khikmah08

Just another Blog UMY site

Teknik menulis untuk menghindari plagiarisme yang benar adalah melalui parafrase, menyusun kesimpulan dan meringkas. Pada pembahasan berikut ini akan dijelaskan penggunaan teknik memparafrase kalimat dan paragraf supaya terhindar dari plagiat. Syarat lolos cek turnitin atau lulus uji similarity dari program pendeteksi plagiasi sudah umum digunakan oleh berbagai universitas, seperti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Airlangga (UNAIR) dan kampus lainnya pada masing-masing provinsi.

 

Apa yang dimaksud dengan Parafrase?

Parafrase adalah teknik menulis dengan mengolah ide atau gagasan dari tulisan asli. Cara penulisan seperti ini meliputi dua jenis teknik penulisan yaitu parafrase untuk karya tulis narasi, berita atau opini dan parafrase untuk karya tulis ilmiah.

Perbedaan teknik mengubah struktur kalimat tersebut disebabkan oleh pola dan pedoman penulisan yang digunakan dari masing-masing jenis karya tulis. Karya tulis berjenis deskripsi yang membahas suatu tema dan pendapat seseorang dapat dilakukan pengolahan kata dan kalimat secara masif sehingga benar-benar menghasilkan tulisan yang baru (unik seratus persen).

Namun, untuk melakukan teknik parafrase terhadap karya tulis ilmiah tidak bisa dilakukan secara menyeluruh karena terdapat unsur atau bagian seperti variabel penelitian, permasalahan yang ditemukan dalam penelitian, rumus atau formulasi yang digunakan pada penelitian kuantitatif bahkan dokukmen legal seperti Undang-Undang dan dokumen legal pada penelitian kualitatif.

Khusus karya tulis ilmiah seperti jurnal penelitian, tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, sudah ada ketentuan standar lolos cek turnitin dari sepuluh persen, lima belas persen, dua puluh persen, atau sesuai kebijakan kampus masing-masing. Standarisasi yang diterapkan sudah sesuai analisis kebutuhan setiap fakultas, jurusan dan program studi. Seperti contoh parameter yang digunakan “exclude bibiliografi”, maka bagian karya tulis ilmiah yang hanya dilakukan pengecekan plagiat adalah dari bab satu sampai dengan bab lima saja, tidak sampai bagian daftar pustaka. Meskipun kebijakan atau aturan tersebut terlihat mudah, penulis harus patuh terhadap standar kelulusan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Dengan demikian seorang peneliti yang akan menulis karya ilmiah, sejak awal harus memperhatikan originalitas tulisan yang nantinya akan dipublikasikan atau di repositori. Keunikan karya tulis merupakan suatu hal yang wajib di dunia akademik, karena hal ini sebagai aturan baku seluruh universitas yang melarang tindakan meniru karya tulis secara utuh. Oleh karena itu, melalui teknik parafrase akan dapat menurunkan tingkat plagiarisme penulisan.

Parafrase Pendekatan Kuantitatif

Karya tulis ilmiah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif diketahui dari data yang didapatkan berupa angka-angka, indikator penelitian yang bisa dihitung atau diukur berdasarkan parameter tertentu. Apakah angka dan indikator yang diukur menggunakan parameter dapat di parafrase? Khususnya pada bagian statistik, tentu saja bisa dengan kaidah yang baku atau tidak mengubah makna dan struktur sebelumnya.

Rumus di dalam penelitian kuantitatif juga tidak dapat diparafrase, hanya bagian kalimat pengantar saja yang dapat diparafrase. Sehingga penulisan karya tulis ilmiah sudah ditetapkan tingkat kelulusan uji plagiasinya tidak ada yang nol persen. Karena pasti ada bagian yang tidak bisa diubah dengan teknik ini.

Parafrase pendekatan Kualitatif

Karya tulis ilmiah dengan menggunakan pendekatan kualitatif, diketahui dari analisis dekriptif dan penjelasan pembahasan secara naratif dan sistematis. Namun penelitian kualitatif dengan mencantumkan sumber legal atau resmi harus diminimalkan, karena sumber legal berdasarkan sumber aslinya tidak mungkin dilakukan parafrase. Contohnya adalah Pasal dan Undang-Undang, Dokumen Peraturan Pemerintah, Pemerintah Daerah, AD/ART Organisasi, Dokumen Kenotariatan, dan lain sebagainya.

