khikmah08

Just another Blog UMY site

Sejarah Penjajahan di Papua Barat – New Guinea adalah pulau paling besar ke-2 di dunia sesudah Greenland di mana dihuni pertamanya kali oleh ras Negroid Melanesia Saat sebelum Kristus lahir dan terpisah dari dataran Australia semenjak 5000 tahun lalu karena pencairan es di Kutub, hingga mereka ialah Warga Asli pemilik pulau ini.

Pribumi dari Melanesia menempati pulau New Guine sampai di pulau Halmahera dan pulau Aru setelah Masehi pada era ke-4, Cina ialah Pendatang pertama yang menempati Papua Barat pada era ke-4 (anggap Era keempat) selanjutnya dituruti oleh Islam dari Bahgdad, Irak di tahun 846 ( Era kedelapan) sesudah Masehi. Pendatang paling akhir ialah dari Belanda dan Inggris terhitung Indonesia semenjak era ke-18 sampai Era ke-19.

Walau Indonesia mengakui jika Kerajaan Majapahit dari Jawa yang dibangun pada Era keduabelas sudah tempati Papua Barat tetapi tidak ada tapak jejak dari Majapahit yang bisa kita dapatkan di Papua Barat, terkecuali tapak jejak Cina, Arab, Belanda dan Inggris dan pada waktu itu masih terkuasai Kesultanan Tidore yang disebut keluarga dari Kesultanan Tidore. Bahasa Melayu di Papua Barat berawal dari Kesultanan Tidore dan Kesultanan Bacan, tiba dari beberapa orang Indonesia yang dibawa oleh Belanda selanjutnya pada akhirnya warga Papua bisa bicara Melayu sesudah Indonesia menempati daerah Papua Barat selanjutnya memaksakan seluruh orang Papua untuk hentikan bicara memakai bahasa suku di tempat.

Kesultanan Tidore di pulau Halmahera mengakui jika Papua Barat selaku daerah mereka di mana itu disebutkan Uli Siwa yang meliputi Pulau Horor, Pulau Buru, Pulau Halmahera Selatan dan Kepulauan Aru. Tidore cuman akui tetapi tidak ada Kantor Pemerintahan bekerja di West New Guinea, terkecuali Kesultanan Bacan yang menunjuk beberapa warga di tempat di pulau-pulau Raja Ampat di Pulau Waigeo, Batanta, Salawati dan Misol. Mereka disebutkan Papah Uwah atau dengan bahasa Arab yakni Papua atau Babuu (budak) sebab Kesultanan Tidore tiba ke West New Guinea cuman untuk melarikan beberapa anak untuk bikin mereka selaku budak atau Papua.

Di tahun 1526 – 1527, Portugis Jorge de Menezes ialah orang Eropa pertama yang memijakkan kaki di pulau Biak hingga memberikan nama pulau Ilhas dos Papuas atau Pulau Papua. Seterusnya di tahun 1528 Hernan Cortez, dia ialah Penakluk Spanyol di Meksiko yang kirim Alvaro de Saavedra Ceron untuk mengeluarkan pos pertahanan Spanyol di Tidore. Ia stop dan tinggal di Daerah Samber, Pulau Biak sepanjang sebulan, dan memberikan nama dari bahasa Spanyol Isla de Oro atau Pulau Emas sebab menyaksikan banyak emas di pesisir utara pulau Papua Barat. Selanjutnya di tahun 1537 Hernan Cortez kirim Hernan Grijalva untuk cari pulau Emas yang pada akhirnya kecelakaan kapal mereka di Pom ANZUS dan terserang di Teluk Saireri oleh Warga Asli Papua, mereka diamankan hingga diperbudak oleh orang asli Papua. Masalah ini dibayar lebih satu tahun oleh Gubernur Portugis di Ternate.

Kehadiran orang Eropa selanjutnya pada 24 Juni 1545, yakni San Juan yang diperintah oleh Ynigo Ortiz de Retes, dia ialah kapten Spanyol yang berbasiskan di Meksiko untuk melaut di pantai Utara untuk menanam bendera Spanyol di muara sungai Mamberamo dan mengatakan itu ialah wilayah kekuasaan Spanyol Raya hingga memberikan nama Nueva Guinea atau New Guinea sebab warga asli yang serupa dengan warga asli Guinea di Benua Afrika. Pada akhirnya, pulau ini mulai dimasukkan pada dalam Dunia pada 1569 hingga pada 1581 Migel Rojo de Brito berkunjung pulau-pulau Raja Ampat, Teluk Bintuni, dan Horor Utara untuk cari pulau emas itu. Penskalaan pulau Emas jadi cikal akan dari penaklukan beberapa negara Eropa dan Indonesia.

