Serial Point-to-Point Overview

Serial Communications
Bentuk paling awal dari komunikasi komputer melibatkan hubungan serial antara komputer mainframe.Komunikasi serial masih merupakan metode yang banyak digunakan untuk menghubungkan dua jaringan yang biasanya jarak jauh.

  • ¬†Koneksi point-to-point digunakan untuk menghubungkan LAN ke penyedia layanan WAN, dan untuk menghubungkan segmen LAN dalam suatu jaringan perusahaan.
  • Tautan titik-ke-titik dapat menghubungkan dua situs yang secara geografis jauh, seperti kantor perusahaan di New York dan kantor regional di London.
  • Bandwidth koneksi serial dapat ditingkatkan secara bertahap untuk mengakomodasi kebutuhan transmisi yang lebih cepat.

Tautan Komunikasi Point-to-Point
Ketika koneksi khusus permanen diperlukan, tautan point-to-point digunakan untuk menyediakan jalur komunikasi WAN tunggal yang telah ditetapkan dari tempat pelanggan, melalui jaringan penyedia, ke tujuan terpencil.

DTE-DCE
Dari sudut pandang koneksi ke WAN, koneksi serial memiliki peralatan terminal data peralatan (DTE) pada salah satu ujung sambungan dan peralatan peralatan sirkuit data atau peralatan komunikasi data (DCE) di ujung lainnya. Koneksi antara dua perangkat DCE adalah jaringan transmisi penyedia layanan WAN.

Serial Bandwidth
Bandwidth mengacu pada tingkat di mana data ditransfer melalui tautan komunikasi. Teknologi pembawa yang mendasari akan menentukan berapa banyak bandwidth yang tersedia. Ada perbedaan dalam hal bandwidth antara spesifikasi Amerika Utara (T-carrier) dan sistem Eropa (E-carrier).

WAN Encapsulation Protocols

Pada setiap koneksi WAN, data dienkapsulasi menjadi frame sebelum melintasi tautan WAN. Untuk memastikan bahwa protokol yang benar digunakan.

  • HDLC – Jenis enkapsulasi default pada koneksi point-to-point, tautan khusus, dan koneksi circuitswitched ketika tautan menggunakan dua perangkat Cisco. HDLC sekarang menjadi dasar untuk PPP sinkron yang digunakan oleh banyak server untuk terhubung ke WAN, paling umum Internet.
  • PPP – Menyediakan koneksi router-ke-router dan koneksi host-ke-jaringan melalui sirkuit sinkron dan asinkron.
  • Serial Line Internet Protocol (SLIP) – Protokol standar untuk koneksi serial point-to-point menggunakan TCP / IP. SLIP sebagian besar telah digantikan oleh PPP.
  • X.25 / Link Access Procedure, Balanced (LAPB) – Standar ITU-T yang mendefinisikan bagaimana koneksi antara DTE dan DCE dipertahankan untuk akses terminal jarak jauh dan komunikasi komputer dalam jaringan data publik. X.25 menentukan LAPB, sebuah protokol lapisan data link. X.25 adalah pendahulu Frame Relay.
  • Frame Relay – Standar industri, diaktifkan, protokol lapisan data link yang menangani beberapa sirkuit virtual. Frame Relay adalah protokol generasi selanjutnya setelah X.25. Frame Relay menghilangkan beberapa proses yang memakan waktu (seperti koreksi kesalahan dan kontrol aliran) yang digunakan di X.25.
  • ATM – Standar internasional untuk relai sel di mana perangkat mengirim beberapa jenis layanan, seperti suara, video, atau data, dalam sel dengan panjang tetap (53-byte). HDLC dan PPP adalah fokus dari kursus ini. Protokol WAN lain yang terdaftar dianggap sebagai teknologi warisan atau di luar cakupan kursus ini.

HDLC Enkapsulasi
HDLC adalah protokol lapisan data tautan sinkron bit-oriented yang dikembangkan oleh International Organization for Standardization (ISO). Standar saat ini untuk HDLC adalah ISO 13239. DLC menggunakan transmisi serial sinkron untuk menyediakan komunikasi bebas-kesalahan antara dua titik. HDLC mendefinisikan struktur framing Layer 2 yang memungkinkan kontrol aliran dan kontrol kesalahan melalui penggunaan ucapan terima kasih.

Mengkonfigurasi Enkapsulasi HDLC
Jika metode enkapsulasi default telah diubah, gunakan perintah enkapsulasi hdlc dalam mode konfigurasi antarmuka untuk mengaktifkan kembali HDLC. Seperti yang ditunjukkan pada gambar, ada dua langkah untuk mengaktifkan kembali enkapsulasi HDLC: Langkah 1. Masuk ke mode konfigurasi antarmuka dari antarmuka serial. Langkah 2. Masukkan perintah enkapsulasi hdlcuntuk menentukan protokol enkapsulasi pada antarmuka.

Troubleshooting a Serial Interface
Troubleshoot PPP

1. Output debug menampilkan informasi tentang berbagai operasi router, lalu lintas terkait yang dihasilkan atau diterima oleh router, dan pesan kesalahan apa pun.

2. Debug ppp

  • Gunakan perintah ppp debug untuk menampilkan informasi tentang pengoperasian PPP.
  • Perintah yang baik untuk digunakan saat memecahkan masalah enkapsulasi antarmuka serial adalah perintah paket ppp debug.
  • Perintah negosiasi ppp debug memungkinkan administrator jaringan untuk melihat transaksi negosiasi PPP, mengidentifikasi masalah atau tahap ketika kesalahan terjadi, dan mengembangkan resolusi.
  • Perintah kesalahan debug ppp digunakan untuk menampilkan kesalahan protokol dan statistik kesalahan yang terkait dengan negosiasi dan operasi koneksi PPP.

3. Autentikasi PPP Debug

  • Selalu verifikasi konfigurasi Anda dengan perintah serial acara antarmuka, dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan tanpa otentikasi.
  • Jangan pernah menganggap konfigurasi otentikasi Anda bekerja tanpa mengujinya menggunakan perintah show yang sebelumnya tertutup .
  • Untuk debugging otentikasi PPP, gunakan perintah debug ppp authentication.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *