activities31

Hanya Blog UMY situs lain

Furniture Jepara merupakan salah satu furniture yang paling banyak penggemarnya di Indonesia, dan salah satu yang paling populer. Salah satu penyebabnya adalah furniture ini memiliki ukiran yang khas, dan tentunya menambah keindahan dari furniturenya. Adapun beberapa jenis ukiran yang dimiliki oleh furniture ini diantaranya adalah.

1. Ukiran Makara

Pertama adalah ukiran yang terbilang sangat unik karena ukiran menggabungkan dua agama sekaligus yaitu Islam dan juga Hindu. Makara sendiri merupakan makhluk mitologi dari agama Hindu dan merupakan gabungan dari dua hewan. Konon katanya makara ini merupakan kendaraan yang sering dipakai oleh para dewa dewi seperti Dewi Gangga, dan Dewa Baruna.

2. Motif Ukiran Naga

Sepertinya motif ukiran yang satu ini merupakan motif yang paling terkenal, dan paling mudah ditemukan di Indonesia. Karena memang motif ini memiliki bentuk yang tegas yaitu berupa naga yang mewah, dengan ukiran cantik yang berada disekililingnya. Naga sendiri merupakan makhluk mitologi yang dipercaya sebagai hewan penguasa dengan segala kehebatan yang dimilikinya.

3. Motif Gunungan

Dalam motif ini ada juga motif daun, serta motif tumbuhan lainnya yang biasanya banyak tumbuh di daerah sekitar pegunungan. Salah satu contoh motif yang paling banyak digunakan adalah motif dengan bentuk seperti daun yang lancip dan tumbuh ke atas, seperti layaknya daun pandan. Biasanya motif ini paling banyak ditemukan di Masjid di daerah Mantingan.

4. Ukiran Burung

Salah satu motif yang juga paling banyak ditemukan, dan paling banyak digunakan bahkan motif burung yang satu ini terdapat di meja tempat jahitan RA Kartini. Motif ini pernah digunakan pada ajang pameran Internasional pada tahun 1898, dan menjadi awal mula dikenalnya seni ukiran Jepara yang ada di Indonesia kepada dunia internasional.

5. Kaligrafi

Terakhir adalah ukiran yang juga paling banyak digunakan pada mebel Jepara yakni ukiran berbentuk kaligrafi. Yaitu ukuran yang di dalamnya terdapat ayat-ayat suci al quran dengan penulisan yang dibuat indah dan bergaya. Biasanya paling sering digunakan di masjid, ataupun untuk pajangan dinding.

Itulah tadi beberapa jenis ukiran Jepara yang paling banyak digunakan untuk furniture Jepara. Jadi tidak heran mengapa furniture ini sangat terkenal karena memang furniture yang satu ini memiliki motif yang sangat cantik.

Categories: Tak Berkategori

About nur syifa urrahmah

Mahasiswi FPB , prodi PBI UMY 2017.

PROFIL AKU

nur syifa urrahmah

Mahasiswi FPB , prodi PBI UMY 2017.


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Jenis Ukiran yang Di

Furniture Jepara merupakan salah satu furniture yang paling banyak penggemarnya ...