Mengisi waktu luang dengan melatih otak

Mengisi waktu luang secara efektif dan positif banyak dilakukan dengan berbagai cara, ada yang suka dengan mengembangkan hobbynya saja tetapi juga ada yang ingin mengisinya dengan berbagai hal,saya akan memberikan sedikit informasi mengenai mengisi waktu luang dengan menyeimbangkan otak kanan dan kiri. Yang dapat kita lakukan adalah dengan bermain musik, terlihat sederhana tetapi banyak manfaat yang dapat diambil. Dalam bermain musik bukan hanya tentang menyanyi atau bermain asal-asalan tetapi ada teknik tersendiri dan berbagi macam teknik yang dapat dipelajari.Walaupun bermain musik biasanya dianggap sepele tetapi kenyataan adalah susah.Padahal ketika bermain musik secara tidak sadar bahwa kita sedang meyeimbangkan otak kanan dan otak kiri kita, misalnya ketika sedang bermain musik klasik kita harus membaca not balok berarti juga harus menghitung karena pada setiap not balok memiliki harga ketukan tetapi kita juga harus memainkan lagu dengan mengetahui lembut atau kerasnya dari nada tersebut.

Selain itu, memainkan alat musik dapat me-aktifkan hubungan saraf mata dan motorik. Sewaktu membaca not balok, mata harus melihat semua tanda not, kemudian masuk ke otak dan di proses, kemudian otak memerintahkan otot motorik pada lengan dan jari untuk memainkan musik. Tidak hanya itu, indera pendengaran harus juga aktif untuk membedakan dinamik dari lagu tersebut. Bermain musik memberikan solusi yang komprehensif bagi seimbangnya otak kiri dan kanan, bahkan me-aktifasi semua saraf (indera penglihatan, pendengaran dan motorik).Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat bagi kalian,terimakasih.

About Muhammad Naufal Nabhan 3 Articles
Perkrnalakan saya Muhammad Naufal Nabhan dari prodi Agribisnis kampus muda mendunia

5 Comments on Mengisi waktu luang dengan melatih otak

  1. Tertanya bukan hanya sekedar hiburan, bermain musik memiliki banyak manfaat, tapi gimana kalau kita tidak bisa main musik ka?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar