MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL

Inilah Maksud dari Manusia Sebagai Makhluk Sosial (+ Contoh) | Muamala Net

Manusia sebagai individu ternyata tidak mampu hidup sendiri. ia didalam meniti kehidupannya dapat selalu dengan dan tergantung pada manusia lainnya. Manusia saling membutuhkan dan harus bersosialisasi dengan manusia lain. Hal ini disebabkan manusia didalam memenuhi kebutuhan hidupnya tidak mampu memenuhinya sendiri. Ia dapat join dengan manusia lain untuk membentuk kelompok-kelompok didalam rangka pemenuhan kebutuhan dan obyek hidup. Dalam perihal ini manusia sebagai individu memasuki kehidupan dengan dengan inidividu lainnya.

Benarkan manusia sebagai makhul sosial? sejak manusia dilahirkan ia membutuhkan pergaulan dengan orang lain khususnya dalm perihal kebutuhan makan dan minum. Pada umur bayi ia sudah menjalin hubungan khususnya dengan bapak dan ibu, didalam wujud gerakan, senyuman, dan kata -kata. Pada umur 4 tahun ia menjadi terjalin dengan teman – teman sebaya dan laksanakan kontak sosial. Pada umur – umur selanjutntya ia terikat dengan norma- norma pergaulan dengan lingkungan yang tambah luas. Manusia hidup didalam lingkungan sosialnya.

Baca juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Fanspage Facebook 2021 – Manfaat Fanspage Facebook

Berdasarkan proses diatas,manusia lahir dengan keterbatasan dan secara naluriah manusia membutuhkan hidup dengan manusia lainnya. Manusia sejak lahir dipelihara dan dibesarkan didalam suatu penduduk terkecil yaitu keluarga. Keluarga terbentuk gara-gara adanua pergaulan antar bagian supaya mampu dikatakan bahwa berkeluarga merupakan kebutuhan manusia. Esensinya manusia membutuhkan orang lain atau hidup didalam kelompoknya.

jadi menurut kodratnta manusia dimana pun pada zaman apa pun selalu hidup bersama,hidup berkelompok.  Dalam peristiwa perkembangan manusia tidak terdapat seorang pun yang hidup menyendiri terpisah berasal dari kelompok manusia lainnya. Hidup menyendiri lepas berasal dari pergaulan penduduk hanya mungkin terjadi didalam dongen belaka(seperti Tarzan) namun didalam sebenarnya perihal itu tidak mungkin terjadi. Sejak dulu pada diri manusia terdapat kemauan untuk berkumpul dengan sesamanya didalam satu kelompok kemauan untuk bermasyarakat.

Baca juga : Penghasilan Blog dan Website Dari Raja Traffic-Pendidikanbersama.com

Manusia sebagai makhluk sosial merupakan mahkluk yang terjalin secara interaktif dengan manusia lain. Dalam sosiologi, mahkluk sosial adalah sebuah rancangan ideologis dimana penduduk atau susunan sosial dipandang sebagai sebuah “organisme hidup”. Dimana organisme sosial punyai kegunaan yang menjaga stabilitas dan kekompakan berasal dari organisme. Manusia tergantung satu mirip lainnya untuk melindungi keutuhan masyarakat.

Baca juga : Gaji Pelaut Indonesia Yang Miris – Pendidikanbersama.com

Telah berabad-abad rancangan manusia sebagai makhluk sosial itu tersedia yang menitik beratkan pada efek penduduk yang berkuasa kepada individu. Dimana punyai unsur-unsur keharusan biologis, yang terdiri dari:

  1. Dorongan untuk makan
  2. Dorongan untuk menjaga diri
  3. Dorongan untuk melangsungkan jenis

Ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial adalah adanya suatu wujud hubungan sosial didalam hubugannya dengan makhluk sosial lainnya. Faktor-faktor yang pengaruhi hubungan manusia terdiri berasal dari tiga perihal yaitu :

  • Tekanan emosional. Ini sangat pengaruhi bagaimana manusia berinteraksi satu mirip lain.
  • Harga diri yang rendah. Ketika keadaan seseorang berada didalam keadaan manusia yang direndahkan maka dapat punyai kemauan yang tinggi untuk terjalin dengan orang lain.
  • Isolasi sosial. Orang yang terisolasi harus laksanakan hubungan dengan orang yang sepaham atau sepemikiran supaya terbentuk sebuah hubungan yang harmonis

Manusia adalah makhluk yang selalu berinteraksi dengan sesamanya. Manusia tidak mampu mencapai apa yang diinginkan dengan dirinya sendiri. Sebagai makhluk sosial gara-gara manusia menjalankan peranannya dengan gunakan lambang untuk mengkomunikasikan kesimpulan dan perasaanya. Manusia tidak mampu menyadari individualitas, terkecuali melalui medium kehidupan sosial.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Lewat ke baris perkakas