Native VLANs and 802.1Q Tagging and Voice VLAN Tagging

VLAN Asli dan Penandaan 802.1Q

 

Ditandai bingkai pada VLAN asli

Beberapa perangkat yang mendukung trunking menambahkan tanda VLAN ke lalu lintas VLAN asli. Kontrol lalu lintas yang dikirim ke VLAN asli tidak boleh ditandai. Jika port trunk 802.1Q menerima frame yang ditandai dengan VLAN ID yang sama dengan VLAN asli, ia akan menjatuhkan frame. Akibatnya, saat mengkonfigurasi port switch pada switch Cisco, konfigurasikan perangkat sehingga mereka tidak mengirim frame yang ditandai pada VLAN asli. Perangkat dari vendor lain yang mendukung tagged frame pada VLAN asli termasuk telepon IP, server, router, dan switch non-Cisco.

Tidak ditandai Bingkai pada VLAN Asli

Ketika sebuah port trunk switch Cisco menerima frame yang tidak ditandai (yang tidak biasa pada jaringan yang dirancang dengan baik), ia meneruskan frame tersebut ke VLAN asli. Jika tidak ada perangkat yang terkait dengan VLAN asli (yang tidak biasa) dan tidak ada port trunk lainnya (yang tidak biasa), maka frame tersebut terjatuh. VLAN asli asli adalah VLAN 1. Saat mengkonfigurasi port trunk 802.1Q, Port VLAN ID (PVID) default diberi nilai ID VLAN asli. Semua lalu lintas yang tidak ditandai masuk atau keluar dari port 802.1Q diteruskan berdasarkan nilai PVID. Misalnya, jika VLAN 99 dikonfigurasi sebagai VLAN asli, PVID adalah 99 dan semua lalu lintas yang tidak ditandai diteruskan ke VLAN 99. Jika VLAN asli belum dikonfigurasikan ulang, nilai PVID diatur ke VLAN 1.

Pada gambar, PC1 terhubung oleh hub ke link trunk 802.1Q. PC1 mengirimkan lalu lintas yang tidak ditandai, yang dihubungkan oleh switch dengan VLAN asli yang dikonfigurasi pada port trunk, dan maju sesuai dengan itu. Tagged traffic pada trunk yang diterima PC1 dijatuhkan. Skenario ini mencerminkan desain jaringan yang buruk karena beberapa alasan: menggunakan hub, ia memiliki host yang terhubung ke trunk link, dan ini berarti bahwa switch memiliki port akses yang ditugaskan ke VLAN asli. Ini juga menggambarkan motivasi spesifikasi IEEE 802.1Q untuk VLAN asli sebagai alat untuk menangani skenario warisan.

 

Pemberian VLAN Suara

VLAN suara yang terpisah diperlukan untuk mendukung VoIP.

Port akses yang digunakan untuk menghubungkan telepon Cisco IP dapat dikonfigurasi untuk menggunakan dua VLAN terpisah: satu VLAN untuk lalu lintas suara dan VLAN lain untuk lalu lintas data dari perangkat yang terpasang pada telepon. Hubungan antara switch dan IP phone berperan sebagai trunk untuk membawa lalu lintas VLAN baik lalu lintas maupun data lalu lintas VLAN.

Cisco IP Phone berisi switch tiga-port 10/100 terintegrasi. Port menyediakan koneksi khusus ke perangkat ini:
Port 1 terhubung ke switch atau perangkat VoIP lainnya.

Port 2 adalah antarmuka 10/100 internal yang membawa lalu lintas telepon IP.

Port 3 (port akses) terhubung ke PC atau perangkat lain.

Di saklar, akses dikonfigurasi untuk mengirim paket Cisco Discovery Protocol (CDP) yang menginstruksikan telepon IP terlampir untuk mengirim lalu lintas suara ke peralihan dengan salah satu dari tiga cara, tergantung pada jenis lalu lintas:
Dalam VLAN suara ditandai dengan nilai prioritas kelas layanan Layer 2 (CoS)

Dalam VLAN akses yang ditandai dengan nilai prioritas Layer 2 CoS

Dalam VLAN akses, untagged (tidak ada nilai prioritas Layer 2 CoS)

Pada Gambar 1, komputer siswa PC5 terpasang pada telepon IP Cisco, dan telepon dilampirkan untuk beralih S3. VLAN 150 dirancang untuk membawa lalu lintas suara, sedangkan PC5 ada di VLAN 20, yang digunakan untuk data siswa.

Konfigurasi Sampel

Gambar 2 menunjukkan contoh output. Diskusi tentang perintah Cisco IOS suara berada di luar cakupan kursus ini, namun area yang disorot dalam contoh output menunjukkan antarmuka F0 / 18 yang dikonfigurasi dengan VLAN yang dikonfigurasi untuk data (VLAN 20) dan VLAN yang dikonfigurasi untuk suara (VLAN 150) .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *