Perekonomian Indonesia

Hanya Blog UMY situs lain

Posted by 20160430065 0 Comment

Write down your dreams (expectations) after finish this semester ! (at least 10)

  1. Mendapat nilai A dengan hasil yang memuaskan
  2. Mampu memahami makul lebih baik
  3. Mendapat ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri
  4. Lebih rajin dalam segala hal
  5. Masuk kelas tepat waktu
  6. Tidak mempergunakan bolos 3x
  7. Mengerjakan tugas dengan baik
  8. Lebih memperhatikan saat pelajaran
  9. Mengikuti kegiatan kampus yang bermanfaat
  10. Mengurangi jalan jalan dan tidak boros

 

 

  1. Explain briefly the condition of Indonesian Economy in 2017 – 2018! Use the Update and True Data! (dont forget to put references)

 

Tahun 2018 ini, dapat dikatakan negara kita memiliki peluang yang baik dalam pertumbuhan sistem ekonomi Indonesia. Melimpahnya tenaga kerja dan sarana infrastruktur yang meningkat cukup baik membuat sistem ekonomi Indonesia pun ikut membaik. Menurut Dody sebagai Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter: “Di sisi permintaan domestik, investasi membaik ditopang proyek infrastruktur pemerintah dan peran investasi swasta yang terus meningkat.”

Pertumbuhan ekonomi pada tahun 2018 diperkirakan naik mencapai 5,3% menurut Dana Moneter Internasional (IMF).

Kenyataan yang terjadi bahwa peningkatan ekonomi di Indonesia sudah mencapai 5,1% tahun ini. Faktor eksternal menjadi salah satu dorongan utama pertumbuhan saat ini terutama melalui kenaikan harga komoditas. Selain itu, ada faktor meningkatnya ekspor dan investasi yang diharapkan bisa memperkuat daya saing.

IMF menyarankan otoritas untuk menjaga stabilitas dan mendukung laju perkembangan ekonomi yang sedang berjalan. Pada kasus rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan) masih aman terjaga, tetapi Bank Indonesia dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) harus selalu mengawasi pergerakannya. Sedangkan pada sisi pemenuhan kebutuhan lapangan kerja IMF melihat adanya kebijakan untuk meningkatkan penerimaan. Hal tersebut sebagai cara membiayai keberlanjutan pembenahan dalam sektor tenaga kerja, pasar keuangan dan produksi.

Sistem ekonomi Indonesia akan selalu meningkat bergantung dari bagaimana pemerintah mengakumulasikan berbagai indikator. Seperti mendorong investasi swasta, upaya pembangunan infrastruktur dan diperkirakan investasi sendiri berkontribusi sebanyak 35% terhadap pertumbuhan ekonomi PDB 2017. Selain itu, melihat situasi terhadap naiknnya harga minyak mentah dunia akan meningkatkan pemasukan negara pada sektor minyak dan gas bumi. Perhitungan yang dilakukan oleh DBS Group Research, setiap kenaikan harga minyak sebesar 10% akan memberikan tambahan anggaran Rp 6,7 triliun dalam APBN. Ada beberapa fakta lain yang harus kamu ketahui terkait sistem ekonomi Indonesia saat ini :

Indonesia sebagai salah satu negara yang tidak mengambil keuntungan pada permintaan produk manufaktur. Ekspor di negara kita masih mengandalkan sektor komoditas seperti batu bara sebesar 49%, minyak sawit mentah 44%, dan migas 21%. Untuk ekspor produk manufaktur hanya tumbuh 2,5%.

Pemerintah melakukan upaya dalam mengurangi ketergantungan produk komoditas dengan menerbitkan 16 paket reformasi kebijakan dalam dua tahun terakhir. Hingga akhirnya Indonesia mendapatkan peringkat 72 dalam Ease of Doing Business oleh World Bank.

Semakin baik kondisi makroekonomi global mendorong kinerja ekonomi Asia. Selain itu, ASEAN terutama Indonesia mendorong laju iklim investasi dan konsumsi masyarakat sehingga memperbaiki sistem ekonomi Indonesia. Melihat nilai tukar rupiah saat ini juga sudah masuk dalam angka yang stabil.

Negara Asia saat ini, termasuk Indonesia sudah berhasil pegang kendali atas market share manufaktur terbesar di dunia. Berada pada posisi 4 dari negara China, Korea dan India pada market share manufaktur. Faktor yang menyebabkan tingginya angka pertumbuhan di negara Asia karena adanya penerapan global value change. Masing-masing negara memproduksi barang yang kemudian saling bertukar satu sama lain.

Untuk mewujudkan sistem ekonomi Indonesia agar dapat berekspansi ke negara trading partners, pemerintah menekankan peran aktif dari para pihak swasta. Terutama perbankan dalam mendukung permodalan bagi sektor manufaktur di Indonesia. Bagi para pelaku usaha tahun ini, akan adanya peluang dan semangat baru karena perbaikan indikator makroekonomi.

Perlu kamu ingat kembali, untuk meningkatkan sistem ekonomi Indonesia harus ada upaya dari pemerintah. Selain itu, kita sebagai masyarakat juga harus bisa mendukung pemerintah untuk mewujudkannya. Sumber daya yang dimiliki juga harus dimanfaatkan dengan baik demi kesejahteraan masyarakat yang lebih baik.

 

https://www.dbs.com/indonesia-bh/blog/live-smart/yuk-ketahui-seperti-apa-sistem-ekonomi-indonesia-di-2018.page

Categories: Tak Berkategori