Cara Cepat Belajar Berenang untuk Pemula


Berenang adalah jenis olahraga yang dilakukan di dalam air. Renang memiliki berbagai mancam gaya, seperti gaya bebas, gaya dada, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dll. Olahraga ini memiliki banyak manfaat seperti menguatkan otot, menambah tinggi badan, membuat tubuh rileks, bahkan baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, berenang merupakan salah satu cara untuk bertahan hidup jika terjadi kecelakaan (seperti banjir atau terjatuh ke laut / sungai / danau). Namun, masih banyak orang yang tidak bisa berenang dengan berbagai alasan. Sebelum terlambat, yuk kita simak cara cepat belajar berenang untuk pemula.
1. Persiapan alat yang diperlukan
Misalnya kacamata renang, penyumbat hidung telinga, pelampung, dll.
2. Membiasakan diri nyaman di dalam air
Cobalah berjalan di tepi kolam menuju ke bagian kolam yang lebih dalam agar terbiasa dengan daya apung air.
3. Belajar mengapung
Berpeganglah pada tepian kolam renang kemudian angkat kaki perlahan sampai posisi tubuh terlentang
4. Latihan bernafas di dalam air
Sambil berpegangan pada tepian kolam, tarik nafas kemudian masukkan wajah ke permukaan air dan hembuskan nafas sampai terbentuk gelembung di air
5. Berusaha berenang satu lintasan
Siapkan pelampung, posisikan papan pelampung di depan dengan lengan tegak lurus. Dorong badanmu menjauh dari dinding kolam dengan menjejakkan kaki. Posisikan kakimu lurus ke belakang, kemudian gerakkan dalam tendangan lembut berselang seling di dalam air (seperti menggunting). Putar kepala ke samping untuk bernapas
6. Berusaha berenang sambil mendayung tangan untuk maju
Gerakkan lengan dalam pose mendayung ke air, kemudian angkat dari dalam air dan kembalikan ke posisi semula. Ganti tangan satunya dan ulangi langkah tersebut.
7. Berusaha berenang tanpa memegang pelampung
Dorong papan pelampung di depan tetapi jangan dipegang. Kemudian mulailah gunakan tangan gerakan mendayung gaya bebas, tendang kaki dengan gerakan menendang lembut berselang-seling (scissoring), luruskan tanganmu ke depan dan bernapaslah sembari memutar kepala ke samping.
8. Mempelajari gaya dasar renang
Setelah menguasai cara belajar berenang, pelajarilah beberapa gaya dasar reanang seperti gaya dada atau gaya bebas

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar