the real boss

Just another Blog UMY site

PERTANIAN MASA DEPAN

Posted by bigboss 20 Comments

6-b-tiga-desain-arsitektur-di-masa-depan

  1. PENGERTIAN PERTANIAN MASA DEPAN

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang termasuk dalam pertanian biasa difahami orang sebagai budidaya tanaman atau bercocok tanam (bahasa Inggris: crop cultivation) serta pembesaran hewan ternak (raising), meskipun cakupannya dapat pula berupa pemanfaatan mikroorganisme dan bioenzim dalam pengolahan produk lanjutan, seperti pembuatan keju dan tempe, atau sekedar ekstraksi semata, seperti penangkapan ikan atau eksploitasihutan.

Pertanian masa depan adalah pertanian berkelanjutan, berlanjut untuk saat ini, saat yang akan datang, dan selamanya. Artinya pertanian tetap ada, bermanfaat dan tidak menimbulkan masalah bagi semuanya. Pertanian ini meliputi komponen fisik, biologis, dan social ekonomi yang direpresentasikan dengan sistem pertanian yang melaksanakan:

  1. Pengurangan input bahan-bahan kimia di bandingkan pada sistem pertanian tradisional
  2. Pengendalian erosi tanah dengan baik
  3. Pengendalian gulma
  4. Memiliki efisiensi kegiatan pertanian dan bahan-bahan input maksimum
  5. Pemeliharaan kesuburan tanah dengan menambahkan nutrisi tanaman
  6. Penggunaan dasar-dasar biologi pada pelaksanaan pertanian
  7. Dapat berlanjut secara ekonomis
  8. Manusiawi

Pertanian masa depan yang mempertahankan keberlangsungannya, keberlanjutannya dapat dilakukan dengan mengadakan pertanian organik, dan atau pertanian agroforestry. Pertanian organik yaitu pertanian yang ramah lingkungan, dengan hasil yang bersifat ramah lingkungan dan sehat serta bernilai gizi tinggi. Menghormati seluruh kehidupan adalah prinsip yang menakjubkan dari pertanian organik. Pertanian agroforetry adalah pertanian berdasarkan fungsi hutan, yaitu menyerap dan menyimpan air ketika musim hujan dan mengeluarkan cadangan air dalam tanah tersebut melalui mata air. Didalamnya dikembangkan kombinasi produksi tanaman budidaya, tanaman hutan, dan hewan-hewan pada lahan yang sama.

2. POLA PERTANIAN MASA DEPAN

a. Pertanian Konvensional

Pertanian konvensional adalah pertanian seperti yang dilakukan oleh sebagian besar petani di seluruh dunia saat ini. Pertanian ini mengandalkan input dari luar sistem pertanian, berupa energi, pupuk, pestisida untuk mendapatkan hasil pertanian yang produktif dan bermutu tinggi. Pada masa yang akan datang sistem pertanian ini akan lebih ramah lingkungan bersamaan dengan lebih banyak input teknologi. Perkembangan atau kemajuan pertanian konvensional pada masa depan dibandingkan masa sekarang terjadi karena peran penelitian bidang ekofisiologi dan pumuliaan tanaman, serta karena tuntutan masyarakat. Kemajuan itu antara lain berupa:

  1. Digunakannya varietas-varietas tanaman yang lebih produktif, lebih bermutu, lebih tahan atau toleran pada hama dan penyakit utama, lebih tahan pada kekurangan air dan hara, serta dapat berproduksi tinggi pada lahan-lahan marginal.
  2. Lebih memanfaatkan biota di lingkungan pertanian, baik untuk meningkatkan kesuburan lahan, maupun toleransi terhadap OPT.
  3. Penggunaan pupuk akan lebih bijaksana, berdasarkan Integrated Plant nutrition System, sehingga tidak berlebih, berdasarkan kebutuhan riel tanaman, tidak banyak yang tercuci dan mencemari lingkungan.
  4. Penggunaan pestisida akan sangat berkurang; pengendalian organisme pengganggu tanaman akan berdasarkan PHT.
  5. Konsolodasi lahan-lahan pertanian akan terjadi, sehingga pengelolaan sistem produksi akan lebih mudah.
  6. Tenaga kerja di pertanian berkurang karena urbanisasi dan menjadi pekerja pada sektor industri, sehingga:
  • terjadi peningkatan mekanisasi pertanian,
  • input energi biologi (tenaga ternak atau tenaga manusia) akan banyak diganti energi mekanik berbasis biologi, seperti biodisel maupun bioetanol,
  • daya tawar petani dan buruh tani lebih tinggi, sehingg kesejahteraannya meningkat.
    1. Produktivitas pertanian akan meningkat lagi setelah leveling off yang terjadi bisa diatasi.Produksinya juga lebih bermutu, lebih bergizi, lebih aman karena sistem pertanian dikelola dengan lebih baik.
    2. Petani akan mempunyai catatan pertanian, sehingga tuntutan terhadaptraceability dapat dipenuhi.

b. Pertanian Konservasi

Pertanian Konservasi juga akan meluas. Ada kelompok-kelompok masyarakat yang mempunyai tuntutan terhadap pangan yang bebas pestisida dan bebas dari pupuk kimia, serta kelompok yang ingin agar pertanian tidak mencemari lingkungan. Dua kelompok masyarakat ini akan semakin besar di dunia, demikian pula di Indonesia.Produktivitas sistem ini pada umumnya rendah, lebih-lebih pada beberapa tahun kemudian; mutu fisik/visual produk juga rendah, tetapi keamanannya tinggi dan dipercaya oleh sebagian konsumen nilai zat berkhasiatnya yang terkadung di dalamnya tinggi.Namun, karena adanya permintaan yang semakin besar dari kelompok-kelompok ini akan mendorong semakin luasnya pertanian konservasi. Pada pertanian konservasi, prinsip utamanya adalah pertanian yang mengandalkan dan berusaha mempertahankan kelestarian alam. Dengan pertanian konservasi diusahakan agar tidak terlalu banyak gangguanan ekosistem dalam alam pertanian. Pertanian ini lebih mengandalkan mekanisme ekobiologi dari alam sehingga input yang diberikan pada sistem pertanian ini diusahakan serendah mungkin. Kalaupun intu diberikan, maka input tersebut berupa bahan-bahan organik alamiah yang bukan hasil budaya. Studi ekofisiologi akan memegang peran penting dalam meningkatkan produktivitas dan kelestarian sistem ini.

c. Pertanian Dengan Teknologi Tinggi

Pertanian Teknologi Tinggi juga akan meningkat pada masa depan. Pertanian ini akan sngat produktif, produknya bermutu tinggi, aman, kandungan gizi dan zat berkhasiat yang ada di dalamnya bisa diatur sesuai kebutuhan. Karena itu, pertanian ini memerlukan input tinggi, baik berupa teknologi, bahan-bahan kimia maupun energi.Pertanian ini bisa mengatasi kendala dan hambatan alam, bisa sangat efisien tepai bisa juga tidak efisien. Pertanian ini juga mungkin tidak menyebabkan degradasi lahan pertanian, maupun alam sekitar karena tidak mengandalkan alam dalam produksi. Pertanian ini lebih mengandalkan teknologi dan input dari hasil budaya. Pertanian ini hanya akan melibatkan pemodal besar, bukan petani. Karena itu ada beberapa hal yang harus mendapat perhatian:

  1. Apakah sistem ini benar-benar efisien; tidak hanya dari efisiensi ekonomi, tetapi juga teknik, energi, budaya, dan sosial?
  2. Apakah sistem ini bebar-benar aman bagi planet bumi, tidak sekedar lingkungan sempit lahan pertanian; baik pada masa kin i maupun masa jauh ke depan?

Studi ekofisologi akan dapat membantu dalam memecahkan pertanyaan-pertanyaan ini.

3. SISTEM PERTANIAN MASA DEPAN

a. Pertanian Masa Depan di Dalam Ruangan dan Bawah Tanah

Sistem pertanian masa depan tak lagi mengandalkan pertanian di lahan luar, melainkan bergeser ke pertanian dalam ruang. Dalam sistem ini, keberadaan sinar matahari dan curah hujan menjadi tak penting karena kondisi iklim diatur. Bercocok tanam dalam ruangan dapat dilakukan di gedung-gedung tinggi, dalam bunker bawah tanah , maupun ditenggah padang pasir. Sistem bercocok tanam ini menggunakan ruang tanpa jendela dengan cahaya, suhu, kelembaban , kualitas udara, dan nutrisi bagi tanaman yang diatur ketat.

Ruagan itu merupakan pengembangan rumah kaca, tetapi tanpa melibatkan cahaya alam. Cara itu diyakini mamu memenuhi kebutuhan pangan global secara berkelanjutan karena tak bergantung pada musim dan cuaca ektrim. Hasil pertanian relatif besar. Dari ruang 100 meter persegi yang dibuat 14 lapis bidang tanam, mampu menghasilkan sayur dan buah untuk 140.000 orang, masing-masing 200 gram. Namun , sistem itu tidak untuk tanama yang butuh ruang luas, seperti jagung, beras dan kentang. Peneliti platlab, perusahaan swasta di den bosch, belanda, gertjan meeuws, kepada AFP, mengatakan tanaman hanya memanfaatkan cahaya matahari dalam panjang gelombangtertentu.

Di alam meereka beradaptasi berbagai panjang gelombang. Dalam ruangan, tanaman diarahkan untuk beradaptasi dengan panjang gelombang yang dibutuhkan saja.Uji laboratorium yang dilakukan Meens dan rekannya menunjukan,sejumlah sayuran dan buah berhasil di tanam hanya mengunakan penerangan cahaya merah dari lampu LED (light-emiting diode) dan merah .teknik pencahayaan itu mampu menghasilkan laju pertumbuhan tanaman tiga kali lebih cepat dibandingkan tanaman di rumah kaca biasa.Pertanian modern, masa depan pertanian,sistem pertanian, pertanian dalam ruang.

b. Pertanian menggunakan seni dalam pengolahan lahan (visualisasi).
Seni menanam yang sangat telaten dan menakjubkan bermunculan di sawah-sawah di Jepang. Para petani menciptakan tampilan mural besar tanpa menggunakan tinta atau pewarna. Sebaliknya, tanaman padi dengan warna-warna berbeda diatur dengan tepat sehingga tumbuh alami di sawah. Sehingga saat musim panas, tanaman tumbuh dan jika dilihat dari atas, karya seni yang rinci mulai muncul.

