flash info

Universitas Terbaik

Untuk pertama kalinya nih saya mengikuti lomba blog di UMY padahal ini adalah lomba blog kontes yang ke 4. Wah selama ini kemana saja yah saya.

Tapi tidak ada kata terlambat, kalau kita ada niat disitu pasti ada jalan, benar tidak ? Ya paling tidak itulah yang saya lakukan. Melihat syarat-syarat penilaian dalam blog kontes UMY kali ini saya sendiri sempat bertanya-tanya, sebab dalam hal blog saja saya masih belajar apalagi dalam hal link, halama terindeks dsb.

Untuk lomba blog kali ini ada 3 point yang menjadi penilaian, yaitu :

  • Jumlah halaman pada search engine yahoo dan bing
  • Jumlah Link pada yahoo site explorer
  • Posisi di Google dengan kata kunci ” Universitas Terbaik “

Setelah membaca tentang syarat-syarat penilaian tersebut diatas saya langsung mencari info dan pengertian bagaimana cara meningkatkan jumlah halaman, menaikan link dan bisa mendapatkan peringkat yang baik pada sebuah kata kunci / keyword.

Banyak referensi yang saya dapatkan dan pastinya dengan semakin banyak referensi saya juga semakin bertambah bingung, banyak kata-kata baru dalam dunia internet yang saya temui diantaranya : SEO, SERP, Backlink, Link, Page, pokoknya banyak dech.

Tapi kembali lagi asal kita ada niat pasti ada jalan dan terbukti blog yang baru seumur jagung ini sudah bisa masuk di halaman pertama dengan kata kunci ” Universitas Terbaik “ hal ini terjadi karena saya mempraktekan beberapa metode SEO yang menurut referensi yang saya dapat adalah SEO on Page dan SEO off Page, tapi untuk sekarang jangan ditanya apa itu SEO on Page dan off Page karena saya sendiri juga belum begitu memahami.

Nah untuk bisa menang dalam lomba blog ini menurut saya dari 3 penilaian diatas kita tidak mungkin bisa menang / memperoleh nilai tertinggi dalam setiap kategori penilaian, jadi menurut saya yang terbaik yang harus kita lakukan adalah paling tidak kita mengejar nilai dalam 2 penilaian yaitu : Jumlah Link dan Kata Kunci Universitas Terbaik. Lalu kenapa dengan penilaian jumlah halaman kita abaikan ? karena menurut saya dan saya mengamati dari berbagai blog ternyata untuk bisa mendapatkan page yang banyak dari Bing dan Yahoo itu tidak mudah, membutuhkan waktu yang lama dan harus banyak postingan.

Menurut tutorial di blog umy jumlah halaman di pengaruhi oleh jumlah artikel, okelah jumlah artikel kita banyak tapi itu belum tentu semua terindeks menjadi halaman, kok bisa ? saya ambil contoh saja dari blog-blog teman-teman yang pada lomba blog kemaren bisa mendapatkan juara 1 s.d 5 seperti blog Lintas Berita, Choirul, Rodes2008, Tutorialblogging dan Flashsite jumlah halaman mereka yang dapat terindeks oleh Yahoo adalah maksimal cuma 99. Bisa dibayangkan blog mereka yang jelas artikel / postingannya sudah banyak saja hanya bisa terindeks segitu apalagi blog kita yang baru ini ! Walaupun kita mampu membuat artikel banyak tapi kan di lomba blog kontes kali ini ada peraturan bahwa blog yang lebih dari 30 % artikel nya adalah hasil copy paste akan di diskualifikasi.