Pada akhirnya, di tahun 1605 Belanda East India Company, VOC kirim ekspedisi ke pulau Maluku dan Papua. Di tahun 1623, Jan Cartenz melaut di sejauh pantai barat laut dan mendapati satu gunung yang tinggi yang tertutupi dengan salju selanjutnya memberikan laporan tapi diejek dan tidak dipercayai oleh beberapa orang Eropa.

Tidak ada yang yakin jika mustahil ada salju di seputar garis Khatulistiwa 4 derajat Lintang Selatan. Di tahun 1660 persetujuan di antara Perusahaan Hindia Belanda, VOC dan Kesultanan Tidore di mana VOC mengaku kedaulatan Kesultanan ke pulau-pulau Papua pada umumnya, tetapi pada jalinan sekutu intern yang larang seluruh negara Eropa ke daerah itu, terkecuali Belanda. Di tahun 1678 Kapten Johannes Keyts memakai tiga kapal melaut ke Teluk Arguni Onin untuk berkunjung dan menanam bendera VOC di Fatagar dan Kilbati. Ini terang jika daerah ini masih di bawah kekuasaan Kesultanan Tidore, bukan Kerajaan Majapahit dari Jawa.

Pulau ini dipisah oleh Kolonialis dari Inggris, Jerman dan Belanda jadi tiga sisi lewat Kesepakatan London pada 24 Agustus, 1828. Jerman memberikan nama Jerman Nugini, Inggris memberikan nama British Papua dan Belanda memberikan nama Belanda Nugini. Sesudah Perang Dunia satu di 11 November 1918 Inggris menggantikan daerah Jerman di Jerman Nugini dan mereka menamai Papua Nugini (Saat ini mandiri jadi Papua Nugini tetapi masih di bawah Persemakmuran Inggris Territoriy).

sumber: Free west papua

Categories: Uncategorized

PROFIL AKU

Nurhikmah


Popular Posts

Ini Dia 5 Cara Menda

Ini Dia 5 Cara Mendapatkan Beasiswa Gratis Untuk S1 - Ketika ...

Teknik Parafrase unt

Teknik menulis untuk menghindari plagiarisme yang benar adalah melalui parafrase, ...

Tips dan Cara Cepat

Belajar bahasa inggris untuk banyak orang telah diawali semenjak sekolah ...

Peluang Usaha Sampin

Kalau kita sebut “Peluang Usaha Sampingan” maka tentu maksudnya sudah ...

PENGERTIAN PEMBELAJA

PENGERTIAN PEMBELAJARAN TEMATIK : STRATEGI DAN CIRINYA - Pembelajaran tematik adalah ...

Pengertian IP Addres

Pengertian IP Address Jaringan Komputer - Jaringan komputer merupakan kumpulan ...

Jenis Bisnis Daur Ul

Jenis Bisnis Daur Ulang Sampah Bisa Mendulang Rupiah yang Menjanjikan ...

Tips Mengunakan Cano

Tips Mengunakan Canopy Kain Untuk Outdoor - Di antara kita yang ...

Pentingnya Pendaftar

Pentingnya Pendaftaran Merek Bagi UMKM - Seorang pebisnis UKM yang ...

Tips Sukses Mengikut

Tips Sukses Mengikuti Olimpiade - Olimpiade Sains adalah beberapa kelompok ...

Tips Cantik dan Awet

Tips Cantik dan Awet Muda Dengan Kopi - Anda dapat ...

Meski Baru Dirintis,

Afriani Susanti Jurnalis JAKARTA – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Tari Universitas ...

Universitas Muhammad

                           Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah salah satu perguruan tinggi di ...

Bermain Sains untuk

Perjalanan Sains di Taman Kanak-kanak             administrasitkpaud.com - Kurikulum bermain terintegrasi adalah ...

Proses Perumusan Pan

Prolog Pancasila merupakan warisan dari para pendiri bangsa yang berisikan cita-cita ...

Lolos Turnitin denga

Parafrase adalah cara mendaur ulang ide atau gagasan dari sumber tulisan atau daftar ...

Soft Skill Penting Y

Masa SMA merupakan masa yang sangat penting bagi perkembangan seorang ...

Jasa Nikah Siri Pati

Berikut Jasa Nikah Siri Pati suguhkan pembahasan pernikahan dan syarat, ...

Cara Restore Chat Wh

Cara Restore Chat WhatsApp - Pada kesempatan kali ini saya akan ...

Cara Menjadikan HP A

Diartikel sebelumnya kami membahas bot telegram yang berguna, dikonten ini ...

Macam-Macam Daur Bio

Macam-Macam Daur Biogeokimia - Daur Biogeokimia adalah perputaran beberapa faktor ...

Jasa Sedot WC Klaten

Jasa Sedot WC Klaten – WC ialah suatu sinyal kebersihan akan ...