Cara merawat Kaktus bagi Pemula

 

 

         Kaktus adalah tanaman hias yang sangat dikenal dengan ciri khasnya sebagai tumbuhan berduri. Tanaman yang memiliki nama Ilmiah (Cactaceae) ini dapat tumbuh di daerah gurun yang panas. Tanaman Kaktus juga sangat mudah untuk dirawat,apalagi bagi pemula yang ingin menjadikan kaktus sebagai dekorasi hiasan untuk dirumah nya. Sebagai berikut cara merawat Kaktus untuk pemula.

  1. Siram Seminggu Sekali

Walaupun kaktus adalah tanaman yang hidup di Padang Pasir namun kaktus juga membutuhkan air, idealnya dalam melakukan penyiraman kepada kaktus 1 kali dalam seminggu ya, karena jika disiram terlalu sering akan membuat kaktus menjadi busuk. Penyiramannya juga jangan terlalu banyak, secukupnya saja.

  1. Cahaya yang cukup

Jika Kaktus di gunakan sebagai dekorasi indoor maka kaktus perlu di jemur setidaknya 3 hari sekali. Tetapi jika kaktus di posisikan di luar ruangan maka Kaktus tidak boleh terkena sinar matahari langsung terlalu lama

  1. Pot yang berlubang

Hampir setiap tanaman memerlukan pot yang berlubang karena pot yang berlubang dapat berfungsi agar sisa air yang kita siram tidak menggenang di dalam pot yang akhirnya membuat tanaman menjadi busuk.

  1. Media Tanam

Media Tanam untuk Kaktus ini dapat menggunakan tanah bekas pembusukan daun ( bagian atasnya saja ), sekam bakar, dan sedikit pasir. Dan jika ingin hasil yang lebih maksimal kalian bisa menggunakan Pasir Malang atau media tanam yang dijual khusus Kaktus.

  1. Mengganti Tanah

Kaktus juga seharusnya selalu mendapatkan nutrisi yang cukup dari tanah, jadi disarankan untuk mengganti tanah setidaknya 3 bulan sekali.

19 Comments on Cara merawat Kaktus bagi Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar