Berbagai Hal Menarik Mengenai Sejarah Sepak Bola

Sejarah sepak bola merupakan hal yang perlu Anda ketahui terutama jika berkaitan dalam bidang tersebut. olahraga satu ini sudah dikenal sejak zaman dahulu yang dilakukan secara turun temurun, meski awal perkembangannya masih menggunakan berbagai alat sederhana.

Berbicara mengenai sejarah sepak bola terdapat beberapa versi yang menuturkan mulai dari tahun dan tempat serta buktinya. Dulunya cabang olahraga ini digunakan untuk beberapa tujuan misalnya hiburan masyarakat serta melatih kebugaran tubuh para anggota militer kerajaan.

Mengenai sejara sepak bola yang paling banyak diakui berasal dari Inggris pada abad ke 12. Tempat  permainannya dilakukan pada lokasi umum misalnya lapangan berumput dan jalanan. Hanya saja belum adanya peraturan membuat para pemain menjadi sedikit brutal dan membahayakan.

Bagaimana Sejarah Sepak Bola Kuno?

Sepak bola pertama kali ditemukan pada tahun 255 – 206 SM atau sekitar abad ke 2 – 3 di Cina yang menjadi permainan zaman Chun Qiu Zhan Guo. Pada masa itu masih dikenal dengan nama Tsu Chu artinya bola dari kulit. Sedangkan untuk gawangnya terbuat dari jaring dan tongkat bambu.

Dari Penutupan lain sepak bola juga sudah dimainkan di Yunani sejak tahun 800 SM yang dikenal dengan nama episkyros dan harpastum. Tujuan dari permainan ini adalah untuk melatih kekuatan ara prajurit kerajaan pada masa itu dan dilakukan secara turun temurun.

Dalam buku berjudul The World’s Game: A History of Soccer karya Bill Murray menuturkan bahwa sepak bola sendiri sudah dimainkan sejak awal masehi. Pada era Mesir kuno, sudah mengenalkan permainan dengan sistem layaknya cabang olahraga tersebut dengan bola dari buntalan kain linen.

Sejarah Sepak Bola Modern

Seiring berjalannya waktu, permainan cabang olahraga satu ini terus berkembang dan dipelajari oleh masyarakat dari berbagai negara termasuk Indonesia. Pada masa itu orang-orang memainkannya secara brutal tanpa mengetahui teknik dasar sepak bola yang benar, bahkan sampai dilarang oleh Raja Edward III dari Inggris.

Oleh sebab itu mulai tahun 1863 mulai dibentuk berbagai peraturan untuk menghindari terjadinya kerusuhan lagi. Hal ini menandai lahirnya era sepak bola modern yang diiringi dengan pembentukan wasit, aturan main, dimensi lapangan, jumlah pemain pada masing-masing regu.

Tokoh yang berjasa membuat peraturan sepak bola bernama Freemasons Tavern yang digunakan hingga sekarang meskipun dirombak pada beberapa bagian. Pada 21 Mei 1904 induk organisasi cabang olahraga ini didirikan dengan nama Federation International de Football Association.

Peraturan Sepak Bola

Adanya peraturan sepak bola diciptakan untuk membuat permainan menjadi lebih terkendali dan tidak terjadi perselisihan sampai kekerasan antara satu dengan lainnya. bukan hanya mengenai tata caranya bahkan ukuran lapangan, bola, dan gawang. Berikut ini alasannya:

1. Peraturan Jumlah Pemain Sepak Bola

Permainan sepak bola dilakukan oleh dua tim pada masing-masing tim terdiri dari 11 orang termasuk penjaga gawang. Sebelum masuk ke dalam tim khusus umumnya mereka akan melewati seleksi dan pelatihan secara intensif. Berikut rincian lengkapnya:

  • Jumlah wasit 1 orang.
  • Jumlah pemain cadangan berjumlah 12 orang.
  • Jumlah hakim garis yakni 2 – 4 orang.
  • Pemain yang bisa keluar tidak termasuk cedera yakni berjumlah 4 orang.
  • Batas jumlah pergantian pemain sebanyak 3 orang.

2. Peraturan Perlengkapan Pemain Sepakbola

Perlengkapan permainan sepak bola juga memiliki aturan khusus yang harus dipatuhi setiap regunya untuk menjaga keamanan serta keberlangsungan pertandingan sampai akhir. Secara lebih lengkapnya simak ulasan di bawah ini:

  • Harus menggunakan sepatu bola sesuai standar yang berlaku.
  • Alas kaki harus menggunakan sol karet.
  • Penutup kepala hanya bisa digunakan untuk pemain yang cedera.
  • Aksesoris yang dilarang mulai dari kalung, anting, gelang, dan lainnya.
  • Sarung tangan hanya boleh digunakan oleh kiper atau penjaga gawang untuk mempermudah menangkap bola.
  • Warna kaos kaki harus senada dengan tujuan penggunaan adalah meminimalisir cedera.

Demikian penjelasan mengenai Sejarah sepak bola yang perlu Anda ketahui untuk meningkatkan pengetahuan supaya lebih mudah nantinya jika ingin mendalami bidang satu ini. Sekarang sudah banyak referensi terutama di platform media digital dengan beragam ulasan menarik lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Lewat ke baris perkakas