4 Peluang Usaha Agribisnis

 

Saat ini bidang usaha yang sangat menjanjikan terutama di Indonesia adalah Agribisnis. Karena modal yang diperlukan untuk melakoni bisnis pertanian pun tidak terlalu besar. Perlu di ingat bahwa bidang agribisnis ini tidak sekadar bercocok tanam saja di sawah, tetapi banyak pilihan yang fokus di bidang agribisnis beberapa diantaranya bahkan tak mengharuskan kita untuk memiliki lahan untuk bercocok tanam. Sebagai berikut usaha di bidang agribisnis:

  • Tanaman Hias

Selama beberapa bulan terakhir ini selama pandemi, tanaman hias ini menjadi tren di kalangan masyarakat khususnya para ibu rumah tangga yang hobby dengan mengoleksi tanaman-tanaman hias untuk mempercantik sudut rumah. Jika ingin melakoni usaha agribisnis yang satu ini, kamu perlu membekali diri dengan wawasan mengenai media tanam yang sesuai, cara merawatnya, dan metode untuk memperbanyak. Pasalnya, setiap jenis tanaman hias ini mempunyai karakter masing masing sehingga perlu perlakuan yang diberikan tidak selalu sama.

  • Bibit Tanaman

Dalam menjual bibit tanaman juga memiliki prospek yang cerah dengan melihat hobi berkebun yang banyak diminati. Selain itu kita sebagai pelaku di bidang bisnis agribisnis ini juga perlu di bekali dengan wawasan tentang cara pembibitan tanaman yang akan di jual, terutama cara pencegahan dan pengendalian hama dan penyakit. Dalam menjual bibit tanaman ini juga perlunya macam-macam bibit, mulai dari bunga, buah, hingga sayuran. Sebagai langkah awal, pilihlah jenis bibit yang mempunyai pangsa pasar luas dan berdaya stabil sehingga perputaran bisnis dapat berjalan cepat.

  • Tanaman Obat

Budidaya tanaman obat masih tidak terlalau banyak dilirik. Padahal, semakin banyak orang yang mulai melirik bahan-bahan alami dan tradisional sebagai upaya menjaga kesehatan apalagi di masa pandemi seperti ini. Sebagai contoh, beberapa komoditas tanaman obat yang populer dan banyak dicari adalah jahe, temulawak, kunyit, lempuyang, lengkuas, akar alang-alang, dan sebagainya. Selain itu kamu juga bisa menawarkan komoditas nonrimpang seperti jintan hitam, sirih cengkih, kayu manis, binahong, dan lidah buaya. Disamping hanya membudidayakannya, kamu juga dapat mengekspansi agribisnis ini ke dalam bentuk olahannya seperti jamu,ekstrak, dan sebagainya.

  • Buah dan tanaman organik

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan makanan sehat yang berdampak pada permintaan buah dan sayuran organik. Karena itu, jangan sia-siakan peluang usaha bisnis yang satu ini. Karena kita tidak perlu untuk menjadi petani langsung jika terlalu banyak batasan yang dijalani, seperti ketersediaan lahan dan modal. Sama seperti tanaman obat, kamu juga dapat mengolah sayuran dan buah organik tersebut sehingga memberi value lebih. Seperti contoh, kamu dapat menjadikan bahan-bahan tersebut manisan, snack, dan lain-lain.

16 Comments on 4 Peluang Usaha Agribisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar