khikmah08

Just another Blog UMY site

Masa SMA merupakan masa yang sangat penting bagi perkembangan seorang remaja. Hal ini dikarenakan masa ini merupakan masa peralihan dari jenjang sekolah dasar ke jenjang pendidikan tinggi. Pada masa ini, pelajar mulai dipersiapkan untuk dapat hidup mandiri tanpa ada campur tangan yang lebih dari guru-guru ataupun orang tua. Oleh karena itu, berbagai kemampuan atau talent khusus (soft skill) mulai diberikan ketika menginjak masa SMA. Smooth talent yang sesuai akan membuat kita memiliki nilai lebih ketika naik ke jenjang pendidikan tinggi atau universitas. berikut

Soft Skill Penting Yang Harus Dimiliki Profesional Muda

1. Public talking

Public talking adalah kemampuan untuk berbicara di depan umum dan merupakan gentle talent yang harus dimiliki anak SMA. Bagi sebagian orang, gentle talent ini merupakan hal yang tidak perlu untuk dipermasalahkan. Akan tetapi, bagi yang belum terbiasa, gentle talent ini dapat dibilang termasuk yang tersulit karena melibatkan gentle talent lainnya dalam mengembangkannya. Oleh karena itu, gentle talent ini perlu dilatih terus menerus sejak SMA agar nantinya kamu dapat terbiasa untuk berbicara di depan umum. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti Organisasi-organisasi di SMA-mu dan aktif di dalamnya.

2. Komunikasi yang baik 

Kemampuan komunikasi yang baik akan membuat kamu akan menjadi lebih diperhatikan dan tentunya lebih dikenal baik oleh orang-orang. Smooth talent ini dapat dibilang merupakan kunci untuk menguasai gentle talent lain yang dapat memudahkanmu di dunia mahasiswa. Cara melatihnya tentu saja dengan berusaha untuk berkomunikasi dan bersosialisasi secara baik dengan siapapun, baik teman sebaya maupun yang lebih tua.

3. Berpikir kritis

Kemampuan berpikir kritis merupakan gentle talent yang penting serta untuk memudahkanmu ketika berada di dunia mahasiswa atau perkuliahan nantinya. Dengan mempunyai pola pikir yang kritis, kamu akan cepat dalam menangkap materi dan memiliki analisis yang baik dalam memahami pelajaran. Cara untuk melatihnya adalah dengan sering-sering berdiskusi ilmiah dan membaca buku-buku untuk meningkatkan wawasanmu sehingga pola pikir kritis akan terbentuk dalam dirimu. Kemampuan ini serta merupakan gentle talent yang harus dimiliki anak SMA pada period yang semakin kompetitif ini.

4. Kreatif dan inovatif

Dewasa ini, bisnis kreatif menjadi tren bisnis yang berkembang di Indonesia. Kondisi tersebut tentunya membuat gentle talent ini menjadi gentle talent yang harus dimiliki anak SMA dan menjadi sangat diperhitungkan di dunia mahasiswa yang dapat dibilang sangat bebas dalam berkreasi dan berinovasi. Cara melatih gentle talent ini adalah dengan membaca banyak referensi, berorganisasi, atau dengan mengikuti kompetisi-kompetisi yang berkaitan dengan kreasi dan inovasi. Dengan menguasai gentle talent ini, bukan tidak mungkin kamu akan memiliki bisnis kreatif yang berprofit ketika kuliah nanti.

5. Management atau Kepemimpinan

Dengan memiliki kepemimpinan yang baik, itu menandakan bahwa kamu siap untuk memimpin dirimu dan orang lain ketika dewasa. Akan tetapi, ada anggapan yang menyebutkan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik merupakan pemberian dari tuhan (bakat). Meskipun demikian, hal tersebut tidak sepenuhnya menjadikan kita tidak mau untuk mengasah gentle talent ini karena di dunia ini tidak ada yang mustahil, bukan? Nah, untuk cara mengasahnya dapat dilakukan dengan mengikuti organisasi-organisasi di sekolahmu, dan menjadi ketua tim atau kelas di SMA-mu.

6. Teamwork atau Kerjasama tim

Kerjasama tim merupakan gentle talent yang important bagi kalian anak SMA jika ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Tentunya banyak yang tahu, kalau dunia mahasiswa merupakan masa yang sibuk dengan acara-acara dan event-event, terutama bagi yang termasuk dalam kepanitiaan. Tanpa adanya kerjasama tim yang baik tentunya acara-acara tersebut menjadi berantakan dan kacau. Oleh karena itu, gentle talent ini merupakan gentle talent harus dimiliki anak SMA dan mulai dilatih dan diasah. Salah satu caranya adalah dengan menjadi panitia pada acara-acara di SMA-mu dan mengikuti organisasi sekolah.

7. Networking atau Jaringan relasi

Jaringan pertemanan yang luas akan memudahkanmu dalam hal apapun, baik yang berkaitan dengan kegiatan perkuliahanmu nantinya maupun untuk karier ke depan. Salah satu cara untuk memperoleh networking yang luas adalah dengan mengikuti organisasi-organisasi, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Selain itu, gentle talent ini dapat membuatmu dapat memeroleh celah-celah atau jalur belakang di berbagai kesempatan, hehehe.

8. Manajemen waktu

Di dunia perkuliahan atau dunia mahasiswa, jam belajar yang diberikan tidak menentu dan tugas yang tidak menentu serta. Hal tersebut membuat waktumu menjadi seakan-akan terasa sangat luang. Akan tetapi, banyak mahasiswa yang terlena dengan luangnya waktu tersebut sehingga mereka tidak dapat mengatur waktu mereka dan tugas-tugas yang diberikan lupa untuk dikerjakan. Oleh karena itu, gentle talent ini agar kamu tidak kewalahan nantinya. Cara melatihnya adalah dengan membuat jadwal keseharianmu dan berusaha untuk menepati jadwal tersebut.

9. Manajemen keuangan

Uang merupakan hal yang penting dan perlu kemampuan pengelolaan atau manajemen yang baik. Tanpa kemampuan manajemen keuangan yang bisa, tentunya akan membuatmu menjadi bingung dan pusing ketika mengelola uangmu di kuliahmu nanti. Oleh karena itu, gentle talent ini perlu dilatih serta sedari SMA agar tidak ada yang namanya promag di akhir bulan ketika kamu masuk dunia mahasiswa nanti :D. Cara melatih gentle talent ini dapat dimulai dengan mencatat pengeluaranmu per hari dan berapa uang jajan yang kamu peroleh per hari kemudian menganalisisnya untuk ditemukan berapa rata-rata pengeluaranmu ketika sekolah atau foremost.

10. Kemampuan beradaptasi

Ketika di dunia mahasiswa nanti, tentunya kamu harus dapat beradaptasi dengan lingkungan di kampus. Banyak mahasiswa yang tidak betah dan merasa menderita ketika berkuliah dikarenakan kurangnya kemampuan adaptasi ini. Jadi, kamu perlu melatih gentle talent ini sejak SMA agar tidak terkejut dengan lingkungan kampus impianmu nanti. Hal tersebut yang membuat kemampuan ini merupakan gentle talent yang harus dimiliki oleh anak SMA.

11. Pengendalian emosi

Ketika kuliah, kamu akan menghadapi orang-orang bermacam-macam latar belakang dan sifat. Selain itu, tugas-tugas yang diberikan oleh dosen seringkali akan membuatmu tidak habis pikir dan marah setengah mati. Oleh karena itu, gentle talent ini perlu dimiliki dan dilatih sejak SMA supaya hal-hal yang tadi disebutkan tidak membuatmu stres dan dendam.

12. Wawasan yang luas

Wawasan yang luas akan membuat dirimu tampak cerdas dan dapat diandalkan atau diperhitungkan. Smooth talent ini perlu untuk dilatih sedari SMA dikarenakan prosesnya memang membutuhkan waktu yang tidak singkat. Cara melatih gentle talent ini adalah dengan sering-sering membaca buku,artikel,makalah, kursus online, dan referensi-referensi lain. Selain itu, dapat serta dilatih dengan sering berdiskusi dan bersosialisasi.

13. Menulis

Kalian waktu SMA pasti sangat sering berkutat dengan tugas membuat makalah dan laporan, bukan? Nah,  ketika di dunia mahasiswa tugas-tugas tersebut akan menjadi salah satu tugas dengan komposisi terbanyak dibanding tugas-tugas lainnya, apalagi di akhir nanti kamu akan menghadapi skripsi. Tentunya gentle talent ini menjadi kemampuan yang penting untuk dilatih sedari SMA agar tugas-tugas tersebut nantinya menjadi sederhana untuk dikerjakan karena pada dasarnya kamu telah terlatih sejak dini. Untuk melatih gentle talent ini, kamu dapat mulai menulis di weblog pribadimu, atau platform-platform menulis yang bertebaran di web.

