

  NIP/NIK :

 

…………., …………….. 20..

Guru Mapel PJOK

 

 

 

( ………………………………………. )

       NIP/NIK :

 

 

 

 

 


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

 

 

Nama Sekolah           :  ………………………

Bidang studi               :  Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan

Kelas                           :  IV

Semester/ tahun         :   I / 20..-20..

 

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

KKM

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Alokasi

Waktu

4 Mempraktikan ketrampilan gerak ritmik tersetruktur secara beregu tanpa dan menggunakan alat dan nilai-nilai yang terkandung di   dalamnya 4.1 Mempra-ktikan gerak ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara beregu menggunakan musik serta nilai estetika

 

 
  • Melakukan rangkaian senam kesegaran jasmani
  • Melakukan pola gerak senam dengan benar

 

 
  4.2 Memprak-tikan ketrampilan gerak ritmik tersetruktur secara beregu tanpa menggunakan alat serta nilai estetika

 

 
  • Melakukan gerakan bebas berirama berkelompok
  • Melakukan gerakan melangkah dan mengayun lengan beregu

 

 
Jumlah        

 

Mengetahui,

Kepala SD/MI ………………..

 

 

 

( ………………………………………. )

  NIP/NIK :

 

…………., …………….. 20..

Guru Mapel PJOK

 

 

 

( ………………………………………. )

     NIP/NIK :

 

 


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

 

Nama Sekolah           :  ………………………

Bidang studi               :  Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan

Kelas                           :  IV

Semester/ tahun         :  I / 20..-20..

 

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

KKM

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Alokasi

Waktu

5 Menerapkan budaya hidup sehat 5.1 Menjaga kebersihan rumah dan sekolah

 

 

 

 

 
  • Merapikan kamar tidur
  • Akibat lingkungan yang tidak sehat, cirri cirinya
  •  usaha kesehatan sekolah
  • Melaksnakan menjaga kebersihan di rumah dan di sekolah dalam kehidupan sehari hari
 
  5.2Membiasakan membuang sampah pada tempatnya  
  • Menyebutkan nama  alat kebersihan
  • Menyebutkan klasifikasi jenis sampah
  • Menyebutkan akibat membuang sampah sembarangan
  • Manfaat menjaga kebersihan rumah dan sekolah
 
Jumlah        

 

 

Mengetahui,

Kepala SD/MI ………………..

 

 

 

( ………………………………………. )

  NIP/NIK :

 

…………., …………….. 20..

Guru Mapel PJOK

 

 

 

( ………………………………………. )

    NIP/NIK :

 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

 

Nama Sekolah           :  ………………………

Bidang studi               :  Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan

Kelas                           :  IV

Semester/ tahun         :   II / 20..-20..

 

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

KKM

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Alokasi

Waktu

6 mempraktikan gerak dasar ke dalam permaianan bola kecil dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

 

6.1 Memepraktikan gerak dasar berbagai gerakan yang bervariasi dalam permainan bola kecil beregu dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai-nilai kerjasama regu, sportifitas,dan kejujuran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
  • Melambungkan bola  dengan berbagai arah dan kecepatan
  • Melemparkan bola dengan berbagai variasi arah dan kecepatan
  • Menangkap bola  dengan berbagai variasi arah dan kecepatan
  • Memukul objek yang dilambumgkan/dilemparkan dari berbagai arah dan jarak
  • Berlari dengan berbagai variasi arah dan kecepatan
  • Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
  •  Mematuhi peraturan permainan dan kerjasama regu serta menjungjung tinggi sportifitas
 
  6.2 Mempraktikan gerak dasar berbagai gerakan yang bervariasi dalam permainan bola besar beregu dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjama regu, sportifitas dan kejujuran

 

 
  • Melambung-lambungkan bola voli dengan dua tangan
  • Melakukan gerakan passing bawah
  • Melakukan gerakan passing atas.
  • Melakukan  gerakan servis bawah / atas
  • Melakukan passing atas dan bawah berpasangan
  • Melakukan passing atas dan bawah berkelompok
  • Melakukan permainan bola voli dengan peraturan yang dimodifikasi
  • Mengembangkan kerjasama tim dalam permainan bola voli
 
  6.3 Mempraktikan gerak dasar atletik yang dimodifikasi lompat, loncat dan lempar dengan memperhatikan nilai-nilai pantang menyerah, sportifitas, percaya diri dan kejujuran

 

 
  • Melakukan gerak lompat dengan dua kaki dan satu kaki dengan control dan gaya yang konsisten
  • Melakukan loncat mencapai sasaran tertentu dengan gaya yang konsisten
  • Melakukan gerakan loncat tanpa awalan
  • Melakukan gerakan loncat dengan awalan
  • Mengkombinasikan gerakan loncat dengan awalan berjalan/berlari tanpa /dengan alat
  • Melakukan gerakan loncat tinggi dengan  awalan dan alat sederhana
 
Jumlah        

                                                                                                           

                                                                                                           

 

 

Mengetahui,

Kepala SD/MI ………………..

 

 

 

( ………………………………………. )

  NIP/NIK :

 

…………., …………….. 20..

Guru Mapel PJOK

 

 

 

( ………………………………………. )

     NIP/NIK :


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

 

Nama Sekolah                    :  ………………………

Bidang studi                        :  Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan

Kelas                                    :  IV

Semester/ tahun                  :  II / 20..-20..

 

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

KKM

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Alokasi

Waktu

7 Mempraktekan latihan kebugaran yang lebih komplek untuk meningkatkan ketrampilan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

 

7.1 Mempraktikan aktifitas dan permainan untuk melatih daya tahan dan kekuatan dengan kecepatan dan kualitas gerak meningkat, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran

 

 

 
  • Melakukan gerakan lari dengan mengoperkan benda
  • Melakukan gerakan lompat katak dengan control yang baik
  • Melakukan gerakan lari bolak balik
  • Melakukan  kombinasi gerakan berlari , mengangkat , meloncat dan melompat

  7.2 Mempraktikan aktivitas dan permainan untuk melatih kelentukan dan koordinasi dengan kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran  
  • Melakukan gerakan sit up dengan control yang baik
  • Melakukan gerakan back-up dengan control yang baik
  • Melakukan gerakan mencium lutut dengan control yang baik
  • Melakukan gerakan membungkukkan badan dengan control yang baik
  •  Melakukan gerakan meliukkan tubuh dengan control yang baik

Jumlah      

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SD/MI ………………..

 

 

 

( ………………………………………. )

  NIP/NIK :

 

…………., …………….. 20..

Guru Mapel PJOK

 

 

 

( ………………………………………. )

    NIP/NIK :


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

 

Nama Sekolah                       :  ………………………

Bidang studi                           :  Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan

Kelas                                       :  IV

Semester/ tahun                     :  II / 20..-20..

 

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

KKM

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Alokasi

Waktu

8 Mempraktikan senam lantai dengan ompleksitas gerakan yang lebih tinggi, dan nlai-nilai yang terkandung di dalamnya 8.1 Mempraktikan senam lantai tanpa menggunakan alat dengan koordinator yang baik, serta nilai kerjasama dan estetika

 

 

 

 
  • Melakukan gerakan memutar tubuh saat melompat / meloncat dengan tingkat koordinasi yang baik
  • Melakukan gerakan berguling ke depan dengan control yang baik
  • Melakukan gerakan berguling ke belakang dengan control yang baik
  •  Melakukan rangkaian gerakan senam lantai dengan sederhan

  8.2 Mempraktekan senam ketangkasan dengan menggunakan alat dengan koordinasi yang baik serta nilai disiplin dan kerjasama  
  • Lompat kangkang melewati teman/ peti
  • Merangkak /merayap dengan rintangan
  •  Meliukkan badan dengan menggunakan simpai

Jumlah      

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SD/MI ………………..

 

 

 

( ………………………………………. )

  NIP/NIK :

 

…………., …………….. 20..

Guru Mapel PJOK

 

 

 

( ………………………………………. )

    NIP/NIK :

 


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

 

Nama Sekolah                       :  ………………………

Bidang studi                           :  Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan

Kelas                                       :  IV

Semester/ tahun                     :   II / 20..-20..

 

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

KKM

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Alokasi

Waktu

9 Mempraktikan gerak ritmik tersetruktur secara beregu tanpa dan dengan menggunakan musik, serta nilai-nilai yang  terkandung   di  dalamnya 9.1 Mempraktikan ketrampilan

gerak ritmik  tersetruktur

 

 

 

 

 

 

 

 
  • Melakukan satu pola gerak senam irama dengan tepat dan control yang baik
  • Mengontrol gerak dalam berbagai bentuk,arah,ukuran dan kecepatan secara berkelanjutan
  • Memperbaiki kesalahan gerak berirama
  •  Melakukan senam kesegaran jasmani berkelompok
 
  9.2 Memperbaiki  kesalahan gerak dalam gerak ritmik terstruktur Secara beregu menggunakan musik, serta nilai kerja sama, disiplin dan estetikasena  
  • Melakukan senam kesegaran jasmani berkelompok
  • Memperbaiki kesalahan gerak berirama
  • Memperagakan senam kesegaran jasmani berkelompok
 
Jumlah        

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SD/MI ………………..

 

 

 

( ………………………………………. )

  NIP/NIK :

 

…………., …………….. 20..

Guru Mapel PJOK

 

 

 

( ………………………………………. )

     NIP/NIK :

 

 

 


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

 

Nama Sekolah                       :  ………………………

Bidang studi                           :  Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan

Kelas                                       :  IV

Semester/ tahun                     :   II / 20..-20..

 

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

KKM

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Alokasi

Waktu

10. Mempraktikan gerak dasar reang gaya bebas dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 10.1 Mempraktikan gerak dasar meluncur, menggerakan tungkai menggerakan lengan serta nilai kebersihan

 

 

 
  • Memperagakan gerak meluncur renang gaya bebas
  • Melakukan gerakan tungkai dalam meluncur
  •  Melakukan gerakan lengan dalam meluncur

 

 
  10.2    Mempraktikan cara bernapas renang gaya bebas

 

 
  • Memperagan cara pengambilan napas renang gaya bebas
  • Mengkombinasikan gerakan tekhnik penganmbilan napas antara kaki dan tangan
 
  10.3Mengkombinasikan renang gerakan lengan dan tungkai renang gaya bebs

 

 
  • Melakukan gerak kaki renang gaya bebas
  • Memperagakan ayunan/tarikan lengan gaya bebas
  • Melakukan koordinasi gerak kaki dan lengan renang gaya bebas
  • Berenang gaya bebas lebih dari 10 meter
  • Melakukan koordinasi gerak pukulan kaki – tarikan lengan dan pernapasan
  •  Menerapkan etika yang baik di kolam renang

 

 
  10.4 Mempraktikan dasar-dasar keselamatan di air  
  • Memperagakan dasar dasar keselamatan di air
  • Melakukan gerakan water trapen/ mengambang di air
 
Jumlah        

 

 

Mengetahui,

Kepala SD/MI ………………..

 

 

 

( ………………………………………. )

  NIP/NIK :

 

…………., …………….. 20..

Guru Mapel PJOK

 

 

 

( ………………………………………. )

     NIP/NIK :


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Nama Sekolah                       :  ………………………

Bidang studi                           :  Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan

Kelas                                       :  IV

Semester/ tahun                     :   II / 20..-20..

 

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

KKM

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Alokasi

Waktu

11 Mempraktikan kegiatan berkemah dilingkungan sekitar sekolah dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

 

11.1Mempraktekan berbagai ketrampilan yang sesuai untuk kegiatan perkemahan, serta nilai kerjasama , tanggunjawab disiplin, dan mengikuti aturan

 

 
  • Membuat perencanaan dalam kegiatan
  • Membagi tugas dalam kelompok
  • Membawa perbekalan
  • Mendirikan kemah
  • Memakai pakaian yang sesuai
  • Melakukan kegiatan membuat api unggun dan memadamkannya

 

  11.2 Memprakti-kan aktivitas jasmani yang berisi tantangan dalam perkemahan

 

 
  • Melakukan kegiatan mencari jejak / wide games
  • Melakukan kerjasama dalam perjalanan

Jumlah      

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SD/MI ………………..

 

 

 

( ………………………………………. )

  NIP/NIK :

 

…………., …………….. 20..

Guru Mapel PJOK

 

 

 

( ………………………………………. )

    NIP/NIK :

 

 

 


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

 

Nama Sekolah                       :  ………………………

Bidang studi                           :  Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan

Kelas                                       :  IV

Semester/ tahun                     :   II / 20..-20..

 

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

KKM

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Alokasi

Waktu

12 Menerapakan budaya hidup sehat 12.1 Menjaga beberapa upaya dalam menjaga kebersihan lingkungan

 

 

 
  • Menyebutkan alat-alat kebersihan
  • Mempraktekkan cara penggunaan alat kebersihan
  • Membuang sampah pada tempatnya

 

 
  12.2 Menjaga kebersihan lingkungan terhadap sumber penularan penyakit  
  • Menyebutkan jenis hewan yang menularkan penyakit
  • Menyebutkan tempat tempat sumber penyakit
  • Menyebutkan cara membersihkan tempat yang dapat menularkan penyakit
  • Menyebutkan cara membasmi tempat sumber penularan penyakit
 
Jumlah        

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SD/MI ………………..

 

 

 

( ………………………………………. )

  NIP/NIK :

 

…………., …………….. 20..

Guru Mapel PJOK

 

 

 

( ………………………………………. )

       NIP/NIK :

 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

 

Sekolah                       : ………………………                                                      

Kelas                           : V

Mata Pelajaran          : Penjasorkes

Semester                     : I

 

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

KKM

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Alokasi

Waktu

1.   Mempraktikan berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai-nilai yang  terkandung di dalamnya. 1.1. Mempraktikan variasi gerak dasar ke dalam modi-fikasi permainan bola kecil, serta nilai kerjasama, sepor-tivitas dan kejujuran.

 

 
  • Melakukan gerakan:
  • Melambungkan bola
  • Melempar bola
  • Menangkap bola
  • Berlari

 

 
  1.2  Mempraktikkan variasi gerak dasar kedalam modifikasi bola besar, serta nilai kerjasama, seportivitas dan kejujuran

 

 
  • Melakukan gerakan:
  • Mengoper dan menerima
  • Mengoper dan mengontrol
  • Bermain sepak bola dengan permainan yang dimodifikasi

 

 
  1.3 Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam modifikasi atletik, serta nilai semangat, seportivitas, percaya diri dan kejujuran

 

 
  • Melakukan gerakan:
  • Start
  • Saat berlari
  • Finish

 

 
2. Mempraktikan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

 

2.1 Mempraktikan aktivitas untuk kekuatan otot-otot anggota badan bagian atas,serta nilai kerja keras disiplin, kerjasama, dan kejujuran.

 

 
  • Melakukan gerakan:

- Push up

- Shit up

 

 
  2.2 Mempraktikan aktivitas untuk kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat serta nilai kerja keras, disiplin,kerjasama dan kejujuran

 

 
  • Melakukan gerakan:

Lari cepat

Lari bolak-balik

 

 
3. Mempraktikan berbagai bentuk senam ketangksan dengan kontrol yang baik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

 

3.1 Mempraktikan latihan peregangan dan pelemasan yang benar sebelum aktivitas senam, serta nilai percaya diri dan disiplin.

 

 
  • Melakukan gerakan:

- Pola gerak peregangan

 
  3.2 Mempraktikan bentu senam ketangkasan dalam meningkatkan koordinasi dan nilai-nilai percaya diri dan disiplin

 

 
  • Pola gerak bertumpu dengan dua tanga
  • Pola gerak bertumpu kepala dan kedua tangan

 

 
4.  Mempraktikan berbagai gerak dasar dalam gerak ritmik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

 

4.1 Mempraktikan pola jalan, lari, dan lompat dalam gerak ritmik serta nilai kerjasama, percaya diri, dan disiplin

 

 
  • Senam irama

 

 
  4.2 Mempraktikan kombinasi pola gerak jalan, lari dan lompat dalam gerak ritmik serta nilai kerjasama, percaya diri dan disiplin

 

 
  • Jalan
  • Ayunan
  • Langkah

 

 
5.    Menerapkan budaya hidup sehat.

 

5.1 Mengenal cara menjaga kebersihan alat reproduksi  
  • Alat reproduksi
  • Cara menjaga kebersihan alat reproduksi

 

 
  5.2 Mengenal berbagai bentuk pelecehan seksual

 

 
  • Pelecehan Seksual
  • Menjaga diri dari pelecehan seksual
 
Jumlah        

 

 

Mengetahui,

Kepala SD/MI ………………..

 

 

 

( ………………………………………. )

  NIP/NIK :

 

…………., …………….. 20..

Guru Mapel PJOK

 

 

 

( ………………………………………. )

       NIP/NIK :

 

 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

 

Sekolah                             : ………………………                                                                                    

Kelas                                 : V

Mata Pelajaran                : Penjasorkes

Semester                           : II

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

KKM

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Alokasi

Waktu

6.   Mempraktikan berbagai variasi gerak   dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

6.1 Mempraktikkan variasi tehnik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar, serta nilai-nilai kerjasama, sportifitas dan kejujuran.

 

 

  • Cara memegang bola basket
  • Cara memantulkan bola
  • Mendribel bola dengan berjalan / berlari
  • Kombinasi gerakan dribel dan memasukan bola ke ring
  • Melakukan gerakan ches pass dan bounc pass
  • Melakukan gerakan shoting
  • Melakukan gerakan lay up
  • Cara bermain bola basket
  • Bermain bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi

 

 

 

6.2 Mempratikkan variasi tenik dasar ke dalam modivikasi permainan bola kecil, sertanilai kerjasama, sportifitas dan kerjasama

 

 

  • Cara memegang raket
  • Melakukan gerakan memantulkan bola dengan raket
  • Gerakan dasar pukulan : lob, drop shot, smash
  • Melakukan gerakan memukul bola berpasangan
  • Cara bermain bulutangkis
  • Bermain bulutangkis dengan peraturan yang dimodifikasi

 

 

  6.3 Mempraktikan variasi teknik dasar atletik yang dimodifikasi serta nilai semangat, sportifitas, kerja sama,percaya diri dan kejujuran

 

 

 

 

 
  • Melakukan gerakan dasar lompat tinggi dengan hitungan
  • Melakukan gerakan lompat tinggi dengan awalan dan hitungan
  • Melakukan gerakan lompat tinggi dengan awalan, tolakan, melayang dan mendarat tanpa alat
  • Melakukan lompat tinggi dari awalan, tolakan, melayang dan mendarat dengan alat sederhana

 

 
7.    Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

 

7.1 Mempraktik-kan aktifitas untuk kekuatan otot-otot anggota badan bagian bawah serta nilai kerja keras, disiplin, kerja sama, dan kejujuran.

 

 
  • Berlari memindahkan benda berkelompok
  • Menggendong berkelompok
  • Melakukan gerakan naik turun tangga
  • Melakukan gerakan berjalan jongkok

 

 
  7.2 Mempraktikan aktifitas untuk kelincahan dengan kualitas gerak yang meningkat serta nilai kerjasama, disiplin, kerjasama dan kejujuran.

 

 
  • Melakukan gerakan loncat-loncat ke depan
  • Berlari berbelok-belok
  • Berlari ke berbagai arah
  • Berlari dengan berbagai awalan

 

 
8.   Mempraktikkan berbagai bentuk senam ketangkasan dengan koordinasi yang baik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. 8.1 Mempraktikan sebuah rangkaian gerak senam ketangkasan dengan konsisten, tepat dan koordinasi yang baik serta nilai keselamatan, disiplin dan keberanian.

 

 
  • Melakukan gerakan berguling
  • Melakukan gerakan berlari kecil

 

 
  8.2 Mempraktikan bentuk-bentuk rangkaian gerak senam ketangkasan dengan koordinasi yang baik serta nilai keselamatan, disiplin dan keberanian.

 

 
  • Melakukan gerakan melompat
  • Melakukan gerakan rangkaian senam di mulai dari berlari, berguling dan melompat
 
9.   Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak dasar dalam gerak berirama dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya 9.1 Memprakikan kombinasi pola gerak mengayun, menarik, menekuk, meliuk, memutar, dan gerak berirama, serta nilai kerjasama percayadiri dan disiplin  
  • Melakukan gerakan mengayun dengan irama hitungan
  • Melakukan gerakan menekuk dengan irama hitungan
  • Melakukan gerakan menarik dengan irama hitungan
  • Melakukan gerakan meliuk dengan irama hitungan
  • Melakukan gerakan memutar dengan irama hitungan
  • Melakukan gerakan rangkaian senam irama dengan menggunakan pola gerak.

 

 
  9.2 Mempraktikan satu pola gerak berirama terstruktur dengan konsisten dan lancer serta nilai kerja sama, percaya diri, dan disiplin.

 

 
  • Melakukan gerakan senam kesegaran jasmani dengan hitungan
  • Melakukan gerakan senam kesegaran jasmani dengan irama musik

 

 
10. Mempraktikkan gerak dasar renang gaya punggung dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. 10.1 Mempraktikan gerak dasar renang gaya punggung meluncur, menggerakan tungkai, mengerakan lengan serta nilai kebersihan, keberanian dan percaya diri.

 

 
  • Melakukan gerakan meluncur
  • Memperagakan gerak ayunan lengan dalam gaya punggung

 

 
  10.2 Mempraktikkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung, serta nilai keberanian dan percaya diri.

 

 
  • Melakukan  gerakan kaki dalam gaya punggung
  • Melakukan koordinasi gerakan lengan  dan kaki  gaya punggung

Melakukan gerakan renang gaya punggung di mulai dari gerakan meluncur.

 
11. Mempraktikkan penjelajahan di lingkungan sekitar sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya 11.1 Mempraktikkan pembuatan rencana kegiatan penjelajahan.

 

 
  • Menyusun rencana / jadwal penjelajahan
  • Mengidentifikasi kesulitan yang di temukan di dalam aktivitas
  • . Mengenal tanda jejak atau sandi
  • Bekerjasama dalam kelompok
  • Memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar
  • Bersikap sopan santun dalam melakukan aktivitas
  • Menjaga kebersihan lingkungan
  • Memiliki solidaritas sesame teman
  • Memakai pakaian yang sesuai

 

 
12. Menerapkan budaya hidup sehat. 12.1 Mengenal bahaya merokok bagi kesehatan.

 

 
  • Menjelaskan bahaya merokok bagi kesehatan
  •   Menjelaskan jenis racun pada rokok
  • Menjelaskan cara menghindari dari kecanduan merokok
  •   Menjelaskan bahaya miuman keras bagi kesehatan

 

 
  12.2 Mengenal bahaya minuman keras.

 

 
  • Mengidentifikasi jenis-jenis minuman keras
  • Menjelaskan cara menghindari minuman keras
 
Jumlah        

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SD/MI ………………..

 

 

 

( ………………………………………. )

  NIP/NIK :

 

…………., …………….. 20..

Guru Mapel PJOK

 

 

 

( ………………………………………. )

     NIP/NIK :

 

 

 

 

 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

 

SEKOLAH                :  ………………………

KELAS                      :  VI

SEMESTER              :  I

MATA PELAJARAN:  PEND. JASMANI OlAHRAGA DAN KESEHATAN

 

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

KKM

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Alokasi

Waktu

1. Mempraktikkan berbagai gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya 1.1  Mempraktikkan gerak dasar salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuan.  
  • Pembagian pemain   berdasarkan kelompok
  • Sejarah tennis meja
  •   Melakukan gerakan: -cara memegang bad
  • Memantul-mantulkan bola dengan control dan koordinasi yang baik.
  • Bermain tennis meja dengan peraturan yang sederhana atau modifikasi
 
  1.2  Mempraktikkan gerak dasar salah satu permainan bola besar dengan koordinasi yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuran.

 

 
  • Memahami sejarah,alat dan ukuran lapangan bola basket.
  • Mendrible
  • Melempar bola
  • Memasukan bola ke ring
  • Pivot/bertumpu satu kaki
  • Bermain basket dengan peraturan sederhana

 

 
  1.3Mempraktikkan koordinasi gerak dasar dalam tehnik lari, lempar dan lompat  dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai semangat, sportivitas, percaya diri dan kejujuran.  
  • Pengenalan tentang  tolak peluru
  • Melakukan latihan dasar tolak peluru
  • Melakukan gerakan awalan, tolakan,sikap akhir

 

 
2. Mempraktikkan latihan peningkatan kualitas jasmani (komponen kebugaran jasmani) dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. 2.1     Mengdentifikasi anggota tubuh yang perlu dilatih untuk memperbaiki postur.

 

 
  • Melakukan program latihan
  • Melakukan latihan pemanasan
  • Melakuakn latihan pos berangkai

 

 
  2.2     Mempraktikkan berbagai latihan untuk memperbaiki cacat jasmani bukan bawaan, serta nilai-nilai keselamatan diri pun kerja keras

 

 
  • Melakukan latihan gerakan kelenturan
  • Melakukan latihan gerakan kekuatan
  • Melakukan latihan gerakan menggunakan beban
 
3. Mempraktikkan kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. 3.1.Mengdentifikasi anggota tubuh yang perlu dilatih untuk memperbaiki postur.

 

 
  • Melakukan gerakan menguatkan persendian
  • Melakukan gerakan melemaskan persendian
 
  3.2.Mempraktikkan rangkaian senam lantai dan senam ketangkasan dengan gerakan yang lebih halus, jelas, lancar serta nilai-nilai percaya diri, disiplin dan estetika

 

 
  • Melakukan rangkaian gerakan senam guling depan
  • Melakukan rangkaian gerakan senam guling belakang
  • Melakukan gerakan handstand,meroda,dan balok titian
  • Melakukan gerakan lompat kangkang
 
4. Mempraktikan rangkaian gerak ritmik sederhanaberpasangan dan beregu serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

 

4.1     Mempraktikkan latihan gerak ritmik dan sederhana menggunakan gerak jalan dan lompat secara berpasangan serta nilai kerja sama disiplin dan estetika  
  • Gerakan :
  • jalan dengan berpasangan
  • lompat dengan berpasangan

 

 
  4.2     Mempratikkan rangkaian gerak ritmik sederhana beregu dengan kompak serta nilai kerja sama, disiplin dan estetika

 

 
  • Melakukan gerakan  Senam Indonesia Sehat (S I S) dengan:
  • pemanasan
  • inti
  • pendinginan

 

 
5. Menerapkan budaya hidup sehat

 

5.1Mengenal bahaya Narkoba

 

 
  • Pengertian narkoba
  • Jenis-jenis narkoba
  • Dampak negative dari narkoba

 

 
  5.2  Mengenal cara menghindari bahaya narkoba

 

 
  • Bahaya fisik narkoba
  • Akibat fatal dari penyalahgunaan narkoba
  • Mencegah dan menghindarinya
 
Jumlah        

 

 

Mengetahui,

Kepala SD/MI ………………..

 

 

 

( ………………………………………. )

  NIP/NIK :

 

…………., …………….. 20..

Guru Mapel PJOK

 

 

 

( ………………………………………. )

     NIP/NIK :

 

 

 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

 

SEKOLAH                :  ………………………

KELAS                      :  VI

SEMESTER              :  II

MATA PELAJARAN:  PEND. JASMANI OlAHRAGA DAN KESEHATAN

 

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

KKM

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Alokasi

Waktu

6. Mempraktikan berbagai gerak dasar dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya 6.1 Mempraktikan penerapan tehnik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportifitas dan kejujuran **)  
  • Melakukan berbagai keterampilan  dasar ( melempar, menangkap, menggiring, mengontrol, menembak) permainan basket.
  • Melakukan tekhnik posisi pertahanan dan penyerangan.
  • Bentuk formasi sesuai kebutuhan permainan.
  • Melakukan kerjasama tim dalam permainan
  • Bermain bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi
  • Melakukan kerjasama tim ,menjungjung tinggi sportivitas dan kejujuran dalam permainan
 
  6.2.Mempraktikan penerapan tehnik dasar salah satu permainan dan olahraga bola kecil dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas dan kejujuran **)

 

 
  • Melakukan berbagai keterampilan dasar : melempar, menangkap, memukul dalam permainan softball
  • Melakukan lempar tangkap bola melambung, mendatar dan menyusur tanah berpasangan
  • Menjelaskan peraturan umum dalam permainan softball
  • Menjelaskan / melakukan tekhnik mematikan lawan
  • Menjelaskan / melakukan tekhnik mendapatkan poin/nilai
  • Bermain softball dengan peraturan yang dimodifikasi
  • Melakukan kerjasama antar tim dan menjungjung tinggi sportivitas
 
  6.3 Mempraktikan pengembangan koordinasi beberapa nomor tehnik dasar atletik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportifitas dan kejujuran **)  
  • Melakukan gerakan cara memegang peluru
  • Melakukan gerakan cara menyimpan peluru sebelum di tolak
  • Melakukan gerakan tolak peluru tanpa alat dengan hitungan
  • Melakukan gerakan tolak peluru dengan alat dengan hitungan
  • Melakukan gerakan tolak peluru dengan awalan / tanpa awalan dengan hitungan
  • Melakukan gerakan tolak peluru dengan menggunakan peluru dan lapangan yang sebenarnya
 
7. Mempraktikan latihan peningkatan kualitas kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

 

7.1Mempraktikan sikap hidup sehat untuk memelihara kondisi kesehatan  
  • Melakukan berolahraga secara rutin
  • Berpakaian yang sesuai
 
  7.2Mempraktikan perenggangan otot dan pelemasan persendian dengan baik sebelum latihan serta nilai disiplin.

 

 
  • Melakukan gerakan – gerakan bagian leher, kepala
  • Melakukan gerakan-gerakan bagian bahu, dada dan lengan

 

 
  7.3Mempraktikan kondisi pisik secara terencana dan sungguh-sungguh

 

 
  • Melakukan gerakan-gerakan bagian perut , pinggang/punggung
  • Melakukan gerakan – gerakan bagian kaki, paha, lutut dan telapak kaki
  • Melakukan gerakan merenggut renggutkan anggota badan

 

 
  7.4Mempraktikan aktivitas secara berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kebugaran serta nilai keselamatan, disiplin dan keja keras

 

  v Latihan fisik

-   Pos berangkai/permainan

-   Lari bolak balik

-   Push up

-   Naik tuun tanga

-   Lompat tali

 

 
8. Mempraktikan kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya 8.1 Mempraktikan kombinasi gerak senam lantai dan senam ketangkasan dengan konsisten dan kontrol yang baik serta nilai keselamatan, displin dan kerja sama.

 

 
  • Melakukan gerakan berguling
  • Melakukan gerakan sikap lilin
  • Melakukan gerakan split
  • Melakukan gerakan meroda / baling-baling

 

 
  8.2        Mempraktikkan kombinasi bentuk-bentuk senam lantai dan senam ketangkasan dengan koordinasi, dan kontrol yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan kerjasama  
  • Menyusun rangkaian gerakan senam lantai
  • Memperagakan rangkaian gerakan senam lantai secara sederhana

 

 
9. Mempraktikan rangkaian gerak ritmik, sederhana secara berpasangan maupun beregu dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya 9.1Mempraktikan gerak ritmik sederhana ditempat dengan gerakan membungkuk menekuk mupun meliuk secara berpasangan dan beregu, serta nilai kerjasama disiplin dan estetika

 

 
  • Melakukan gerakan membungkukkan badan dengan irama hitungan / lagu musik
  • Melakukan gerakan menekukkan kedua kaki dengan irama hitungan / lagu musik

 

 
  9.2Mempraktikan gerak ritmik sederhana ditempat dengan jalan dan lompat secara berpasangan dan beregu, serta nilai kerjasama disiplin dan estetika

 

 
  • Melakukan gerakan meliukkan badan dengan irama hitungan / lagu musik
  • Melakukan variasi gerakan berjalan dengan berbagai arah
  • Melakukan variasi gerakan melompat

 

 
10. Mempraktikan gerak dasar salah satu gaya renang dengan koordinasi gerak yang baik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya 10.1Mempraktikan gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai, lengan renang gaya dada dengan koordinasi gerak yang lebih baik serta nilai keberanian disiplin dan estetika

 

 
  • Melakukan gerakan meluncur
  • Melakukan gerak kaki renang gaya dada dengan lancer
 
  10.2Mempraktikan cara bernafas salah satu gaya renang, serta nilai keberanian disiplin dan kebersihan  
  • Memperagakan gerak ayunan/ tarikan lengan renang gaya dada
  • Melakukan koordinasi gerak kaki dan lengan renang gaya dada

 

 
  10.3Mempraktikan kombiasi gerakan lengan dan tungkai dalam renang gaya dada serta nilai keberanian dan disiplin

 

 
  • Melakukan tekhnik pengambilan napas renang gaya dada
  • Melakukan koordinasi gerak pukulan kaki – tarikan lengan dan pengambilan pernapasan renang gaya dada

 

 
  10.4Mempraktikan dasar-dasar keselamatan di air

 

 
  • Melakukan renang gaya dada di awali dengan meluncur
  • Memperagakan dasar dasar penyelamatan di air
  • Melakukan cara menggerakan kaki penyelamatan di air

 

 
11. Mempraktikan penjelajahan dan perkemahan di alam bebas, serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya****)

 

11.1Mempraktikan aktivitas penjelajahan di alam bebas secara sederhana, serta nilai kerja sama, tanggung jawab, disiplin dan keselamatan.

 

 
  • Menjaga keselamatan dalam perjalanan
  • Membuat perencanaan kegiatan penjelajahan
  • Memilih jalan yang aman untuk di jelajahi
  • Memiliki kepedulian terhadap keselamatan

 

 
  11.2Mempraktikan pemasangan kemah bersama, serta nilai kerjasama tanggung jawab disiplin dan keselamatan

 

 
  • Memiliki solidaritas yang tinggi
  • Mematuhi prosedur atau instruksi
  • Menjaga kebersihan lingkungan
  • Mencari lokasi berkemah yang aman
  • Melndirikan kemah dengan berkelompok/ saling membantu

 

 
12. Menerapkan budaya hidup sehat 12.1Mengenai cara menolak ajakan menggunakan narkoba

 

 
  • Menjaga pergaulan bebas
  • Mengetahui bahaya narkoba bagi kesehatan
  • Memilih teman dalam bergaul
 
  12.2Mengenal cara menolak perlakukan cara pelecehan seksual

 

 
  • Menjelaskan jenis-jenis pelecehan seksual
  • Akibat dari pelecehan seksual
  • Cara menolak dari pelecehan seksual

 

 
Jumlah        

 

 

Mengetahui,

Kepala SD/MI ………………..

 

 

 

( ………………………………………. )

  NIP/NIK :

 

…………., …………….. 20..

Guru Mapel PJOK

 

 

 

( ………………………………………. )

    NIP/NIK :