Catatan Must-fee

Accounting Zone

Harian Kontan, 26 Mei 2011

JAKARTA. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menilai pemerintah kurang optimal menggenjot penerimaan negara dari sektor perpajakan. Pada rapat paripurna tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2012 kemarin (25/5), sejumlah Fraksi DPR ingin rasio penerimaan pajak dibandingkan produk domestik bruto (PDB) alias tax ratio tahun depan antara 14%-16%. Rasio ini lebih tinggi dibanding target pemerintah yang hanya sebesar 12,1%.
Anggota Fraksi PKB Chusnunia mengatakan, pemerintah mampu meningkatkan tax ratio hingga 14%. “Mengingat kebijakan tahun 2012 masih akan didominasi penerimaan dalam negeri khususnya dari perpajakan,” ujarnya. Senada, anggota Fraksi Gerindra Sadar Subagyo berkata, tax ratio Indonesia yang sesuai dengan standar dunia minimal 16%.
Sementara Fraksi PDI-Perjuangan menyoroti rendahnya tax ratio itu akibat banyak kasus, khususnya penyelewengan pajak. “Ini menunjukkan reformasi birokrasi belum menunjukan hasil yang diharapkan, ujar Dolfie, anggota Fraksi PDIP.
Menanggapi usulan tersebut, Direktur Jenderal Pajak Fuad Rachmany mengatakan, pihaknya akan bekerja keras agar bisa memenuhi usulan itu. “Pokoknya kami upayakan, itu kan usulan, tentunya kasih waktu kami untuk beres-beres,” ujarnya.
Peluang menambah tax ratio ada. Apalagi berdasarkan penyampaian SPT yang berakhir April lalu, wajib pajak badan tercatat masih sedikit, yaitu sekitar 500.000. “Artinya masih banyak yang belum serahkan SPT,” kata Fuad.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, menaikkan tax ratio tak mudah. Ruang untuk naik memang ada, tapi tak boleh berlebihan karena bisa mengganggu pertumbuhan ekonomi.

Categories: perpajakan

About mohammad alfian

mahasiswa akuntansi UMY yang mencoba menuliskan apa yang dia tahu, dan membaginya walau pun cuman sedikit pengetahuan Q, semoga bisa bermanfaat>>>>>>>>>

PROFIL AKU

mohammad alfian

mahasiswa akuntansi UMY yang mencoba menuliskan apa yang dia tahu, dan membaginya walau pun cuman sedikit pengetahuan Q, semoga bisa bermanfaat>>>>>>>>>


Popular Posts

Cara Memperbaiki Fla

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Di Komputer. kali ini ...

Makalah Saham

URAIAN TEORITIS 2.1 Ruang Lingkup Saham 2.1.1 Pengertian Saham Saham (stocks) adalah surat ...

Hello world!

Welcome to Blog UMY. This is your first post. Edit ...

Pembahasan pajak tun

Kontanonline.com, 1 Juni 2011 JAKARTA. Masyarakat penikmat film harap ...

Dampak Kenaikan harg

Dalam situasi ekonomi masyarakat yang sedang sulit, dan ekonomi makro ...