Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Pengidap Maag


Pernahkah kalian merasa lambung nyeri dan tidak nyaman ketika telat makan? Jika pernah, mungkin anda mengidap penyakit maag. Maag alias dispepsia adalah gangguan pada lambung yang disebabkan oleh peningkatan asam lambung karena berberapa faktor seperti infeksi kuman, stres, dan kebiasaan menunda makan atau telat makan. Pengidap maag dianjurkan makan secara teratur. Namun, jenis makanan yang dikonsumsi pengidap maag juga harus diperhatikan agar tidak memicu kambuh.
Berikut beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari oleh pengidap penyakit maag
1. Makanan dan minuman asam, karena dapat memicu kenaikan asam lambung.
2. Makanan pedas, karena makanan yang diolah dari cabai mengandung capsaicin sehingga dapat memperlambat kerja sistem pencernaan dan 3. meingkatkan resiko kenaikan asam lambung.
3. Minuman soda, minuman ini dapat melemahkan otot pada katup kerongkongan bagian bawah, yang kemudian membuat asam lambung naik, sehingga memicu peningkatan asam lambung
4. Minuman berkafein, karena dapat merangsang saluran pencernaan dan melemahkan otot pada katup kerongkongan bagian bawah.
5. Makanan berlemak dan digoreng, makanan yang berlemak dan digoreng mengandung banyak lemak trans sehingga dapat memperlambat pencernaan otot dan memperlambat pengosongan lambung.
6. Minuman beralkohol, karena alkohol dapat meningkatkan produksi asam lambung, melemahkan otot pada katup kerongkongan, serta berbahaya bagi lapisan lambung dan metabolisme hati.
6.Susu dan olahan susu, karena mengandung laktosa yang cenderung lebih sulit dicerna oleh tubuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar