SEDERHANA MENANAM CABE DENGAN METODE HIDROPONIK

SEDERHANA MENANAM CABE DENGAN METODE HIDROPONIK

Siapa sih tidak suka makan- makanan yang pedas? Hampir semua masyarakat indonesia suka makan- makanan pedas. Ketika mereka makan- makanan yang tidak pedas mereka akan merasa ada yang kurang dari makanan tersebut. Sehingga peluang yang besar untuk kita membudidayakan tanaman cabe sebagai usaha dibidang pertanian.

Saat ini kemajuan teknologi dan banyaknya inovasi di bidang pertanian sudah berkembang pesat. Beberapa inovasi- inovasi yang dikembangkan di bidang pertanian yaitu hidroponik, aeroponik, dan aquaponik. Seiring berkurangnya lahan bertani membuat banyak orang mulai melakukan penerapan dengan inovasi- inovasi yang ditemukan pada budidaya tanaman mereka agar sumber penghasilan bahan pangan semakin bertambah dan tidak mempermasalahkan luas lahan pertanian yang semakin menyempit.

Salah satu inovasi yang banyak diminati masyarakat yaitu hidroponik. Pengertian hidroponik adalah teknik budidaya tanaman tanpa media tanam tanah (humus) tetapi lebih memanfaatkan air sebagai media tanam dan menekankan pada pemenuhan nutrisi serta vitamin yang membantu tanaman agar tumbuh. Pada metode bercocok tanam hidroponik, air yang dibutuhkan oleh tanaman sebenarnya tidak terlalu banyak dan lebih sedikit jika dibandingkan dengan tanaman yang menggunakan media tanah sebagai sumber nutrisinya.

Tanaman cabe yang ditanam dengan metode hidroponik banyak diterapkan oleh masyarakat karena perawatannya yang tidak terlalu ribet dan tergolong mudah dirawat serta tidak memerlukan lahan yang luas.

Langkah- langkah dalam menanam tanaman cabe dengan metode hidroponik yaitu:

  1. Menyiapkan benih tanaman cabe

Ketika ingin menanam cabe dengan metode hidroponik, kita perlu memilih benih ada banyak pilihan benih mulai dari benih lokal sampai benih cabe import. Sebenarnya semua cabe sama saja namun cabe rawit lebih disukai banyak orang dan tidak terlalu lama masa panennya. Pilihlah cabe yang sudah benar- benar matang agar kualitas benih bagus. Langkah selanjutnya keringkan cabe ,belah dan ambil benih cabe lalu rendam di air hangat selama 3 jam, benih cabe yang tenggelam itulah yang bagus untuk pembenihan. Perendaman dilakukan bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan kecambah.

  1. Penyemaian atau pembenihan benih cabe

Setelah perendaman, bungkus benih cabe dengan menggunakan kain basah/tisu selama seharian. Ini dimaksudkan untuk mempercepat proses berkecambahnya benih cabe. Setelah kecambah muncul kemudian kita bisa lakukan penyemaian. Tempat untuk dijadikan tempat semai bisa berupa pot atau polybag mini yang telah diberi media berupa campuran tanah antara sekam bakar, kompos, atau sabut kelapa. Tabur benih ke media semai yaitu campuran tanah antara sekam bakar, kompos, atau sabut kelapa yang anda gunakan tadi.

  1. Perawatan bibit cabe

Bila sudah ditanam di polybag selanjtnya siram dengan air namun jangan sampai menggenang. Pastikan bahwa biji benih tenggelam dan tertutupi oleh sekam bakar atau sabut kelapa. Letakkan persemaian benih cabe di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Siram setiap pagi sampai benih tumbuh dan siap ditanam.

  1. Pemindahan bibit ke media tanam

Setelah bibit cabe berumur 21-24 hari, atau bibit cabe memiliki daun sebanyak 4-5 helai. barulah dapat dipindahkan ke media tanam yang hidroponik. Hal ini dimaksudkan supaya perakaran tanaman budidaya cabe hidroponik Anda sudah cukup kuat dan tanaman cabe tidak mudah layu. Taruhlah bibit tanaman yang baru mulai tumbuh tersebut pada tempat yang teduh.

  1. Pemberian nutrisi

Kebutuhan nutrisi tanaman mencakup unsur hara N, P, K, Ca, dan Mg serta kita juga bisa menambahkan pupuk AB mix yang digunakan untuk tanaman cabe.

  1. Pemanenan tanaman cabe hidroponik

Cabai yang sudah berwarna kuning atau merah menandakan cabe tersebut sudah siap untuk dipanen, usia pemanenan biasanya membutuhkan waktu 9 minggu setelah penanaman.

Mudah bukan menanam tanaman cabe dengan metode hidroponik? Semoga bermanfaat dan silahkan dicoba dirumah 🙂

 

 

4 thoughts on “SEDERHANA MENANAM CABE DENGAN METODE HIDROPONIK

  1. Terima kasih informasinya. Ini sangat bermanfaat bagi saya, karena saya suka dengan makanan yang pedas dan ada halaman rumah yang masih kosong bisa saya manfaatkan untuk menanam cabai ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *