Belajar Yukk

Hanya Blog UMY situs lain

PPP Operation

Posted by Perlita Eilien Suwandi 0 Comment

Introducing PPP

HDLC adalah metode enkapsulasi serial standar ketika menghubungkan dua router Cisco. Dengan bidang tipe protokol tambahan, versi HDLC dari Cisco adalah hak milik. Jadi, Cisco HDLC hanya dapat berfungsi dengan perangkat Cisco lainnya. Namun, ketika ada kebutuhan untuk terhubung ke router non-Cisco, enkapsulasi PPP harus digunakan, seperti yang ditunjukkan pada gambar.

Enkapsulasi PPP telah dirancang secara hati-hati untuk mempertahankan kompatibilitas dengan perangkat keras pendukung yang paling sering digunakan. PPP merangkum bingkai data untuk transmisi melalui tautan fisik Layer 2. PPP menetapkan koneksi langsung menggunakan kabel serial, saluran telepon, saluran utama, telepon seluler, sambungan radio khusus, atau tautan serat optik.

PPP berisi tiga komponen utama:

  • HDLC-seperti framing untuk mengangkut paket multiprotocol melalui tautan point-to-point.
  • Extensible Link Control Protocol (LCP) untuk membangun, mengkonfigurasi, dan menguji koneksi data-link.
  • Family of Network Control Protocols (NCPs) untuk menetapkan dan mengonfigurasi protokol lapisan jaringan yang berbeda. PPP memungkinkan penggunaan simultan dari beberapa protokol layer jaringan. NCP yang paling umum adalah IPv4 Control Protocol dan IPv6 Control Protocol.

Catatan: NCP lain termasuk AppleTalk Control Protocol, Novell IPX Control Protocol, Cisco Systems Control Protocol, SNA Control Protocol, dan Compression Control Protocol.

 

Advantages of PPP

PPP awalnya muncul sebagai protokol enkapsulasi untuk mengangkut lalu lintas IPv4 melalui tautan titik-ke-titik. PPP menyediakan metode standar untuk mengangkut paket multiprotocol melalui tautan point-to-point.

Ada banyak keuntungan menggunakan PPP, termasuk fakta bahwa itu bukan hak milik. PPP mencakup banyak fitur yang tidak tersedia di HDLC:

  • Fitur manajemen kualitas tautan (LQM) memonitor kualitas tautan. LQM dapat dikonfigurasi dengan perintah antarmuka ppp persentase kualitas. Jika persentase kesalahan turun di bawah ambang batas yang dikonfigurasi, tautan dihapus dan paket dirutekan ulang atau dijatuhkan.
  • PPP mendukung otentikasi PAP dan CHAP. Fitur ini dijelaskan dan dipraktikkan di bagian selanjutnya.

 

PPP Layered Architecture

Arsitektur berlapis adalah model logis, desain, atau cetak biru yang membantu komunikasi antara lapisan interkoneksi. Angka tersebut memetakan arsitektur berlapis PPP terhadap model Interkoneksi Sistem Terbuka (OSI). PPP dan OSI berbagi lapisan fisik yang sama, tetapi PPP mendistribusikan fungsi LCP dan NCP secara berbeda.

Pada lapisan fisik, Anda dapat mengonfigurasi PPP pada berbagai antarmuka. Satu-satunya persyaratan mutlak yang dikenakan oleh PPP adalah sirkuit full-duplex, baik khusus atau diaktifkan, yang dapat beroperasi dalam mode bit-serial asynchronous atau sinkron. Standar lapisan fisik transparan untuk frame layer tautan PPP. PPP tidak memberlakukan pembatasan apa pun terkait laju transmisi.

Sebagian besar pekerjaan yang dilakukan oleh PPP terjadi pada tautan data dan lapisan jaringan, oleh LCP dan NCPs.

 

PPP-Link Control Protocol (LCP)

Fungsi LCP dalam lapisan tautan data dan memiliki peran dalam menetapkan, mengonfigurasi, dan menguji koneksi data-link. LCP menetapkan tautan point-to-point. LCP juga melakukan negosiasi dan membuat opsi kontrol pada tautan data WAN, yang ditangani oleh NCP.

LCP menyediakan konfigurasi otomatis antarmuka di setiap akhir:

  • Menangani berbagai batasan pada ukuran paket
  • Mendeteksi kesalahan konfigurasi kesalahan umum
  • Menghentikan tautan
  • Menentukan kapan tautan berfungsi dengan baik atau ketika tautan tersebut berfungsi dengan baik

Setelah tautan dibuat, PPP juga menggunakan LCP untuk menyetujui secara otomatis pada format enkapsulasi seperti otentikasi, kompresi, dan deteksi kesalahan.

 

PPP-Network Control Protocol (NCP)

PPP mengijinkan beberapa protokol lapisan jaringan untuk beroperasi pada tautan komunikasi yang sama. Untuk setiap protokol layer jaringan yang digunakan, PPP menggunakan NCP terpisah, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1. Sebagai contoh, IPv4 menggunakan IP Control Protocol (IPCP) dan IPv6 menggunakan IPv6 Control Protocol (IPv6CP).

NCPs mencakup kolom fungsional yang berisi kode standar untuk menunjukkan protokol layer jaringan yang dienkapsulasi oleh PPP. Gambar 2 berisi daftar nomor field protokol PPP. Setiap NCP mengelola kebutuhan spesifik yang dibutuhkan oleh protokol lapisan jaringannya masing-masing. Berbagai komponen NCP merangkum dan bernegosiasi opsi untuk beberapa protokol lapisan jaringan.

 

PPP Frame Structure

Kerangka PPP terdiri dari enam bidang. Uraian berikut meringkas bidang kerangka PPP yang diilustrasikan dalam gambar:

  • Flag – Satu byte yang menunjukkan awal atau akhir bingkai. Bidang Bendera terdiri dari urutan biner 01111110.
  • Address – Satu byte yang berisi urutan biner 11111111, alamat broadcast standar. PPP tidak menetapkan alamat stasiun individu.
  • Control – Satu byte yang berisi urutan biner 00000011, yang menyerukan transmisi data pengguna dalam bingkai yang tidak diurut.
  • Protocol – Dua byte yang mengidentifikasi protokol yang dienkapsulasi dalam bidang informasi dari frame. Bidang Protokol 2-byte mengidentifikasi protokol muatan PPP.
  • Data – Nol atau lebih banyak byte yang berisi datagram untuk protokol yang ditentukan dalam bidang protokol.
  • Frame Check Sequence (FCS) – Ini biasanya 16 bit (2 byte). Jika perhitungan penerima FCS tidak sesuai dengan FCS dalam bingkai PPP, bingkai PPP diam-diam dibuang.

LCP dapat menegosiasikan modifikasi pada struktur rangka PPP standar. Bingkai yang dimodifikasi, bagaimanapun, selalu dapat dibedakan dari bingkai standar.

 

LCP Operation

Operasi LCP mencakup ketentuan untuk pembentukan tautan, pemeliharaan tautan, dan penghentian tautan. Operasi LCP menggunakan tiga kelas frame LCP untuk menyelesaikan pekerjaan dari masing-masing fase LCP:

  • Kerangka pembentukan tautan membuat dan mengonfigurasi tautan (Konfigurasi-Permintaan, Konfigurasi-Ack, Konfigurasi-Nak, dan Konfigurasi-Tolak).
  • Link-frame pemeliharaan mengelola dan men-debug sebuah tautan (Kode-Tolak, Protokol-Tolak, Echo-Request, Echo-Reply, dan Discard-Request).
  • Frame penghentian tautan mengakhiri tautan (Pengakhiran-Permintaan dan Hentikan-Habis).

 

PPP Configuration Option

PPP dapat dikonfigurasi untuk mendukung berbagai fungsi opsional, seperti yang ditunjukkan pada gambar. Ada tiga fungsi opsional:

  • Otentikasi menggunakan PAP atau CHAP
  • Kompresi menggunakan Stacker atau Predictor
  • Multilink yang menggabungkan dua atau lebih saluran untuk meningkatkan bandwidth WAN

 

NCP Explained

NCP yang sesuai akan dijalankan untuk menyelesaikan konfigurasi khusus dari protokol lapisan jaringan yang digunakan. Ketika NCP telah berhasil mengkonfigurasi protokol lapisan jaringan, protokol jaringan dalam keadaan terbuka pada tautan LCP yang ditetapkan. Pada titik ini, PPP dapat membawa paket protokol lapisan jaringan yang sesuai.

IPCP menegosiasikan dua opsi:

  • Compression – Memungkinkan perangkat untuk merundingkan suatu algoritma untuk mengompresi header TCP dan IP dan menghemat bandwidth. Kompresi header TCP / IP Van Jacobson mengurangi ukuran header TCP / IP menjadi sedikitnya 3 byte. Ini dapat menjadi peningkatan yang signifikan pada saluran serial yang lambat, terutama untuk lalu lintas interaktif.
  • IPv4-Address – Memungkinkan perangkat yang memulai untuk menentukan alamat IPv4 yang akan digunakan untuk routing IP melalui tautan PPP, atau untuk meminta alamat IPv4 untuk responden. Sebelum munculnya teknologi broadband seperti DSL dan layanan modem kabel, perangkat jaringan dialup biasanya menggunakan opsi alamat IPv4.

Setelah proses NCP selesai, tautan masuk ke keadaan terbuka dan LCP mengambil alih lagi dalam fase pemeliharaan tautan. Lalu lintas taut terdiri dari kemungkinan kombinasi LCP, NCP, dan paket protokol lapisan jaringan. Ketika transfer data selesai, NCP mengakhiri tautan protokol dan LCP mengakhiri koneksi PPP.

Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

Perlita Eilien Suwandi


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Dynamic Routing - Di

Dynamic Routing Protocol Operation Semua protokol routing dirancang untuk belajar tentang ...

EIGRP - Implement EI

EIGRP Network Topology Dalam menampilkan topology yang digunakan untuk mengkonfigurasi EIGRP ...

EIGRP Tuning and Tro

Basic EIGRP Troubleshooting Commands EIGRP umumnya digunakan pada jaringan perusahaan besar. ...

Single-Area OSPF - S

OSPF Network Topology Topologi digunakan untuk menggambarkan konfigurasi OSPF Router OSPF ...