Tanaman Hias ‘Monstera’ : Si Cantik yang Bernilai Tinggi

October 10, 2020

Tanaman Hias ‘Monstera’ : Si Cantik yang Bernilai Tinggi – Kegiatan berkebun nampaknya kini menjadi primadona oleh sebagian masyarakat selama pandemi COVID-19 ini. Menurut beberapa penelitian menunjukan bahwa menghabiskan waktu di luar, baik untuk tubuh dan pikiran. Salah satu cara terbaik untuk menghabiskan waktu di luar ruangan ya dengan berkebun ini.

Dikutip dari Healthline, studi di Amerika Serikat menemukan bahwa berkebun meningkatkan mood dan kepercayaan diri . Ketika orang menghabiskan waktu di taman, tingkat kecemasan mereka menurun dan depresi mereka berkurang.

Nah, salah satu tren berkebun dewasa ini yaitu tanaman hias, yang mana kini banyak menarik minat sebagian orang. Salah satu tanaman hias yang banyak diburu adalah jenis ‘monstera’.

Monstera adalah tanaman hias yang tergolong langka, karena tanaman ini menghasilkan lebih sedikit klorofil, sebab pada proses fotosintesisnya jauh lebih sedikit. Pada habitat aslinya tanaman ini dapat tumbuh sebagai tanaman autotrop yang tumbuh menjalar berumpun atau merambat di bawah vegetasi hutan pada intensitas cahaya rendah atau ternaungi, dan tidak menyukai cahaya matahari langsung.

Sehingga, cocok untuk tanaman hias indoor. Disamping itu,menumbuhkan monstera tidak hanya lama, namun juga butuh tingkat keterampilan tertentu.

Tanaman monstera ini terdiri dari beragam jenis. Setidaknya ada dua jenis monstera yang berbeda. Keduanya memiliki susunan genetik yang diubah atau bermutasi karena menghasilkan warna berbeda.

Yang pertama adalah Thai Constellation Monstera, tanaman ini lebih umum dan lebih mudah dirawat. Daunnya berwarna hijau dengan sedikit bercak krem atau putih.

Kemudian ada Monstera Albo, tanaman jenis ini tidak umum dan membutuhkan perawatan yang lebih sulit. Tanaman ini pun menghasilkan daun dengan bercak putih besar, dan dalam beberapa kasus daunnya setengah atau penuh dengan warna putih.

Untuk harga tanaman hias ini pun beragam, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Tetapi, ada pula beberapa pedagang tanaman hias yang menjual sampai puluhan juta rupiah. Mahalnya harga tanaman jenis ini tergantung ukuran dan jenis tertentu. Semakin langka maka tanaman ini dijual dengan harga yang lebih mahal.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar