Hubungan Kualitas dengan Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit

11 February 2017

Jadi penelitianku ini tentang hubungan kualitas sama kepuasan pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Background-nya kan komputer di Wirosaban lemot, nah kalo fasilitas di tempat kerja itu nggak bagus kan pasti berhubungan sama kepuasan penggunanya. Jadi kalo kualitas sistemnya jelek ya pasti nggak puas dong. Gitu.

Rumah sakit kan tugasnya melayani masyarakat, sebagai pelayan tentu saja harus diperhatikan kepuasannya, jangan sampai kita melayani pasien dengan baik dan bisa memuaskan tapi kita sendiri nggak puas karena faktor internal. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit sendiri nggak cuma berbasis komputer saja, ada juga yang campuran antara komputer dengan tertulis.

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah hubungan antara kualitas dengan kepuasan pengguna sistem informasi manajemen rumah sakit.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui:

  1. Kualitas Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Jogja
  2. Kepuasan pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Jogja
  3. Hubungan antara kualitas dengan kepuasan pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Jogja

Manfaatnya, bagi dunia pendidikan bisa menambah wawasan tentang sistem informasi secara umum, khususnya sistem informasi manajemen rumah sakit sama hubungan antara keduanya. Bagi rumah sakit yang bersangkutan bisa jadi evaluasi tentang sistem informasi yang digunakan saat ini, mengetahui kepuasan karyawannya dalam menggunakan fasilitas rumah sakit & sebagai acuan untuk menentukan strategi kedepannya bagi pihak manajemen. Sedangkan untuk peneliti sendiri bisa menambah wawasan, menambah pengalaman & membantu memajukan ilmu pengetahuan serta kualitas rumah sakit yang bersangkutan.

Nanti penelitiannya jenisnya kuantitatif, pake kuesioner baik itu kualitas maupun kepuasan si penggua. Kuesioner kualitas SIM-RS nanti tentang user interface, bug, dll. Kalo kepuasnnya ya puas apa enggak gitu.

Kuesionernya aku ambil dari penelitian sebelumnya. Biasanya kuesioner ini dipake sama anak Binus. Biasanya dipake buat neliti Sistem Informasi Akuntasi. Tapi yang neliti tentang SIM-RS masih dikit.

Sebenernya penelitian ini bisa dipanjangkan lagi, bisa diteruskan lagi ke kepuasan kerja secara keseluruhan. Jadi dari kepuasan penggunaan fasilias kerja (lingkungan) terhadap kepuasan kerja karyawan Rumah Sakit. Tapi karena kayaknya terlalu jauh jadi nggak kesitu. Mending meneliti yang sempit aja tapi dibahas dari berbagai aspek baik objektif yaitu kualitas fasilitasnya maupun subjektif secara lama kerja & suku.

Penguins

Hipotesis penelitianku ini, H0 kualitas SIM-RS berhubungan dengan kepuasan penggunanya, H1 kualitas SIM-RS tidak berhubungan dengan kepuasan penggunanya.

Kalo ternyata nggak berhubungan, aku mikir ada dua kemungkinan. Pertama karena faktor kebiasaan. Kalo orang itu udah biasa kerja pake komputer lemot ya wajar kalo bisa puas pake komputer itu. Soalnya salah satu ciri makhluk hidup kan adaptasi. PISRETAN salah satu A nya adaptasi. Sedangkan orang kalo baru masuk kerja disitu terus belom biasa pake komputer itu, belum biasa input data baru bisa lebih objektif, Soalnya bandingin sama entah sistem informasi manajemen di kampusnya dulu pas kuliah atau sama komputer atau laptop pribadi dia. Kemungkinan kedua yang muncul di pikiranku adalah faktor budaya. Berhubung penelitian ini dilakukan di Jogja yang isinya orang Jawa, orang Jawa kan terkenal sabar dan ‘nrimo’ yak. Jadi ya bisa dimaklumi kalo tetep puas dengan segala fasilitas yang ada.

Penelitian ini rencananya akan dilakukan begitu selesai ujian blok 1 trimester 2 ini. Jadi begitu bab 3 selesai mungkin bulan April atau Mei bisa langsung nyebar kuesioner ke karyawan rumah sakit Jogja (perawat, apoteker , tim rekam medis, dll …. gatau sapa aja yang pake). Habis itu langsung diolah sendiri pake SPSS 15 dengan bimbingan dari dosen pembimbing & pak Sutopo. Rumus yang dipakai nanti menggunakan … (belum tahu).

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar