8 Metode Untuk Mendorong Kreativitas Anak

Anak-anak adalah peneliti alami dengan imajinasi yang kuat. Kreasi, yang keliru satu pilarnya ialah imajinasi, memberi banyak faedah cendekiawan, emosional, serta kesehatan pada anak.

 

Satu riset mendapati jika imajinasi beberapa anak menolong mereka menangani merasa sakit. Kreasi menolong beberapa anak jadi lebih optimis, meningkatkan ketrampilan sosial, dan belajar lebih bagus. Kreasi salah satunya ketrampilan penting untuk survive di era 21.

 

Berikut ini adalah 8 metode untuk mendukung kreativitas anak menurut situs jayaedu.com yang dapat Anda pahami.

 

1. Sediakan pojok berkarya

 

Sediakan sebuah ruangan tempat anak Anda bisa berkreasi. Ruangnya tak perlu eksklusif, satu pojok kecil dengan satu karung LEGO atau sekotak baju lama untuk bermain telah memenuhi. Kreasi bisa berkembang di ruangan yang paling sempit, bahkan juga di wilayah kotor. Kunci intinya ialah supaya anak berasa jika mereka berkekuatan atas ruangan mereka sendiri.

 

2. Lakukan kegiatan bersama

 

Sama seperti ruangan yang tak perlu eksklusif, mainan anak tak perlu yang terkini dan terbaik. Anda bisa ajak anak anda untuk bermain permainan dan rutinitas simpel. Misalkan bermain balok dengan anak tanpa perintah. Mereka akan memutar roda imajinasi mereka sendiri dan membuat apa yang mereka harapkan.

 

3. Berikan “waktu bebas”

 

Penting untuk anda untuk memberi anak waktu tanpa agenda apa saja. Waktu bebas ini bermanfaat supaya anak bisa pikirkan gagasan bermain dan lakukan aktivitas yang mereka harapkan.

 

4. Bantu anak menggunakan daya khayal

 

Berikan anak banyak peluang untuk rasakan dan menyaksikan dunia dengan imajinasi mereka. Anda tak perlu lakukan perjalanan mahal atau aktivitas yang susah. Ajak mereka untuk berangan-angan apa rasanya berkeliling-keliling dunia dan menyaksikan posisi yang jauh, seperti pegunungan Eropa. Binatang apa yang berada di sana? Kurang lebih cuacanya seperti apakah? Kita dapat menyaksikan apa ya di situ?

 

5. Bangun kemampuan kreatif kritis

 

Ketika anak telah makin besar, ajak mereka untuk berunding mengenai bermacam kesusahan dan permasalahan yang ada dan bertanya bagaimana pembaruannya menurutnya. Anda bisa juga ajak anak untuk pikirkan satu permasalahan dan memikirkan jalan keluar yang menurutnya pas untuk pecahkan permasalahan itu.

 

6. Kurangi kontrol

 

Anak mempunyai kekuatan landasan untuk berlaku inovatif saat mereka bermain sendiri. Sayang, orangtua sering begitu mengatur hingga kreasi landasan anak menyusut.

 

7. Bantu anak untuk mengejar passionnya

 

Perhatikan apa sebagai minat anak dan tolong saranai supaya mereka bisa lakukan aktivitas itu. Jika anak Anda senang menggambar, karena itu Anda bisa menolong dengan memberinya kertas dan pensil warna.

 

8. Cari waktu untuk meningkatkan kreativitas diri sendiri

 

Karena anak belajar dari melihat orang tuanya, karena itu orangtua perlu untuk melakukan tindakan inovatif. Anda dapat turut menggambar dengan anak atau membaca buku bersama. Kecuali menolong anak jadi lebih inovatif, waktu bersama bisa juga jadi peluang baik untuk membuat ikatan (bonding) di antara anak dan orangtua.

 

Demikan artikel mengenai 8 metode untuk mendorong kreativitas anak yang dapat Anda pahami. Terima kasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Lewat ke baris perkakas