.:[Close]:.
Made by : Tu mangkasaraka @ Wawasan Islam

Fungsi dan Kegunaan Statistik dalam Dunia Pendidikan

  Pendidikan   19 November 2012

Assalamu Alaikum wr wb

Sobat Tumangkasarak yang budiman. setalah 2 hari ini sibuk mengurusi blog tu mangkasaraka: Wawasan Islam, Makalah kuliah dan Tukar Link, akhirnya tumangkasaraka kali ini akan menerbitkan artikel yang terbilang lucu. hehehe kenapa saya katakan lucu soale artikel ini pernah diujiankan  ketika MID UMY  2012, tapi saya kurang paham tujuan fungsi dan kegunaan mata kuliah tesebut. Hhehehe

http://blog.umy.ac.id/muhakbargowa/2012/11/19/fungsi-dan-kegunaan-statistik-dalam-dunia-pendidikan/

http://blog.umy.ac.id/muhakbargowa/2012/11/19/fungsi-dan-kegunaan-statistik-dalam-dunia-pendidikan/

Berangkat dari ketidaktahuan tersebut, sy meminjam buku kakanda Ihsan Mz (Bisa temui blognya di sini). judul bukunya Pengantar statistik pendidikan karangan Prof. Drs. Anas Sudijono. untuk lebih lengkapnya mengenai  Fungsi dan Kegunaan Statistik dalam Dunia Pendidikan silahkan baca kutipan berikut:

Fungsi yang dimiliki oleh statistik dalam dunia pendidikan terutama bagi para pendidik (pengajar, guru, dosen atau yang lainya adalah sebagai alat bantu. Tidak dapat disangkal bahwa dalam melaksanakan tugasnya, seorang pendidik akan senantiasa terlibat pada masalah penilaian atau evaluasi terhadap hasil pendidikan setelah anak didik menempuh proses pendidikan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. di dalam kegiatan menilai itu, seorang pendidik menggunakan norma tertentu; norma tersebut pada hakekatnya adalah semacam ukuran. Hasil penilain itu biasaanya dinyatakan dalam berbagai macam cara. namun cara yang paling umum digunakan adalah menyatakan dalam bentuk angka (bilangan). memang hal yang dinilai itu sendiri- yaitu kemajuan atau perkembangan anak didik dalm jangka waktu tertentu-sebenarnya bersifat kualitatif, akan tetapi diubah menjadi data yang kuantitatif. Dengan kat lain, terhadap hasil penilaian itu dilakukan kuantifikasi. Alasan kuantifikasi itu sudah barang tentu bermacam-macam, namun alasan yang paling utama adalah, dengan melakukan pengubahan bahan keterangan yang bukan berupa angka menjadi bahan keterangan yang berupa angka, pendidik akan dapat dengan secara jelas dan tegas memperoleh gambaran mengani kemajuan atau perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik, setelah menjalani proses pendidikan. dengan menggunakan data kuantitatif seorang pendidik akan lebih dapat meperoleh kepastian, ketimbang menggunakan data kualitatif. Karena dalam kegiatan penilaian hasil pendidikan car yang paling umum adalah dengan menggunakan data kuantitatif. maka tidak perllu diragukan lag bahwa statistik dalam hal ini mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai alat bantu, yaitu alat bantu untuk mengolah, menganalisis, dan menyimpulkan hasil yang telah dicapai dalam kegiatan penilaian tersebut.

http://blog.umy.ac.id/muhakbargowa/2012/11/19/fungsi-dan-kegunaan-statistik-dalam-dunia-pendidikan/

http://blog.umy.ac.id/muhakbargowa/2012/11/19/fungsi-dan-kegunaan-statistik-dalam-dunia-pendidikan/

Bagi seorang pendidik profesional, statistik juga memiliki keguanaan yang cukup besar, sebab dengan menggunakan statistik sebagai alat bantu, maka pada dat eksat itu dia akan dapat:

  • Memperoleh gambaran, baik gambaran umum maupun secara khusus tentang suatu gejala, keadaan atau peristiwa.
  • mengikuti perkembangan pasang-surut mengenai gejala, keadaan atau peristiwa tsb, dari waktu ke waktu.
  • melakukan pengujian, apakah gejala yang satu berbeda dengan gejala yang lain. jiak terdapat perbedaan apakah perbedaan itu merupak perbedaaan yang berarti (meyakinkan) ataukah perbedaan itu terjadi hanya kebetulan saja.
  • mengetahui apakah gejala yang satu aada hubungannya dengan gejala yang lain.
  • menysusun laporan yang berupa data kuantitatif dengan teratur, ringkas dan jelas.
  • menarik kesimpulan secara logis, mengambil keputusan secara tepat dan mantap, serta dapat memperkirakan atau meramlkan hal-hal yang mungkin terjadi di masa mendatang, dan langkah kongkrit apa yang perlu dilakukan pendidik.

Sekian artikel tentang Fungsi dan Kegunaan Statistik dalam Dunia Pendidikan. mudah-mudahan artikel tersebut memberikan gambaran kepada sobat tumangkasaraka tentang bgtu pentingya hal tersebut. Terimah kasih kami ucapkan kepada bapak Prof. Drs. Anas Sudijono selaku pengarang buku dan kepada kakanda ihsan mz yang rela meminjamkn bukunya beserta kepada seluruh pembaca yang telah membaca artikel di atas. Untuk Memeliki kutipan diatas silahkanFungsi yang dimiliki oleh statistik dalam dunia pendidikan untuk medownload.

Jika merasa artikel diatas masih kurang dan ingin memperluas wawasan tentang pendidikan silahkan menuju link download  tu mangkasaraka Berikut:

DOC FILE (klik)

PPT FILE (klik)

PDF (klik)

 

Atau Jika Sobat tu mangkasaraka mempunyai file tentang pendidikan dan ingin artikelnya Nangkrin di Blog tu Mangkasarak Ini silahkan sumbangkan tulisannya dengan mengirimkannya ke salah satu alamat Berikut:

Email tu mangkasaraka: muhakbar.2012@fai.umy.ac.id.

Facebook: Klik

Twitter: Klik

 

 

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE