Drainage Cell Roof Garden Dan Kegunaannya Lengkap

Beli Rumput Sintetis Taman Gratis Drainage Cell
Beli Rumput Sintetis Taman Gratis Drainage Cell

Kebutuhan akan ruang terbuka hijau di tengah kondisi seperti saat ini memang merupakan hal yang sangat penting, karena bisa mengatasi stress.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membangun roof top garden. Namun sebelum membangun perhatikan bagaimana drainase dari rooftop tersebut.

Beli Rumput Sintetis Taman Gratis Drainage Cell
Beli Rumput Sintetis Taman Gratis Drainage Cell

Seperti menggunakan drainage cell roof garden yang dianggap mampu untuk menjaga drainase rooftop dengan baik.

Apa itu Drainage Cell

Sebelum masuk ke pembahasan mengapa harus menggunakan drainage cell sebagai drainase untuk rooftop garden, kali ini akan dibahas terlebih dahulu terkait pengertiannya.

Drainage cell sebenarnya adalah alas untuk drainase yang berbentuk seperti karpet dengan lubang-lubang di karpet tersebut.

Lubang-lubang ini memiliki bentuk layaknya sel, dan itulah sebabnya mengapa disebut sebagai drainage cell.

Drainage cell ini merupakan sebuah blok-blok plastik yang tersusun dari polypropylene yang ringan dan dapat disusun sehingga memiliki bentuk seperti karpet.

Fungsi dari alat ini adalah sebagai alat untuk drainase ataupun media untuk menyimpan air yang ada di bawah tanah. Karena itulah drainage cell roof garden sangat disarankan untuk digunakan sebagai drainase pada roof top garden.

Bagaimana Cara Menggunakan Drainage Cell

Tempatkan sel drainase di atas permukaan selaput dan bagian bawahnya secara bersama-sama (tidak perlu saling mengunci).

Untuk perlindungan tambahan, maka lebih baik untuk meletakkan lapisan papan pelindung di bawah sel drainase. Potong sel drainase di mana diperlukan menggunakan tangan atau gergaji bundar.

Tempatkan kain saring di atas sel drainase yang memungkinkan tumpang tindih 150mm di setiap jahitan.

Biarkan kain tambahan untuk melindungi tepi sel drainase di sekeliling perimeter terhadap membran dan dinding anti air.

Pasang sel drainase secara vertikal ke dinding kotak penanam jika diperlukan dan tutup dengan kain saring. Biarkan cukup tumpang tindih dengan bagian horizontal.

Letakkan 50-100mm lapisan pasir sungai yang dicuci kasar untuk bertindak sebagai lapisan penyaring atau filtrasi di atas kain. Letakkan profil tanah sesuai dengan kedalaman yang diperlukan.

Harap dicatat bahwa penutup minimum 300mm diperlukan sebelum memungkinkan kendaraan dan mesin melintas di permukaan.

Kenapa Menggunakan Drainage Cell Pada Roof Garden

Setelah mengetahui pengertian dan bagaimana cara menggunakan drainage cell ini, sekarang saatnya untuk mengetahui mengapa drainage cell roof garden adalah drainase terbaik untuk roof top garden.

Karena seperti yang diketahui ada banyak sekali drainase jenis lainnya yang bisa digunakan. Oleh karena itu kali ini akan dibahas mengapa harus menggunakan drainage cell, yakni :

1. Air Dapat Mengalir Lebih Cepat

Pertama adalah air tersebut dapat mengalir dengan lebih cepat jika dibandingkan dengan drainase lain yang bisa digunakan.

Hal ini dikarenakan adanya lubang-lubang yang dimiliki oleh drainage cell yang berfungsi sebagai jalan keluarnya air tersebut.

Sehingga saat hujan datang tidak akan ada air yang menggenang sehingga rooftop garden tetap aman dan juga nyaman.

2. Bisa Mengantisipasi Kelebihan Air Dengan Tepat

Karena ada lubang-lubang tadi yang berfungsi untuk mengalirkan air, maka menggunakan drainage cell juga bisa berfungsi untuk mencegah air berlebih.

Saat dirasa air sudah cukup, maka drainage cell akan langsung mengalirkan air tersebut ke tempat pembuangan yang disediakan. Itulah mengapa banyak orang yang memilih drainage cell roof garden sebagai drainasenya.

3. Media Pelindung

Jangan lupakan juga bahwa drainage cell ini memiliki delapan lapisan diatasnya sehingga bisa dikatakan menjadi media pelindung.

Dalam hal ini yang dilindungi adalah tembok atau lapisan yang ada di bawahnya dari air dan juga beberapa kotoran dari atas. Sehingga bisa tetap terjaga keindahan dari rooftop garden yang dimiliki dan tetap aman.

4. Tidak Berbahaya

Lalu drainage cell ini menggunakan rancangan alami untuk menyerap air yang ada di atasnya sehingga tidak membutuhkan listrik atau apapun.

Dengan tidak menggunakan listrik ini, drainage cell dianggap tidak berbahaya jika menggunakan sistem drainase lain yang memerlukan listrik. Karena dikhawatirkan bisa menimbulkan gejala konsleting dan bisa membuat orang tersetrum.

5. Mampu Menahan Beban yang Ada Di Atasnya

Meskipun terlihat kecil dan hanya berbentuk seperti karpet, tapi siapa sangka jika drainage cell ternyata mampu menampung beban yang sangat berat di atasnya.

Bahkan pada beberapa kasus drainage cell digunakan untuk pengerjaan proyek yang memiliki beban sampai ton. Sehingga sangat cocok apabila di atasnya diletakkan tanah ataupun tumbuhan lain sebagai rooftop garden.

6. Tepat Untuk Rumput Sintetis

Tidak jarang banyak yang menggunakan rumput sintetis pada rooftop garden yang dimilikinya. Penggunaan rumput sintetis ini biasanya bertujuan untuk mengurangi biaya dan juga mempermudah perawatan.

Apabila seperti itu, maka saluran air yang tepat untuk rumput sintetis murah adalah drainage cell. Bahkan keduanya sering dijual dalam sepaket karena dianggap sebagai drainase terbaik.

Keunggulan Drainage Cell

Pembahasan yang terakhir terkait dengan kelebihan dari drainage cell tersebut baik dipakai untuk rooftop garden ataupun di tempat yang lain. Ada beberapa keunggulan dari drainage cell ini yang tidak dimiliki oleh drainage cell, diantaranya :

1. Mudah Untuk Ditemukan

Pertama adalah drainage cell ini sangat mudah untuk ditemukan baik dibeli secara offline maupun online dengan harga yang beragam.

Sehingga pengguna tidak perlu repot ketika hendak mencari dan memiliki banyak pilihan dan juga bisa dijadikan perbandingan dalam harga sebelum membelinya.

2. Memiliki Beberapa Ukuran

Perlu untuk diketahui bahwa ukuran dari drainage cell ini sangat beragam dari mulai yang kecil sampai yang besar.

Untuk melapisi sebuah rooftop garden, pengguna bisa menggunakan drainage cell yang berukuran besar sekaligus ataupun yang berukuran kecil-kecil lalu nanti baru disatukan.

3. Kuat dan Tahan Lama

Selanjutnya yang menjadi keunggulan dari drainage cell ini adalah sifatnya yang kuat dan juga tahan lama. Dimana drainage cell mampu menampung beban yang berat sehingga tidak mudah rusak.

Tidak hanya itu saja dalam hal perawatan, benda ini juga tidak memerlukan banyak biaya. Tapi tetap kuat dan juga tahan lama sehingga tidak perlu terlalu sering melakukan pergantian.

4. Mudah Untuk Dipasang

Seperti yang diketahui bahwa drainage cell memiliki bentuk layaknya karpet, hal inilah yang membuatnya mudah untuk digunakan dan juga mudah untuk dipasang.

Dalam hal pemasangan ini seperti melakukan bongkar pasang saja. Layaknya memasang karpet di ruang tamu, sangat mudah dan juga gampang.

5. Mampu Menyimpan Cadangan Air

Terakhir adalah kemampuan yang dimiliki oleh drainage cell dalam menyimpan air. Jadi bagi yang berpikir bahwa airnya ini hanya dibuang saja, itu salah.

Drainage cell akan menampung terlebih dahulu sebelum dibuang, seperti air yang ada dalam cangkir. Nantinya saat air sudah berlebih barulah dibuang dan nantinya ada beberapa air yang disimpan sebagai cadangan.

Itulah tadi pembahasan lengkap terkait drainage cell roof garden dari mulai apa itu drainage cell, sampai bagaimana cara penggunaannya.

Dibahas juga beberapa kelebihannya dan alasan mengapa harus menggunakan drainage cell tersebut. Sehingga bagi yang ingin membuat rooftop garden tidak perlu bingung lagi dalam menentukan drainase yang dianggap baik dan bisa bekerja dengan baik.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Lewat ke baris perkakas