Periksa Kesalahan Disk

Cara Mudah Scan - Memindai & Memperbaiki Kesalahan Hard Drive Dengan CHKDSK  Di Windows 10 - | Tips, Trik dan Tutorial Trikblogku | Tips Trik atau  Cara-Cara dan Tutorial Seputar Teknologi Digital

Saat menjalankan Periksa Disk dalam mode analisis menyeluruh, Anda mungkin mendapatkan Periksa Disk gagal dijalankan saat memulai. Atau, setelah menjalankan Periksa Disk dalam mode analisis penuh, Anda menjalankan Periksa Disk setiap kali memulai. Untungnya, ada cara untuk menyelesaikan kedua masalah tersebut. Kami akan melihat apa yang perlu dilakukan.

Jalankan Periksa Kegagalan Disk

Ketika Check Disk gagal dijalankan saat start-up, biasanya penyebabnya adalah kesalahan konfigurasi atau sedikit masalah korupsi di registri. Ketika Periksa Disk GUI untuk menjadwalkan versi DOS untuk dijalankan saat start-up, ia membuat perubahan dalam registri yang memicu Periksa Disk untuk dijalankan saat sistem dimulai. Jika entri dikonfigurasi dengan benar (karena beberapa kesalahan dalam sistem atau rusak oleh utilitas pihak ketiga), Periksa Disk tidak akan dijalankan saat start up. Baca artikel tekno menarik lainnya di Revolusitekno.com

Untuk memperbaiki masalah ini, kita harus mengubah registri. untuk mengedit registri bisa berbahaya, ada baiknya Anda membuat cadangan registrasi sebelum mengedit. Untuk menjalankan Regisry Editor, tekan (Windows) + R untuk membuka kotak dialog Run, kemudian ketik “regedit.exe” di buku yang terbuka dan klik OK. Klik Ya di kotak dialog UAC. Di Peninjau Suntingan Registri, perluas HKEY_LOKAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Control \ Session Manager. Cari nama nilai BootExecute dan klik dua kali.

Nilai defaultnya adalah BootExecute Autocheck * Autochk. Jika nilainya lain, cukup ubah nilai defaultnya. Tutup Editor Registri dan mulai ulang sistem Anda. Setelah sistem dimulai ulang, Anda dapat mengembalikan menjalankanCheck diks GUI. Centang kotak Secara otomatis perbaiki kesalahan sistem file dan Pindai dan coba pemulihan bad sector dan klik Mulai. Saat sistem dimulai ulang, Periksa Disk akan berjalan normal.

Periksa Disk dijalankan setiap kali Start Up

Ketika Check Disk dijadwalkan untuk dijalankan saat start-up, Windows akan secara otomatis mereset ke nilai default BootExecute setelah Check Disk dijalankan. Jika Check Disk berjalan setiap kali start-up, biasanya penyebabnya adalah kesalahan konfigurasi atau sedikit kerusakan pada registry yang membuat nilai BootExecute tidak dapat direset ke default. Oleh karena itu, cara pertama yang kami gunakan sebelumnya untuk mengatasi masalah ini.

Namun, jika Check Disk masih berjalan setiap kali start-up, kemungkinan penyebabnya sedikit kotor. Untuk memeriksa status bit kotor, kami menggunakan perintah fsutil. Klik kanan pada pintasan Command Prompt dan pilih Jalankan sebagai perintah administrator. Klik Ya di kotak dialog UAC. Di jendela Command Prompt, ketik “fsutil dirty query Y”. (Y adalah huruf drive di sistem Anda). Anda akan diberitahu bahwa drive itu Kotor.

Sekarang, kami menggunakan chkntfs untuk menonaktifkan Periksa Disk saat memulai berikutnya. Ketik “chkntfs / x Y:”. Y adalah huruf drive di sistem Anda. Anda akan diberitahu bahwa sistem berkasnya adalah NTFS. Tutup Command Prompt dan mulai ulang sistem Anda. Saat memulai ulang, sistem akan langsung masuk ke Windows (Anda tidak akan melihat Periksa apakah Disk dijalankan). Namun, jika masih berjalan, buka jendela Command Prompt dan jalankan Check Disk dalam mode perbaikan penuh. Ketik “chkdsk / f / r Y”. (Y adalah drive di sistem Anda). Anda akan diminta untuk menjadwalkan Cek tangg saat start up. Ketik “Y” dan tekan Enter. Kemudian, mulai ulang Windows dan biarkan Periksa Disk berjalan. Dia akan mengatur ulang bagian yang kotor dan Windows akan berjalan normal kembali.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Lewat ke baris perkakas