ekonomi

Hanya Blog UMY situs lain

Perekonomian Indonesia

Posted by 20160430083 0 Comment
  1. Tuliskan impian Anda (harapan) setelah menyelesaikan semester ini! (setidaknya 10)
  2. Jelaskan secara singkat kondisi Ekonomi Indonesia pada 2017 – 2018! Gunakan pembaruan dan True Data (jangan lupa untuk menaruh referensi)

Jawaban :

1.Harapan saya :

  1. Saya ingin menjadi mahasiswa yang bertanggung jawab
  2. Saya ingin meimplementasikan ilmu ini di masyarakat
  3. Saya ingin menjadi mahasiswa yang bisa mengkaji apa yang saya pelajari di kelas dengan lebih seksama
  4. Saya akan meningkatkan kemampuan dalam menganalisis permasalahan ekonomi terutama di Indonesia
  5. Saya ingin menjadi ahli – ahli ekonomi untuk kemajuan bangsa ini
  6. Saya ingin memajukan perekonomian bangsa ini melalui sektor pertanian karena sejatinya negara kita adalah negara agraris
  7. Saya sebagai anak Indonesia mempunyai mimpi untuk mendirikan suatu lembaga keuangan baik non bank ataupun suatu koperasi untuk membantu keuangan anak bangsa
  8. Saya ingin menjadi pengusaha yang dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain dan memiliki cabang perusahaan yang terbesar merata di berbagai wilayah Indonesia
  9. Saya ingin membuat skripsi yang baik dan bagus setelah mempelajari berbagai metode mata kuliah semester ini
  10. Saya ingin mendapatkan nilai yang bagus sesuai dengan kemampuan dan wawasan yang didapat.

 

  1. Kondisi Ekonomi Indonesia pada 2017 – 2018

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan I Tahun 2017-Triwulan I Tahun 2018 (persen)

Perekonomian Indonesia pada triwulan I tahun 2018 tumbuh sebesar 5,1 persen (YoY), sedikit lebih tinggi dibandingkan triwulan I tahun 2017. Pertumbuhan tersebut dipengaruhi oleh faktor perekonomian global yang terus tumbuh meskipun melambat serta meningkatnya harga komoditas. Dari sisi domestik, kinerja tersebut dipengaruhi oleh meningkatnya investasi, ekspor yang tetap tumbuh, serta konsumsi masyarakat yang stabil.

Dari sisi lapangan usaha, Industri Pengolahan yang merupakan sektor dengan proporsi terbesar terhadap PDB tumbuh sebesar 4,5 persen (YoY). Pertumbuhan tersebut relatif tidak berubah dari triwulan sebelumnya, namun lebih tinggi dari triwulan I tahun 2017 yang besarnya 4,3 persen (YoY). Kinerja ini dipengaruhi oleh meningkatnya kinerja beberapa industri utama. Industri Makan dan Minuman, Industri Alat Angkutan, Industri Tekstil dan Pakaian, Industri Batubara dan Pengilangan Migas.

Pada triwulan I tahun 2018, Konstruksi tumbuh sebesar 7,4 persen (YoY), lebih tinggi dibandingkan triwulan I tahun 2017 yang sebesar 6,0 persen (YoY) maupun triwulan sebelumnya yang sebesar 7,2 persen (YoY). Kinerja tersebut meningkat seiring dengan meningkatnya belanja modal pemerintah untuk konstruksi jalan, irigasi dan jaringan dibandingkan triwulan I tahun 2017. Sektor Informasi dan Komunikasi tumbuh paling tinggi diantara lapangan usaha yang lain meskipun melambat dari triwulan sebelum-sebelumnya.

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan I Tahun 2017–Triwulan I Tahun 2018 (Persen) Menurut Jenis Pengeluaran (YoY)

Dari sisi pengeluaran, Konsumsi Rumah Tangga yang menjadi sumber utama pertumbuhan ekonomi, tumbuh sebesar 4,9 persen (YoY). Kinerja tersebut relatif stabil dari triwulan I tahun sebelumnya dan sedikit lebih rendah dari triwulan IV tahun 2017 yang tumbuh sebesar 5,0 persen (YoY). Pertumbuhan ini didorong oleh investasi berupa Mesin dan Perlengkapan, Peralatan Lainnya, Kendaraan dan Produk Kekayaan Intelektual yang tumbuh lebih cepat. Investasi bangunan tumbuh sebesar 6,2 persen (YoY), lebih tinggi dari triwulan I tahun 2017 yang besarnya 5,9 persen (YoY), meskipun lebih rendah dari triwulan sebelumnya yang besarnya 6,7 persen (YoY) didorong pembangunan infrastruktur di beberapa daerah baik pembangunan baru maupun lanjutan dari pembangunan pada periode sebelumnya.

Konsumsi Pemerintah pada triwulan I tahun 2018 tumbuh sebesar 2,7 persen (YoY), relatif sama dengan triwulan I tahun 2017 dan melambat dari triwulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 3,8 persen (YoY). Kondisi ini terutama dipengaruhi oleh harga komoditas yang masih tumbuh serta perekonomian negara mitra dagang utama yang tumbuh cukup kuat.

Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Sektor Industri Triwulan I Tahun 2017 – Triwulan I Tahun 2018

Pada triwulan I tahun 2018, nilai PMDN sektor industri pengolahan mencapai Rp17,9 triliun atau menurun sebesar 34,2 persen dibandingkan triwulan I tahun 2017. Subsektor dengan nilai PMDN terbesar adalah industri makanan sebesar Rp7,3 triliun, yang diikuti dengan industri kimia serta subsektor industri logam, mesin, dan elektronik dengan nilai investasi masing-masing Rp3,2 triliun dan Rp2,9 triliun. Sementara subsektor industry barang dari kulit dan alas kaki, industri mineral non logam, dan industri kendaraan bermotor menjadi subsektor dengan peningkatan nilai PMDN terbesarpada triwulan I tahun 2018.

REFERENSI :

BADAN PUSAT STATISTIK

BAPPENAS – PERKEMBANGAN EKONOMI INDONESIA TRIWILUN 1

Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

20160430083


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Perekonomian Indones

Tuliskan impian Anda (harapan) setelah menyelesaikan semester ini! (setidaknya ...

perekonomian indones

Nama  : Mutiara Pintami Nim     : 20160430083 Perekonomian Indonesia “A” , UK ...

annotated bibliograp

ANALISIS PENGARUH, JUMLAH  UANG BEREDAR, KURS  TERHADAP  EKSPOR DI INDONESIA ...

DEVISA DALAM PERDAGANGAN INTERNASIONAL Mutiara Pintami 20160430083/ A PEREKONOMIAN INDONESIA   PENDAHULUAN Perdagangan internasional merupakan kegiatan ...