Indonesiaku, Bumi Hijauku

Hidup Untuk Berjuang, Berjuang Demi Masa Depan

ts

Tumpang sari adalah penanaman dua tanaman atau lebih secara bersamaan atau dengan satu interval waktu yang singat, pada sebidang tanah yang sama. Tumpang sari merupakan sistem penanaman tanaman secara barisan di antara tanaman semusim dengan tanaman tahuanan. Tumpang sari ditunjukan untuk memanfaatkan lingkungan sebaik-baiknya agar diperoleh produksi yang maksimum.

Sitem tumpang sari dapat dapat di atur berdasarkan
1.      Sifat-sifat perakaran
2.      Waktu penanaman
Pengaturan sifat-sifat perakaran sangat perlu untuk menghidarkan persaingan unsur hara, air yang berasal dari dalam tanah. Sistem perakaran yang dalam dapat di tumpang sarikan dengan tanaman yang berakar dangkal. Tanaman monocotyl yang bisanya memiliki perakaran yang dangkal karena berasal dari akar seminal dan akar buku.sedangkan tanaman dikotil pada umumnya memiliki perakaran yang dalam karena memiliki akar tunggang.
Dalam  pengaturan penanaman sistem pertania tumpang sari dilihat dari sifat-sifat perakarannya dapat di pandang dari perakarannya. Contoh pada tanaman jagung di tumpang sarikan dengan jeruk manis, karena jagung termasuk jenis tanaman yang memiliki perakaran dangkal sedangkan jeruk manis termasuk tanaman jenis perakaran dalam maka keduanya tidak akan mengalami gangguan dalam penyerapan unsur-unsur hara yang terdapat didalam tanah.
Perlu diingat bahwa sistem pertanian tumpang sari selalu terdapat persaingan di atas (oksigen, CO2, suhu, kelembaban dan cahaya matahari) dan persaingan di bawah (unsur hara dan air). Sehingga perlu di atur sedemikian rupa agar tidak terlalu menggangu perkembangan tanaman yang di kukan tumpang sari.
Tumpang sari juga dapat di lakukan antara tanaman semusim dengan tanaman semusim lainya, misalnya antara kacang-kacangan dengan jagung. Jagung menghendaki nitrogen yang tinggi sedangkan kacang-kacangan tidak terlalu terganggu pertumbuhanya karena sediki terlindung oleh jagung. Kekurangan nintogen oleh jagung juga dapat terpenuhi oleh kacang-kacangan, karena kacang-kacangan dapat memfiksasi nitrogen dari udara bebas.
Sumber : Dasar-dasar agronomi edisi revisi karya Prof. Dr. Hasan Basri Jumin, M.Sc tahun 2008, PT. Raja grafindo persada. Jakarta

PROFIL AKU

Karim Amrullah

Indonesia adalah negara agraris yang kehilangan jiwa ke-Agrarisannya. Alasan saya masuk pertanian, adalah ingin mengembalikan jiwa ke-Agrarisan Indonesia yang hilang. Dengan terjun langsung dalam dunia Pertanian, membangun inovasi baru yang memajukan.


Popular Posts

Peran Kaum Muda Dala

Pertanian Berkelanjutan Suatu Konsep Pemikiran Masa Depan. Pertanian berkelanjutan adalah ...

Peyelamatan Lingkung

Pertanian berkelanjutan adalah pertanian yang berlanjut untuk saat ini, saat ...

Pertanian Berkelanju

Pengertian Pertanian Berkelanjutan Pertanian Berkelanjutan Suatu Konsep Pemikiran Masa Depan. Apa ...

Fakultas Pertanian U

Fakulktas pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan salah satu fakultas yang ...

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...