Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Sewa Tempat Usaha Murah?

Sewa tempat usaha murah – Saat akan merintis sebuah bisnis, Anda sebagai pelaku usaha pasti membutuhkan tempat untuk menjalankan usaha baik itu berbentuk ruko, gedung, kantor, kios, lapak, dan lain sebagainya. Memilih tempat usaha yang tepat memang tidak mudah, terdapat beberapa faktor yang perlu menjadi bahan pertimbangan sebelum akhirnya memutuskan untuk memilih tempat usaha tersebut.

Untuk menekan anggaran, Anda dapat menyewa tempat usaha daripada membelinya. Bayangkan saja berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat membeli tempat usaha. Lain halnya jika Anda menyewa tempat usaha, biaya tersebut dapat Anda alokasikan untuk keperluan lainnya. Namun sebelum menyewa tempat usaha, ada baiknya untuk memperhatikan bagaimana prosedur menyewa tempat usaha di bawah ini.

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Sewa Tempat Usaha Murah

Perjanjian Sewa Tempat Usaha

Sebelum memutuskan untuk menyewa tempat usaha, ada baiknya terlebih dahulu Anda menanyakan seluruh informasi terkait izin pendirian bangunan, sehingga Anda dapat menghindari risiko tersandung masalah di masa depan. Jika pertanyaan terkait dengan perizinan bangunan sudah terjawab, selanjutnya Anda dapat bernegosiasi harga sewa dengan pemilik.

Ketika kedua belah pihak telah sepakat, buatlah surat perjanjian sewa tempat usaha sebagai bukti kuat di mata hukum bahwa kedua belah pihak yaitu pemilik dan penyewa telah terikat dalam kontrak.

Surat perjanjian sewa tempat usaha dapat berisi identitas dari pemilik bangunan serta pihak penyewa, detail mengenai hak serta kewajiban yang harus dipenuhi oleh masing-masing pihak, jumlah harga sewa serta jangka waktu penyewaan, dan pembebanan biaya operasional seperti air, listrik, dan PBB. Tak lupa untuk membubuhkan tanda tangan dari kedua belah pihak dan juga beberapa saksi sebagai bukti legalitas.

Baca Juga Informasi Menarik Lainnya di : http://student.blog.dinus.ac.id/ngilmu/

 

Izin Gangguan

Sebelum memutuskan sewa tempat usaha murah, Anda juga perlu mengurus izin gangguan. Izin gangguan penting untuk segera diurus karena dapat dijadikan sebagai bukti legalitas keberlangsungan usaha Anda. Terlebih jika tempat usaha berada di lokasi yang cukup ramai dan mudah terdeteksi aparat, Anda tentu perlu mempersiapkan izin gangguan guna menunjukkan bahwa tempat usaha telah mendapat izin yang sah.

Sebelum membuat izin gangguan atau Hinder Ornate, Anda perlu mempersiapkan beberapa dokumen seperti fotokopi KTP pemohon, fotokopi IMB, fotokopi NPWP pemohon, bukti pembayaran PBB terakhir, surat persetujuan dari tetangga yang bisa didapatkan dari kelurahan setempat, dan surat perjanjian sewa tempat usaha.

Prosesnya memakan waktu kurang lebih satu bulan, setelah itu Anda akan mendapatkan SKRD atau Surat Ketetapan Retribusi Daerah. Masa berlaku izin tersebut adalah 3 tahun, dan nantinya dapat Anda perpanjang. Persyaratan untuk perpanjangan izin gangguan pun sama persis ketika Anda mengajukan perizinan dan surat izin gangguan.

Itulah dua hal yang perlu Anda persiapkan sebelum sewa tempat usaha murah. Setelah Anda berhasil mendapatkan izin gangguan maka bisnis Anda telah memenuhi unsur legalitas, sehingga Anda tak perlu khawatir jika sewaktu-waktu terjadi pemeriksaaan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar