Nizar

Nizar

Sumber Daya Manusia

Posted by Nizar ajah Comments Off on Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang sangat penting yang bahkan tidak dapat dipisahkan dari suatu organisasi, baik institusi maupun perusahaan. SDM juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan perusahaan. Intinya, SDM adalah orang yang bekerja di organisasi sebagai pengemudi, pemikir dan perencana untuk mencapai tujuan organisasi.

Karyawan bukan sumber daya telanjang, tetapi dalam bentuk modal atau aset untuk institusi atau organisasi. Karena itu ada konsep baru di luar H.R. (Sumber Daya Manusia) Datang, yaitu H.C. Atau modal manusia. Di sini SDM tidak sama dengan aset paling penting, tetapi asetnya berharga dan dapat dilipat, dikembangkan, dikembangkan (dibandingkan dengan portofolio investasi) dan tidak seperti kewajiban (beban, biaya). Di sini, perspektif SDM dinaikkan sebagai investasi untuk lebih banyak institusi atau organisasi.

Pemahaman SDM dapat dibagi menjadi dua, yaitu pemahaman mikro dan makro. Pemahaman HR Micro adalah individu yang bekerja dan merupakan anggota perusahaan atau institusional dan umumnya disebut sebagai karyawan, pekerja, karyawan, pekerja, pekerjaan, dll. Pemahaman Sedangkan tentang HR Makro adalah populasi negara yang telah memasuki usia tenaga kerja, kedua mereka yang belum bekerja dan mereka yang bekerja. Dengan demikian, definisi sumber daya manusia adalah satu orang yang bekerja sebagai pendorong organisasi, baik institusi dan bisnis, dan berfungsi sebagai aset yang perlu dilatih dan dikembangkan.

Kinerja Sumber Daya Manusia

SDM di organisasi atau perusahaan yang dapat dilihat dalam arti mikro dapat dibedakan dalam 2 kategori. Yang pertama adalah karyawan operasional dan eksekutif. Setiap orang memiliki perannya dalam organisasi atau perusahaan. Sumber daya manusia akan mengelola proses proses bisnis di organisasi atau perusahaan. Dengan demikian, kinerja optimal dari semua SDM yang ada diperlukan dan terlibat dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Kinerja karyawan adalah hasil kerja yang berkualitas dan kuantitas, yang dicapai oleh karyawan dengan memenuhi kewajibannya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Dan merupakan hasil dari pekerjaan yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan ketentuan yang ditentukan oleh Perusahaan. Kinerja karyawan yang baik dapat memengaruhi kepuasan kerja pada karyawan. Kepuasan kerja dapat meningkatkan peningkatan kinerja karyawan.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) sangat terkait erat dengan SDM di organisasi atau perusahaan. MSDM sendiri memiliki banyak keunggulan dan fungsi dan berguna dalam mengatur dan memperkuat SDM yang ada dan direncanakan untuk menghadiri organisasi atau perusahaan. Berikut adalah 11 fungsi MSDM:
• Berencana untuk menjadi pekerja perencanaan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, lebih efektif dan efisien.
• Organisasi, Departemen Karyawan, Pekerjaan, Delegasi Otoritas dan Koordinasi.
• Arah, arah semua karyawan untuk bekerja secara efektif dan efisien.
• Mengontrol, mengendalikan dan memantau karyawan untuk mematuhi peraturan yang ada.
• Pengadaan (pengadaan), yaitu pengunduran diri, seleksi, orientasi dan induksi karyawan sesuai kebutuhan.
• Pengembangan (Pengembangan), yaitu proses meningkatkan keterampilan Perusahaan secara umum sebagai pelatihan.
• Kompensasi (kompensasi), yaitu perhitungan dan distribusi layanan merespons adil bagi karyawan.
• Integrasi, sambungkan kepentingan karyawan dan perusahaan harus selaras dan tidak menentang.
• Pemeliharaan, yaitu proses memelihara dan meningkatkan kondisi fisik, mental dan loyalitas.
• Disiplin (Dexipline), disiplin karyawan dalam peraturan dan standar sosial ada.
• Debit (pemisahan), pembuangan organisasi atau kata lain.

Kompensasi

Kompensasi adalah segala sesuatu yang diterima oleh karyawan (dalam beberapa bentuk) sebagai replikasi untuk pekerjaan mereka. Bentuk kompensasi adalah:
• Upah atau gaji pokok adalah pembayaran yang diterima oleh karyawan setiap bulan, mingguan atau setiap jam sebagai hasil dari pekerjaan mereka.
• Insentif adalah imbalan yang ditambahkan ke upah atau gaji, dan biasanya langsung terkait dengan kinerja kerja (misalnya bonus, komisi, pembagian keuntungan, rencana harga satuan).
• Manfaatnya adalah imbalan dari karyawan sebagai hasil dari pekerjaan dan posisi mereka dalam organisasi (mis. Pembayaran liburan, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan sertifikat pensiun).

Referensi: https://www.bertani.co.id

https://fungsi.co.id

Categories: Materi Pendidikan

PROFIL AKU

Nizar ajah


Popular Posts

OLAHRAGA RENANG

A.Pengertian Berenang adalah gerakan sewaktu bergerak di air, dan biasanya tanpa ...

MASYARAKAT EKONOMI A

A. Pengertian Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Pengertian Masyarakat Ekonomi ASEAN secara ...

PERTANIAN MASA DEPAN

A. PENGERTIAN Pertanian masa depan adalah pertanian berkelanjutan, berlanjut untuk saat ...

Hello world!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia Sumber Daya Manusia (SDM) adalah salah satu faktor ...