KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)

KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Jenis    : Sekolah dasar        Alokasi waktu    : 90 menit
Mata Pelajaran    : Pengetahuan Alam        Bentuk Soal    : Pilihan Ganda, Isian, Uraian
Kelas    : V (Lima)        Jumlah Soal    : 40 butir
Kurikulum Acuan    : Standar Isi        Penulis Soal    :  Tim Kelas 5

Kompentensi Dasar    Ranah    Materi    Kelas /Semt    Indikator  Soal    Bentuk
Soal    Nomor Soal
1.1    Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia    C1    §1    fungsi bagian alat pernapasan manusia    V/1    ·1    Disajikan gambar alat pernapasan manusia, siswa dapat menjelaskan fungsi alveolus pada proses pernapasan    PG    1
1.2    Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah    C1    §2    fungsi organ pernapasan hewan    V/1    ·2    Siswa dapat menjelaskan fungsi kulit yang basah pada cacing.tanah.    PG    2
1.3    Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan    C2    §3    fungsi bagian organ pencernaan manusia
§4    fungsi zat makanan    V/1    ·3    Disajikan gambar alat pencernaan makanan manusia, siswa dapat menjelaskan fungsi usus halus pada proses pencernaan .

·4    Siswa dapat menyebutkan fungsi zat karbohidrat bagi tubuh    PG

Isian    3

26
1.4    Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia    C1    §5    peredaran darah manusia
§6    pembuluh darah    V/1    ·5    Disajikan gambar organ peredaran darah manusia,siswa dapat menyebutkan urutan peredaran darah kecil.
·6    Siswa dapat menyebutkan organ pembuluh darah yang membawa darah ke seluruh tubuh.    PG

PG    4

5
1.5    Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia    C1    §7    gangguan pada organ peredaran darah manusia    V/1    ·7    Siswa dapat menyebutkan 3 (tiga) gangguan pada organ peredaran darah manusia.    Uraian    36
2.1.    Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan.
C1    §8    bahan yang diperlukan dalam proses fotosintesis
§9    tempat menyimpan cadangan makanan    V/1    ·8    Disajikan bagan proses/reaksi fotosintesis siswa dapat menyebutkan bahan yang diperlukan dalam proses fotosintesis.

·9    Disajikan gambar tumbuhan pisang, siswa dapat menyebutkan tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan tersebut.    Isian

PG    27

6
2.2.    Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan.    C2    §10    Manfaat tumbuhan padi    V/1    ·10    Disajikan gambar tumbuhan padi, siswa dapat menentukan bagian tumbuhan tersebut yang dimanfaatkan manusia sebagai sumber makanan .
PG    7
3.1    Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup.    C1    §11    cara hewan melindungi diri dari musuhnya
§12    kesesuaian hewan dengan bentuk tubuh sesuai fungsinya
§13        V/1    ·11    Disajikan gambar ular kobra, siswa dapat menentukan cara hewan tersebut melindungi diri dari musuhnya

·12    Disajikan tabel pasangan hewan dan bentuk tubuh yang berguna untuk mencari makanan, siswa dapat menentukan pasangan yang sesuai    PG

PG    8

9

5.1    Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui percobaan. (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
C3    §14    gaya gravitasi bumi

§15    gaya gesek
§16    gaya magnet

§17    cara membuat magnet    V/2    ·13    Disajikan gambar anak menjatuhkan benda yang berbeda bentuk, siswa dapat membandingkan kecepatan jatuh dua buah benda tersebut.
·14    Siswa dapat menjelaskan cara memperkecil gaya gesek.
·15    Siswa dapat menyebutkan salah satu  contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari
·16    Disajikan gambar cara membuat magnet induksi, siswa dapat menjelaskan cara membuat magnet sesuai gambar tersebut.
PG

PG
Uraian

Isian
10

11
37

28
5.2    Menjelaskan  pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
C2    §18    bidang miring

§19    roda berporos

§20    tuas/pengungkit

§21    katrol    V/2    ·17    Disajikan gambar  kapak, siswa dapat menyebutkan jenis pesawat  sederhana yang dimanfaatkan pada mata kapak.
·18    Siswa dapat menjelaskan kerugian penggunaan bidang miring dalam kegiatan sehari-hari.
·19    Disajikan tabel peralatan rumah tangga, siswa dapat mengelompokkan alat tersebut yang termasuk roda berporos.
·20    Disajikan gambar pengungkit, siswa dapat menunjukkan posisi titik tumpu yang memerlukan gaya paling kecil.
·21    Siswa dapat menentukan penggunaan katrol yang memerlukan gaya paling kecil/ringan sesuai gambar.    PG

Isian

PG

PG

PG

12

29

13

14

15

6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
C2    §22    cahaya menembus benda bening
§23    cahaya merambat lurus

§24    sifat-sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin
§25     jenis cermin

§26    pembiasan cahaya

V/2    ·22    Disajikan gambar percobaan/ilustrasi cahaya menembus benda bening, siswa dapat menentukan sifat cahaya sesuai gambar/ilustrasi tersebut
·23    Siswa dapat menyebutkan contoh peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang menunjukkan sifat cahaya merambat lurus

·24    Siswa dapat  menyebutkan sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cembung.

·1    Siswa dapat menentukan jenis cermin yang digunakan pada kaca spion

·25    Siswa dapat menjelaskan salah satu contoh pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari    Isian

PG

PG

Isian

PG

30

16

17

31

18

7.1    Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan
C2    §27    proses terbentuknya tanah
§28    macam-macam pelapukan    V/2    ·1    Siswa dapat menjelaskan proses terbentuknya tanah

·2    Siswa dapat menjelaskan 3 (tiga) macam-macam pelapukan      Isian

Uraian    32

38

7.2    Mengidentifikasi jenis-jenis tanah
C1    §29    jenis-jenis tanah    V/2    ·3    Disajikan tabel ciri-ciri tanah humus, siswa dapat menentukan  jenis tanah dimaksud    PG    19
7.3    Mendeskripsikan struktur bumi
C1    §30    lapisan bumi     V/2    ·4    Disajikan gambar lapisan bumi, siswa dapat menyebutkan salah satu lapisan bumi bertanda khusus

Isian    33
7.4    Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya
C1    §31    kegunaan air.
§32    proses daur air

§33    kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air     V/2    ·26    Siswa dapat menyebutkan 3 kegunaan air yang mengalir bagi manusia
·27    Disajikan gambar daur air, siswa dapat menentukan  salah satu tahapan dalam proses daur air yang bertanda khusus
·28    Siswa dapat menyebutkan tindakan yang dapat memperlambat proses daur air di daerah pegunungan    Uraian
Isian

PG    39
34

20
7.5 Mendeskripsikan  perlunya  penghematan air
C2    §34    perlunya penghematan air
V/2    ·29    Siswa dapat menjelaskan perlunya penghematan air bersih .    PG    21

7.6 Mengidentifikasi peristiwa  alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan
C1    §35    dampak dari gunung meletus
§36    penyebab terjadinya suatu bencana banjir
§37    cara mencegah terjadinya tanah longsor    V/2    ·30    Siswa dapat menyebutkan dampak terjadinya gunung meletus terhadap lingkungan alam
·31    Siswa dapat menyebutkan salah satu tindakan manusia yang dapat menimbulkan terjadinya bencana banjir

·32    Siswa dapat menjelaskan cara mencegah terjadinya tanah longsor di lereng pegunungan    PG

PG

PG    22

23

24

7.7  Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
C1    §38    kegiatan manusia yang mengubah permukaan bumi
§39    dampak pengambilan sumber daya alam terhadap keadaan permukaan bumi

§40    jenis sumber daya alam
V/2    ·33    Siswa dapat menyebutkan 3 (tiga) kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi

·34    Disajikan gambar/ilustrasi penambangan pasir siswa dapat menyebutkan dampak penambangan pasir terhadap keadaan permukaan bumi

·35    Siswa dapat menyebutkan sumber daya alam yang digunakan sebagai sumber energi pada PLTU    Uraian

PG

Isian    40

25

35

Tim Penyusun    :
Sumiyono, S.Pd            (SD Negeri Garongan, Panjatan, KP)
Supardal, S.Pd            (SD 2 Sanden, Sanden, Bantul)
Suyana, S.Pd            (SD Panggang 1, Panggang, GK)
Sri Dwi Murwaningsih, S.Pd    (SD Paliyan 2, Paliyan, GK)
Sukarsih, A.Ma.Pd        (SD Negeri Gentan, Ngaglik, Sleman)

KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Jenis    : Sekolah dasar        Alokasi waktu    : 90 menit
Mata Pelajaran    : Pengetahuan Alam        Bentuk Soal    : Pilihan Ganda, Isian, Uraian
Kelas    : V (Lima)        Jumlah Soal    : 40 butir
Kurikulum Acuan    : Standar Isi        Penulis Soal    :  Sumarwanto,S.Pd,I

Kompentensi Dasar    Ranah    Materi    Kelas /Semt    Indikator  Soal    Bentuk
Soal    Nomor Soal
5.3    Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui percobaan. (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
§41    gaya gravitasi bumi

§42    gaya gesek
§43    gaya magnet

§44    cara membuat magnet    V/2    ·36    Disajikan gambar anak menjatuhkan benda yang berbeda bentuk, siswa dapat membandingkan kecepatan jatuh dua buah benda tersebut.
·37    Siswa dapat menjelaskan cara memperkecil gaya gesek.
·38    Siswa dapat menyebutkan salah satu  contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari
·39    Disajikan gambar cara membuat magnet induksi, siswa dapat menjelaskan cara membuat magnet sesuai gambar tersebut.
PG

PG
Uraian

Isian
1

4
37

2
5.4    Menjelaskan  pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
§45    bidang miring

§46    roda berporos

§47    tuas/pengungkit

§48    katrol    V/2    ·40    Disajikan gambar  kapak, siswa dapat menyebutkan jenis pesawat  sederhana yang dimanfaatkan pada mata kapak.
·41    Siswa dapat menjelaskan kerugian penggunaan bidang miring dalam kegiatan sehari-hari.
·42    Disajikan tabel peralatan rumah tangga, siswa dapat mengelompokkan alat tersebut yang termasuk roda berporos.
·43    Disajikan gambar pengungkit, siswa dapat menunjukkan posisi titik tumpu yang memerlukan gaya paling kecil.
·44    Siswa dapat menentukan penggunaan katrol yang memerlukan gaya paling kecil/ringan sesuai gambar.    PG

Isian

PG

PG

PG

7

29

13

14

15

6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
§49    cahaya menembus benda bening
§50    cahaya merambat lurus
§51    Cahaya dapat dipantulkan

§52    sifat-sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin
§53     jenis cermin

§54    pembiasan cahaya

§55    Antara cahaya dan penglihatan saling berhubungan

V/2    ·45    Disajikan gambar percobaan/ilustrasi cahaya menembus benda bening, siswa dapat menentukan sifat cahaya sesuai gambar/ilustrasi tersebut
·46    Siswa dapat menyebutkan contoh peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang menunjukkan sifat cahaya merambat lurus
·47    Siswa dapat menjelaskan pemantulan cahaya

·48    Siswa dapat  menyebutkan sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cembung.

·2    Siswa dapat menentukan jenis cermin yang digunakan pada kaca spion

·49    Siswa dapat menjelaskan salah satu contoh pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari
·50    Siswa dapat menjelaskan hubungan antara cahaya dan penglihatan    Isian

PG

Isian

PG

Isian

PG

PG

10

16

30

17

11

18

22

7.5    Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan
§56    proses terbentuknya tanah
§57    macam-macam pelapukan
§58    macam – macam batuan
§59    Komposisi dan jenis-jenis Tanah    V/2    ·5    Siswa dapat menjelaskan proses terbentuknya tanah

·6    Siswa dapat menjelaskan 3 (tiga) macam-macam pelapukan

·7    Siswa dapat menjelaskan proses terjadinya pembentukan batuan

·8    Siswa dapat menjelaskan berbagai macam bentuk tanah
Isian

Uraian

PG

Isian    32

38

23

27
7.6    Mengidentifikasi jenis-jenis tanah
§60    jenis-jenis tanah    V/2    ·9    Disajikan tabel ciri-ciri tanah humus, siswa dapat menentukan  jenis tanah dimaksud
·10    Disajikan berdasarkan komposisi penyusunannya
·11    Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis tanah     PG

PG    19

24
7.7    Mendeskripsikan struktur bumi
§61    lapisan bumi     V/2    ·12    Disajikan gambar lapisan bumi, siswa dapat menyebutkan salah satu lapisan bumi bertanda khusus
·13    Siswa dapat menjelaskan  pengertian lapisan-lapisan bumi
·14    Siswa dapat menjelaskan proses terjadinya pembentukan tanah
·15    Siswa dapat menjelaskan pelapukan batuan yang membentuk tanah
·16    Siswa dapat menjelaskan komposisi dan jenis-jenis tanah
Isian

PG
PG
Uraian
PG    21

25
26
36
6
7.8    Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya
§62    kegunaan air.
§63    proses daur air
§64    kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air     V/2    ·51    Siswa dapat menyebutkan 3 kegunaan air yang mengalir bagi manusia
·52    Disajikan gambar daur air, siswa dapat menentukan  salah satu tahapan dalam proses daur air yang bertanda khusus
·53    Siswa dapat menyebutkan tindakan yang dapat memperlambat proses daur air di daerah pegunungan.    Uraian
PG

PG

39
12

20

7.5  Mendeskripsikan  perlunya  penghematan air
§65    perlunya penghematan air
V/2    ·54    Siswa dapat menjelaskan perlunya penghematan air bersih .
·55    Siswa dapat menjelaskan pengertian daur air    PG    8

7.6  Mengidentifikasi peristiwa  alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan
§66    dampak dari gunung meletus
§67    penyebab terjadinya suatu bencana banjir
§68    cara mencegah terjadinya tanah longsor    V/2    ·56    Siswa dapat menyebutkan dampak terjadinya gunung meletus terhadap lingkungan alam
·57    Siswa dapat menyebutkan salah satu tindakan manusia yang dapat menimbulkan terjadinya bencana banjir

·58    Siswa dapat menjelaskan cara mencegah terjadinya tanah longsor di lereng pegunungan

·59    Siswa mampu menyebutkan  peristiwa alam    PG

PG

PG

Isian    9

5

3

34
7.7  Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
§69    kegiatan manusia yang mengubah permukaan bumi
§70    dampak pengambilan sumber daya alam terhadap keadaan permukaan bumi

§71    jenis sumber daya alam
V/2    ·60    Siswa dapat menyebutkan 3 (tiga) kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi

·61    Disajikan gambar/ilustrasi penambangan pasir siswa dapat menyebutkan dampak penambangan pasir terhadap keadaan permukaan bumi

·62    Siswa dapat menyebutkan sumber daya alam yang digunakan sebagai sumber energi pada PLTU
·63    Siswa dapat menyebutkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
Uraian

PG

Isian    40

7

35
7.8  Memahami cara menggunakan sumber daya alam        §72    Menggunakan sumber daya  alam

·64    Siswa dapat menyebutkan cara menghemat sumber daya alam yang dapat di per baharui
·65    Siswa mampu menjelaskan proses pembuatan minyak bumi

Isian
Isian
28
33
7.9  Peristiwa alam diindonesia
§73    Menjelaskan akibat peristiwa alam

V/2    ·66     Siswa dapat menyebutkan beberapa akibat peristiwa  alam
·67    Siswa dapat menjelaskan cara mencegah peristiwa alam

PG
Isian

6
31

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE