Nagasaon

Hanya Blog UMY situs lain

Mahasiswa UMY dan Inovasi Pencacah Serabut Kelapa; Untuk menanggapi permasalahan itu, lima mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang terdiri dari Handoko Priono (D3 Teknik Mesin), Aditya Riska Nugroho (D3 Teknik Mesin), Dimas Setyawan (D3 Teknik Mesin), Muhammad Yusri Ilyas (D3 Teknik Mesin), Laili Maulidiyah (Agroteknologi), bersama dosen pembimbingnya Rinasa Agistya Anugrah, S.Pd., M.Eng melakukan kerjasama bersama mitra bengkel Margosari Mesin melalui kegiatan Program Kegiatan Mahasiswa bidang Penerapan Teknologi (PKM-T) yang berjudul PESPA: Inovasi Pencacah Serabut Kelapa dengan Motor Listrik Bebas Polusi Sebagai Solusi Pembuatan Produk Rumah Tangga dan Pupuk Pertanian. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan inovasi pada mesin yang diproduksi Margosari Mesin demi meningkatkan kenyamanan dan efisiensi.

Kegunaan Margosari Mesin pencacah serabut kelapa itu adalah untuk membelah serabut kelapa menjadi dua bagian sehingga menghasilkan coco fiber dan cocopeat. Ketua PKM-T, Handoko Priono menjelaskan bahwa alat pencacah serabut kelapa sangat dibutuhkan bagi produsen yang memproduksi produk rumah tangga maupun pupuk pertanian, mengingat selama ini serabut kelapa hanya menjadi limbah dan kurang dimanfaatkan. “Serabut kelapa hanya menjadi limbah dan kurang dimanfaatkan oleh kebanyakan orang, padahal memiliki manfaat besar yang terkandung di dalam bagian dari pohon kelapa itu seperti halnya dijadikan sebagai pupuk,” ujar Handoko.

Dengan adanya alat PESPA, efisiensi pengunaan alat menjadi semakin besar dan mampu mengurangi beban biaya sehingga menjadi lebih murah. “Ada perbandingan besar yang mencolok antara penggunaan PESPA sebagai alat pencacah serabut kelapa dengan penggerak motor bensin. Untuk mesin yang digunakan Margosari menghasilkan pengeluaran sebanyak Rp. 2.864.160 per bulan, sementara PESPA hanya Rp. 154.669 per bulan dari segi perawatan,” imbuh ketua kelompok PKM-T itu.

Categories: UMY

PROFIL AKU

Nur Arifatun Nisa


Popular Posts

Cara Menjaga Kulit T

Sebagai seorang manusia kita diberikan tubuh yang sehat saat pertama ...

Mahasiswa Teknik Ele

Mahasiswa Teknik Elektro UMY Juara 3 Dalam Kontes Robot Indonesia; ...

Prodi PBJ UMY Adakan

Prodi PBJ UMY Adakan Seminar Penelitian Budaya Jepang Bersama ASJI ...

Mahasiswa Fakultas B

Malam Apresiasi Iptek dan Inovasi merupakan malam inagurasi pemberian penghargaan ...

Angkat Academic Cybe

Angkat Academic Cybercrime UMY Akan Wakili DIY; Arda merupakan pemenang ...