- Perjalanan Sains di Taman Kanak-kanak
administrasitkpaud.com – Kurikulum bermain terintegrasi adalah dasar untuk program ilmu pengetahuan sesuai dengan tahapan perkembangan untuk anak-anak. Sebagai anak-anak bermain, mereka terlibat dalam banyak hal yang ilmuwan akan mengidentifikasi sebagai “belajar tentang ilmu pengetahuan”. Jika ilmuwa sains melakukan perjalanan program kamu, apa yang akan mereka temukan? Ini adalah apa yang terjadi ketika beberapa professor ilmu melakukan program TK setempat. Marilyn adalah seorang ahli biologi, Bob adalah ahli kimia, dan Toni adalah fisikawan. Meskipun mereka melakukan mengamati ini di kelas TK tertentu, mereka dapat membuat pengamatan serupa saat mengunjungi prasekolah bermain berpusat lainnya, atau program utama.
- Sains Dalam Kurikulum Anak Usia Dini yang Terintegrasi
Imuwan mengunjungi dan diamati sebagai Soshi, Jerry, Alicia, dan anak-anak lain mengikuti kepentingan mereka sendiri melalui permainan anak. Pada kenyataannya, dalam beberapa kegiatan mereka, kita melihat rasa ingin tahutentang konsep yang tonggak dalam evolusi ilmu iu sendiri: hukum mengambang dan jarak dan kecepatan, dan fisika dari sudut. Kepentingan ini dan kegiatan mereka merangsang umum di kalangan anak-anak. Bagaimana dapat pengamatan kami menarik anak-anak seperti yang diungkapkan melalui bermain membawa kita pada informasi dari kurikulum sains yang seimbang?
- Tujuan Pendidikan Sains Anak Usia Dini
Jika kita menganalisis sifat ilmu, kita mengakui bahwa pusat untuk semua penyelidikan ilmiah dan penemuan adalah di posisi penting seperti rasa ingin tahu, mengendalikan diri untuk bereksperimen, dan keinginan untuk secara kritis menilai vadilitas dari jawaban.
Tujuan mendasar dari pendidikan sains adalah untuk mengembangkan invidu agar melihat sendiri serta mampu pakai aspek-aspek elementary dalam memecahkan masalah yang dihadapinya. Jadi fokus program pengembangan pembelajaran bermain sains anak paud hendaklah ditujukan untuk memupuk pemahaman, minat dan penghargaan anak didik terhadap dunia dimana mereka hidup.
Pada hal-hal diatas secara umum menyampaikan bahwa pengembangan pembelajaran sains anak usia dini hendaklah di tujukan untuk merealisasikan empat hal yaitu:
- Pengembangan, pembelajaran sains pada anak usia dini ditunjukan agar anak-anak memiliki kemampuan memecahkan masalah yang dihadapinya melalui penggunaan metode sains, sehingga anak-anak terbantu dan menjadi terampil dalam menyelesaikan berbagai hal yang dihadapinya.
- Pengembangan, pembelajaran sains pada anak usia dini ditunjukan agar anak-anak memiliki sikap-sikap yang ilmiah. Misalkan tidak cepat-cepat dalam mengambil keputusan, dapat melihat segal sesuatu dari berbagai susdut pandang. Berhati-hati terhadap informasi-informasi yang diterimanya serta bersifat.
- Pengembangan, pembelajaran sains pada anak usia dini ditunjukan agar anak-anak mendapatkan pengetahuan dan informasi ilmiah (yang lebih dipercaya dan baik)
- Pengembangan, pembelajaran sains pada anak usia dini ditunjukan agar anak-anak menjadi lebih berminat dan tertarik untuk menghayati sains yang berbeda dan ditemukan di lingkungan dan alam sekitarnya.