Andhika Gilang Saputra

Just another Blog UMY site

Sesudah mengenali keutamaan lakukan registrasi Merek, sekarang waktunya Anda memberi pelindungan pada usaha Anda dengan mendaftar Merek dagang melalui Jasa Pendaftaran dan cek merek dagang.

Seperti dimengerti jika dalam registrasi Merek/Merek dikenali ada konsep first to file. Jadi, siapa yang pertamanya kali mendaftar produk mempunyai hak terbatas atas Merek/Merek.

Berikut kami terangkan persyaratan dan tingkatan registrasi Merek melalui Jasa Pendaftaran dan Cek Merek:

1. Pencarian Merek/Merek

Anda harus cari tahu apa Merek/Merek yang akan didaftarkan sudah jadi hak punya dan/atau sudah tercatat atasnama faksi lain.

Pencarian ini penting untuk menghindar kekuatan ditampiknya permintaan registrasi Merek/Merek dan risiko lain yakni perselisihan perdata. Pencarian Merek/Merek ini bisa dikerjakan dengan konsultasi kepada pihak berkaitan atau konselor HKI atau faksi yang lain pahami secara penuh dalam Proses Registrasi Merek/Merek.

2. Syarat Mengajukan Permintaan

Saat lagi Anda mencari Merek/Merek Anda, secara berbarengan Anda mempersiapkan syarat yang dibutukan dalam registrasi Merek/Merek, yang salah satunya:

  • Formulir mengajukan yang sudah diisi oleh pemohon;
  • Mempersiapkan contoh Merek/Merek (Etiket) sekitar 5 biji yang memiliki ukuran optimal 9 x 9 cm, dan minimum 2 x 2 cm;
  • Mempersiapkan daftar barang atau layanan yang akan dikasih Merek/Merek sesuai kategorisasi Kelas Merek;
  • Selaku info, tiap Merek/Merek bisa didaftarkan di beberapa Kelas, tetapi akan berimplikasi pada ongkos tentu saja. Hal mana dalam tiap mengajukan Merek/Merek, didaftarkan di Kelas yang disamakan dengan aktivitas usaha, produk dan/atau service layanan dan didaftarkan dalam sub-Kelas yang optimal bisa didaftarkan dalam 10 (sepuluh) sub-Kelas;
  • Surat Pengakuan Pemilikan dari Merek/Brand; dan
  • Surat Kuasa (jika dalam pengurusan dikuasakan ke faksi ke-3 )
  • Foto copy Kartu Sinyal Warga (KTP) dan Nomor Dasar Harus Pajak (NPWP) untuk pemohon perseorangan; atau
  • Foto copy Akte Pendirian, Akte Perombakan (bila ada), SK Pendirian, SK Perombakan (bila ada), Nomor Dasar Harus Pajak (NPWP), Surat Info Domisili, Ijin Usaha, Sinyal Daftar Perusahaan (TDP), syarat ini diterapkan spesial untuk pemohon berupa tubuh usaha.

3. Proses Registrasi Merek/Merek melalui Jasa Pendaftaran dan Cek Merek

Sesudah semua syarat komplet dan hasil penulusuran Merek/Merek Anda positif karena itu Anda dapat segera mendaftar Merek/Merek.

Sesuai PNBP PP No. 45 Tahun 2016, ongkos mengajukan registrasi Merek/Merek ialah sebesar Rp2.000.000/Kelas dalam 1 (satu) Merek/Merek, bila lebih dari 1 (satu) Kelas karena itu Anda tinggal mengkalikannya saja.

Dalam soal pengurusan Registrasi Merek/Merek dikuasakan ke Faksi Ke-3 , tentu saja akan berimplikasi pada ongkos, tentu saja ini tergantung pada beberapa jasa yang diberi. Tetapi hal positif dari pengurusan dikuasakan ialah (i) selaku pelaku bisnis, Anda mempunyai waktu semakin banyak untuk mengurusi kepentingan usaha yang lain; (ii) Anda tak perlu kerja keras dan pusing dalam isi form permintaan, mempersiapkan syarat dan lainnya; (iii) anggaran fasilitas/operasional langsung diarahkan dengan pemilihan Faksi Ke-3 .

4. Pengecekan Normalitas dan Substantif

Semua arsip syarat yang sudah ditempatkan, nanti dicheck oleh petugas klarifikasi Ditjen HKI. Selaku info ada 2 (dua) proses pengecekan yang perlu dikerjakan petugas klarifikasi untuk tentukan kelaikan Merek/Merek, yaitu Pengecekan Normalitas dan Substantif.

Pengecekan Normalitas ialah proses pengecekan kelengkapan arsip syarat registrasi Merek/Merek spesifik. Karena itu, Anda harus pastikan arsip yang ditempatkan sudah komplet. Bila ada satu arsip yang kurang, faksi Ditjen HKI memiliki hak menampik permintaan registrasi dan minta pendaftar lengkapi arsip itu dalam periode waktu 2 bulan terhitung semenjak surat keinginan pertama diterima.

Pengecekan Substantif. Pada step ini Ditjen HKI lakukan klarifikasi ulangi dimulai dari kelengkapan arsip sampai keaslian Merek/Merek yang akan didaftarkan; sudahkah ada Merek/Merek sama yang tercatat atau belum. Umumnya, periode waktu pengecekan substantif ini bisa berjalan sampai 9 bulan.

Categories: Bisnis

PROFIL AKU

Andhika Gilang Saputra


Popular Posts

5 Tools desain untuk

Desain grafis adalah hal yang wajib untuk menarik minat para ...

Gambaran peluang bis

Seperti kita kenali, sekarang ini kita telah masuk zaman globalisasi. ...

Artikel Terbaik Disk

Berikut ini adalah artikel terbaik yang diberikan backlink AC.ID (Edu) ...

Registrasi Merek Den

Untuk beberapa aktor usaha, membuat satu merek (trademark) sebagai keunikan ...

Keuntungan Pendaftar

Apa keuntungan dengan lakukan registrasi hak merek serta apa implementasinya?, ...