Di bawah ini Khairpedia memberikan beberapa contoh kalimat dan paragraf yang diubah dengan teknik parafrase dari beberapa disiplin ilmu :

Contoh Kalimat Parafrase Ilmu Kedokteran dan Kesehatan

Sebelum parafrase :

Produksi protein rekombinan dalam sistem prokariota telah banyak dilakukan dan memberikan perkembangan yang besar dalam bidang bioteknologi. Protein rekombinan merupakan bentuk manipulasi protein yang dihasilkan dalam berbagai cara untuk menghasilkan sejumlah besar protein melalui perantasa khusus yang dikenal sebagai vektor.

Sesudah parafrase menjadi :

Sistem prokariota sudah seringkali dilakukan untuk memproduksi protein rekombinan dan memberi perkembangan pesat pada bidang bioteknologi. Manipulasi protein membentuk protein rekombinan yang diproduksi pada bermacam cara dalam menghasilkan banyak protein dengan perantara khusus disebut sebagai vektor.

Contoh Kalimat Parafrase Ilmu Hukum Perdata

Sebelum parafrase :

Atas dasar hasil penelitian mengenai isi perjanjian dapat dilihat bahwa jika dalam pelaksanaan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) rumah ini terjadi pembatalan oleh konsumen, maka developer akan mengenakan penalty sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. PT Khairpedia mengenakan potongan administrasi sebesar Rp 5.000.000,- jika konsumen membatalkan perjanjian secara sepihak.

Sesudah parafrase menjadi :

Berdasarkan hasil penelitian tentang isi perjanjian, diketahui apabila saat pelaksanaan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) unit rumah dibatalkan konsumen secara sepihak, sehingga developer dapat memberikan penalty berdasarkan kesepakatan perjanjian. Potongan administrasi oleh PT Khairpedia sejumlah Rp 5.000.000,- apabila perjanjian dibatalkan oleh konsumen.

Contoh Kalimat Parafrase Ilmu Bisnis, Manajemen dan Ekonomi

Sebelum parafrase :

Keunggulan produk sebagai salah satu faktor pembentuk Brand Image, dimana produk tersebut unggul dalam persaingan. Keunggulan kualitas (model dan kenyamanan) dan ciri khas itulah yang menyebabkan suatu produk mempunyai daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Sesudah parafrase menjadi :

Faktor pembentuk Brand Image salah satunya ialah keunggulan suatu produk, adapun produk tersebut memiliki keunggulan dengan kompetitor. Produk yang memiliki ciri khas dan kualitas yang unggul (kenyamanan dan model) itulah menjadi penyebab produk tertentu memiliki daya tarik terhadap konsumen.

Contoh Kalimat Parafrase Bahasa Inggris

Sebelum parafrase :

In Table 3 present the descriptive statistics and inter-construct correlation matrix for the variables examined in this study. To analyze the relationship between the variables, we relied on the full-information Structural Equation Modeling (SEM) approach, the method make it possible to control for measurement error and to provide information on the level of fit of the models tested. The requires estimation of a full mediation model as a baseline model.

Sesudah parafrase menjadi :                      

In Table 3 present a correlation matrix between construction and descriptive statistics. Used complete information structure equation model to analyze betwen variables, where this model can provide information on the level of incompaticity of the model tested and measure errors. The basic model is published to estimate the full mediation model.

Contoh Kalimat Parafrase Ilmu Pendidikan dan Keguruan

Sebelum parafrase :

Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah motivasi belajar. Motivasi yang tinggi terlihat dari kapasitas dalam mengambil resiko, kemampuan belajar, menjawab pertanyaan serta kesediaan untuk bertanggung jawab. Seandainya siswa tersebut tidak memiliki motivasi atau dorongan yang kuat dalam diri siswa, maka siswa tersebut tidak mendapatkan prestasi belajar yang baik.

Sesudah parafrase menjadi :                      

Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor motivasi belajar. Tingginya motivasi belajar siswa dapat dilihat dari kapabilitas resiko yang diambil, kemampuan belajar, menjawab pertanyaan dan kemauan bertanggung jawab. Apabila siswa tidak mempunyai dorongan atau motivasi tinggi dalam diri sendiri sehingga siswa tidak akan memperoleh prestasi belajar yang baik.

Masih banyak lagi contoh dan latihan yang bisa diterapkan dalam mengubah struktur kalimat dan paragraf dari berbagai disiplin ilmu, seperti Teknik Sipil, Olahraga, Teknik Industri, Sastra, Perbankan Syari’ah, Sosial Politik, Hukum Pidana, Tata Negara, Kelautan dan Perikanan, Informatika, dan lainnya berdasarkan jurusan dan program studi yang terdapat di Universitas atau Peguruan Tinggi.

Meskipun teknik parafrase tersebut merupakan faktor penting untuk mengubah struktur kalimat supaya terhindar dari plagiasi, faktor lain yang sangat mendesak adalah tenggat waktu atau deadline yang diberikan oleh institusi atau lembaga. Mahasiswa atau penulis seharusnya sejak awal menulis harus memperhatikan tingkat similarity atau tingkat plagiasi karya tulisnya. Hal tersebut bertujuan supaya ketika dilakukan pengecekan, tidak terlalu jauh dari standar yang sudah ditentukan. Bahkan yang diharapkan sekali pengecekan langsung lolos cek turnitin atau terhindar dari plagiarisme.

Categories: Uncategorized

PROFIL AKU

Nurhikmah


Popular Posts

Ini Dia 5 Cara Menda

Ini Dia 5 Cara Mendapatkan Beasiswa Gratis Untuk S1 - Ketika ...

Teknik Parafrase unt

Teknik menulis untuk menghindari plagiarisme yang benar adalah melalui parafrase, ...

Tips dan Cara Cepat

Belajar bahasa inggris untuk banyak orang telah diawali semenjak sekolah ...

Peluang Usaha Sampin

Kalau kita sebut “Peluang Usaha Sampingan” maka tentu maksudnya sudah ...

PENGERTIAN PEMBELAJA

PENGERTIAN PEMBELAJARAN TEMATIK : STRATEGI DAN CIRINYA - Pembelajaran tematik adalah ...

Pengertian IP Addres

Pengertian IP Address Jaringan Komputer - Jaringan komputer merupakan kumpulan ...

Jenis Bisnis Daur Ul

Jenis Bisnis Daur Ulang Sampah Bisa Mendulang Rupiah yang Menjanjikan ...

Tips Mengunakan Cano

Tips Mengunakan Canopy Kain Untuk Outdoor - Di antara kita yang ...

Pentingnya Pendaftar

Pentingnya Pendaftaran Merek Bagi UMKM - Seorang pebisnis UKM yang ...

Tips Sukses Mengikut

Tips Sukses Mengikuti Olimpiade - Olimpiade Sains adalah beberapa kelompok ...

Tips Cantik dan Awet

Tips Cantik dan Awet Muda Dengan Kopi - Anda dapat ...

Meski Baru Dirintis,

Afriani Susanti Jurnalis JAKARTA – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Tari Universitas ...

Universitas Muhammad

                           Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah salah satu perguruan tinggi di ...

Bermain Sains untuk

Perjalanan Sains di Taman Kanak-kanak             administrasitkpaud.com - Kurikulum bermain terintegrasi adalah ...

Proses Perumusan Pan

Prolog Pancasila merupakan warisan dari para pendiri bangsa yang berisikan cita-cita ...

Lolos Turnitin denga

Parafrase adalah cara mendaur ulang ide atau gagasan dari sumber tulisan atau daftar ...

Soft Skill Penting Y

Masa SMA merupakan masa yang sangat penting bagi perkembangan seorang ...

Jasa Nikah Siri Pati

Berikut Jasa Nikah Siri Pati suguhkan pembahasan pernikahan dan syarat, ...

Cara Restore Chat Wh

Cara Restore Chat WhatsApp - Pada kesempatan kali ini saya akan ...

Cara Menjadikan HP A

Diartikel sebelumnya kami membahas bot telegram yang berguna, dikonten ini ...

Macam-Macam Daur Bio

Macam-Macam Daur Biogeokimia - Daur Biogeokimia adalah perputaran beberapa faktor ...

Jasa Sedot WC Klaten

Jasa Sedot WC Klaten – WC ialah suatu sinyal kebersihan akan ...