Pertanian di Indonesia yang akan datang akan menerapkan system ini, karena system ini mampu menjadi kawasan agrowisata yang memiliki nilai komersial.

c. Pertanian menggunakan sistem komputerisasi.
Pada system pertanian ini menggunakan system komputerisasi, dimana pada saat pelaksanaannya tidak menggunakan banyak tenaga kerja, tetapi hanya menggunakan beberapa pekerja sebagai operator untuk mengatur penggunaan segala macam jenis alat dan system dalam pertanian. Tentu saja system ini menggunakan system yang paling tercanggih dengan operator yang handal. Selain itu perkembangan pengetahuan para petani di masa mendatang akan lebih berkembang dibandingkan para petani di masa sekarang yang dipengaruhi perkembangan teknologi yang semakin canggih sehingga membuat para petani dimasa yang akan datang tidak akan canggung dengan adanya system pertanian semacam ini.

d. Pertanian di dalam gedung.

Wacana krisis pangan global makin menghangat akhir-akhir ini, berbagai media lokal dan internasional mulai ramai memberitakan berbagai hal yang berkaitan dengan masalah ini seperti menjadi bukti bahwa mimpi buruk yang sudah diramalkan tersebut akan segera menjadi kenyataan. Melambungnya harga pangan dan beberapa peristiwa kelaparan yang saat ini terjadi di belahan dunia memang bukanlah kejadian yang baru, namun intensitasnya akhir-akhirini memang mebuat miris.

Melambungnya harga pangan dunia dikarenakan berbagai hal. Pertambahan jumlah penduduk yang tidak diimbangi oleh pertambahan jumlah persediaan pangan adalah salah satunya. Daerah pedesaan mengalami kekurangan resource dalam menjalankan peran sebagai supplier. Eksodus warga pedesaan menuju area kota seperti tak terbendung, menggantungkan harapan pada pertanian seperti menjadi opsi ke sekian bagi mereka.

Di latar belakangi hal tersebut lalu munculah sebuah konsep unik membawa pertanian ke perkotaan. Adalah New York magazine yang meminta empat orang arsitek untuk membuat porposal konsep pertanian vertikal, yaitu mencoba membuat daerah perkotaan lebih mandiri dengan menyulapnya menjadi daerah pertanian dan memangkas jalur bahan pangan.

4. KESIMPULAN dan SARAN

a. Kesimpulan

  1. Pada dasarnya masa akan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan begitu juga dengan system pertanian ,sehingga menimbulkan berbagai macam mekanisme pertanian dimasa yang akan datang
  2. Pelaksanaan pertanian dapat dicanangkan pada kondisi lahan yang tidak terbatas ,pertanian dapat didalam ruangan dan dimana saja tergantung bagaimana pemenuhan kebutuhan dari pertanian itu sendiri.
  3. Para pemerintah dan petani harus saling bahu membahu dalam menciptakan inovasi pertanian terbaru, sehingga dapat memudahkan kegiatan pertanian.

b. Saran

  1. Hendaknya kita dapat menjaga kelestarian alam sekalipun perkembangan zaman terus maju.
  2. Kita perlu memperhatikan dan meningkatkan sosialisasi terhadap petani secara terpadu dan intensif.
  3. Pemerintah hendaknya dapat menjadi fasilitator bagi petani.

5. DAFTAR PUSTAKA

Honeyriza,2011.Pertanian.//http:www.kaskus.us/showthread.php?t=2092121. artikel    terjemahan dari: http://www.livescience.com/7138-japan-children-love-  vegetables.html (diakses pada tanggal 16 Mei 2011).

Anonym, 2011. Pertanian Masa Depan di Dalam Ruangan .//http:www. Waladzi             kholakholakhumwebs.blogspot.com (diakses pada tanggal 16 Mei 2011).

Wikipedia, 2011. Pertanian. // http://id.wikipedia.org/wiki/Pertanian (diakses pada t       anggal 16 Mei 2011).

PROFIL AKU

bigboss


Popular Posts

SEJARAH DAN PERKEMBA

Badminton dengan Awal Sejarahnya. Hampir kalangan dewasa, tentu kenal dengan Bulu ...

ASEAN ECONOMIC COMMU

PENGERTIAN             Masyarakat Ekonomi ASEAN merupakan salah satu istilah yang sering ...

PERTANIAN MASA DEPAN

PENGERTIAN PERTANIAN MASA DEPAN Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati ...

Hello world!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Popcorn Time Apk, Ap

Era teknology telah membawa kita ke kehidupan yang lebih bermutu ...