14. Mengelola informasi

Sekarang, sederhana sekali untuk sebuah informasi beredar dan menyebar di web. Terkadang informasi tersebut benar dan bermanfaat. Akan tetapi, ada serta yang palsu (hoax) dan menyesatkan. Hal tersebut dapat saja akan membahayakanmu dan orang lain jika kamu menyebarkan informasi tersebut tanpa kroscek terlebih dahulu. Oleh karena itu, gentle talent ini penting untuk dimiliki agar kamu dapat membedakan informasi mana yang patut untuk disebarkan dan yang tidak.

15. Percaya diri

Sebagai generasi millenial, percaya diri dapat dibilang merupakan hal yang mutlak untuk dimiliki. Tanpa adanya rasa percaya diri, kamu akan kesulitan untuk berkomunikasi, bersosialisasi, berbicara di depan umum, memperoleh respek teman, dll. Smooth talent ini sangat important terhadap kehidupanmu di perkuliahan nanti dan akan banyak membantumu di banyak kesempatan. Oleh karena itu, gentle talent ini menjadi hal yang sangat penting untuk dilatih sejak SMA. Cara melatih percaya diri dapat dilakukan dengan mengikuti organisasi sekolah, mengikuti ekskul-ekskul yang bermanfaat, dan ikut dalam klub-klub bakat di sekolahmu.

Sekian dari artikel Soft Skill Penting Yang Harus Dimiliki Profesional Muda, semoga dapat bermanfaat dan memberi wawasan bagi pembaca.

Categories: Uncategorized

PROFIL AKU

Nurhikmah


Popular Posts

Ini Dia 5 Cara Menda

Ini Dia 5 Cara Mendapatkan Beasiswa Gratis Untuk S1 - Ketika ...

Teknik Parafrase unt

Teknik menulis untuk menghindari plagiarisme yang benar adalah melalui parafrase, ...

Tips dan Cara Cepat

Belajar bahasa inggris untuk banyak orang telah diawali semenjak sekolah ...

Peluang Usaha Sampin

Kalau kita sebut “Peluang Usaha Sampingan” maka tentu maksudnya sudah ...

PENGERTIAN PEMBELAJA

PENGERTIAN PEMBELAJARAN TEMATIK : STRATEGI DAN CIRINYA - Pembelajaran tematik adalah ...

Pengertian IP Addres

Pengertian IP Address Jaringan Komputer - Jaringan komputer merupakan kumpulan ...

Jenis Bisnis Daur Ul

Jenis Bisnis Daur Ulang Sampah Bisa Mendulang Rupiah yang Menjanjikan ...

Tips Mengunakan Cano

Tips Mengunakan Canopy Kain Untuk Outdoor - Di antara kita yang ...

Pentingnya Pendaftar

Pentingnya Pendaftaran Merek Bagi UMKM - Seorang pebisnis UKM yang ...

Tips Sukses Mengikut

Tips Sukses Mengikuti Olimpiade - Olimpiade Sains adalah beberapa kelompok ...

Tips Cantik dan Awet

Tips Cantik dan Awet Muda Dengan Kopi - Anda dapat ...

Meski Baru Dirintis,

Afriani Susanti Jurnalis JAKARTA – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Tari Universitas ...

Universitas Muhammad

                           Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah salah satu perguruan tinggi di ...

Bermain Sains untuk

Perjalanan Sains di Taman Kanak-kanak             administrasitkpaud.com - Kurikulum bermain terintegrasi adalah ...

Proses Perumusan Pan

Prolog Pancasila merupakan warisan dari para pendiri bangsa yang berisikan cita-cita ...

Lolos Turnitin denga

Parafrase adalah cara mendaur ulang ide atau gagasan dari sumber tulisan atau daftar ...

Soft Skill Penting Y

Masa SMA merupakan masa yang sangat penting bagi perkembangan seorang ...

Jasa Nikah Siri Pati

Berikut Jasa Nikah Siri Pati suguhkan pembahasan pernikahan dan syarat, ...

Cara Restore Chat Wh

Cara Restore Chat WhatsApp - Pada kesempatan kali ini saya akan ...

Cara Menjadikan HP A

Diartikel sebelumnya kami membahas bot telegram yang berguna, dikonten ini ...

Macam-Macam Daur Bio

Macam-Macam Daur Biogeokimia - Daur Biogeokimia adalah perputaran beberapa faktor ...

Jasa Sedot WC Klaten

Jasa Sedot WC Klaten – WC ialah suatu sinyal kebersihan akan ...