Putri Kartika

Just another Blog UMY site

MEA

Posted by Kartika Putri 0 Comment

 

MEA (MASYARAKAT EKONOMI ASEAN)

MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) adalah Suatu kegiatan integrasi Ekonomi yang melibatkan negara-negara ASEAN untuk menerapkan sistem perdagangan Pasar Bebas. Saat ini kita akan membicarakan Peluang Indonesia dalam menghadapi MEA.Peluang-Peluang tersebut akan memmberikan dampak positif bagi Perkembangan Indonesia saat ini. Misalnya dalam segi:

1.Investasi, Tentunya ini berdampak pada kondisi yang dapat menciptakan iklim yang mendukung masuknya Foreign Direct Investment (FDI) yang dapat menstimulus pertumbuhan ekonomi melalui perkembangan teknologi, penciptaan lapangan kerja, pengembangan sumber daya manusia (human capital) dan akses yang lebih mudah kepada pasar dunia. Meskipun begitu, kondisi tersebut dapat memunculkan exploitation risk.

2.Ketenagakerjaan, terdapat kesempatan yang sangat besar bagi para pencari kerja karena dapat banyak tersedia lapangan kerja dengan berbagai kebutuhan akan keahlian yang beraneka ragam. Selain itu, akses untuk pergi keluar negeri dalam rangka mencari pekerjaan menjadi  lebih mudah bahkan bisa jadi tanpa ada hambatan tertentu
.

3.Perdagangan, Kondisi pasar yang sudah bebas di kawasan dengan sendirinya akan mendorong pihak produsen dan pelaku usaha lainnya untuk memproduksi dan mendistribusikan barang yang berkualitas secara efisien sehingga mampu bersaing dengan produk-produk dari negara lain. Di sisi lain, para konsumen juga mempunyai alternatif pilihan yang beragam yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, dari yang paling murah sampai yang paling mahal. Indonesia sebagai salah satu negara besar yang juga memiliki tingkat integrasi tinggi di sektor elektronik dan keunggulan komparatif pada sektor berbasis sumber daya alam, berpeluang besar untuk mengembangkan industri di sektor-sektor tersebut di dalam negeri.

4.Pertanian, MEA juga berdampak pada Pertanian yang ada di Indonesia, ini di karenakan dengan adanya pasar bebas semua teknologi yang berhubungan dengan pertanian akan lebih mudah masuk ke Indonesia dan tentunya SDM juga mendapatkan andil yang lebih banyak.

Di samping peluang-peluang di atas, Indonesia juga mempunyai kendala dalam mengikuti atau keikut sertaan di MEA.Berikut ini kendala-kendala Indonesia dalam keikutsertaannya di MEA

1.Dalam segi SDA (Sumber Daya Alam), kendala Indonesia dalam MEA di tinjau dari SDA yang ada adalah SDA yang dimiliki Indonesia telah cukup banyak atau beragam. Tapi semua itu belum dapat di manfaatkan secara optimal, kita cenderung lebih memanfaatkan dalam satu objek saja, sehingga satu objek itu terus berkurang dan objek-objek lainnya (SDA lainnya) masih utuh atu bahkan bertambah. Pernyataan tersebut adalah sangat beralasan mengingat bahwa masih ada sejumlah masalah mendasar yang menimpa Indonesia dan harus segera diatasi sebelum berlakunya Mayarakat Ekonomi Asean pada tahun 2015. Iklim investasikurang kondusif yang diindikasikan melalui masalah ruwetnya birokrasi, infrastruktur, masalah kualitas sumber daya manusia dan ketenagakerjaan (perburuhan) serta korupsi merupakan sebagian dari masalah yang saat ini masih menyandera pemerintah Indonesia.

2.Sedangkan dalam segi SDM (Sumber Daya Manusia), Indonesia juga mempunyai kendala di Manusianya, ini di karenakan banyak SDM Indonesia yang kurang ilmu pengetahuan tentang akses luar negri ataupun tentang ilmu-ilmu yang berguna untuk ikutserta dalam MEA.Dan juga, ada beberapaSDM yang hanya mengandalkan tenaga atau kekuatan sehingga menyepelekan ilmu pengetahuan.

Dan untuk mengoptimalkan Indonesia dalam keikutsertaannya dalam MEA, Indonesia memiliki cara-cara menghadapai MEA:

1.Meningkat SDM yang ada dengan melakukan pelatihan-pelatihan yang berdampak pada keikutsertaan Indonesia dalam MEA.

2.Menungkatkan kemampuan Berbahasa Asing, ini membantu untuk lebih mudah berkomunikasi.

3.Penguatan Daya Saing Ekonomi, Pada 27 Mei 2011, Pemerintah meluncurkan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). MP3EI merupakan perwujudan transformasi ekonomi nasional dengan orientasi yang berbasis pada pertumbuhan ekonomi yang kuat, inklusif, berkualitas, dan berkelanjutan.

4.Program ACI (Aku Cinta Indonesia), ACI (Aku Cinta Indonesia) merupakan salah satu gerakan ‘Nation Branding’ bagian dari pengembangan ekonomi kreatif yang termasuk dalam Inpres No.6 Tahun 2009 yang berisikan Program Ekonomi Kreatif bagi 27 Kementrian Negara dan Pemda.

4.Program ACI (Aku Cinta Indonesia), ACI (Aku Cinta Indonesia) merupakan salah satu gerakan ‘Nation Branding’ bagian dari pengembangan ekonomi kreatif yang termasuk dalam Inpres No.6 Tahun 2009 yang berisikan Program Ekonomi Kreatif bagi 27 Kementrian Negara dan Pemda.

5.Penguatan Sektor UMKM, Dalam rangka meningkatkan pertumbuhan UMKM di Indonesia, pihak Kadin mengadakan mengadakan beberapa program, antara lainnya adalah ‘Pameran Koperasi dan UKM Festival’ pada 5 Juni 2013 lalu yang diikuti oleh 463 KUKM. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk UKM yang ada di Indonesia dan juga sebagai stimulan bagi masyarakat untuk lebih kreatif lagi dalam mengembangkan usaha kecil serta menengah.

6.Perbaikan Infrastruktur, Dalam rangka mendukung peningkatan daya saing sektor riil, selama tahun 2010 telah berhasil dicapai peningkatan kapasitas dan kualitas infrastruktur seperti prasarana jalan, perkeretaapian, transportasi darat, transportasi laut, transportasi udara, komunikasi dan informatika, serta ketenagalistrikan :

7.Perbaikan Akses Jalan dan Transportasi

8.Perbaikan dan Pengembangan Jalur TIK

9.Perbaikan dan Pengembangan Bidang Energi Listrik.

10.Reformasi Kelembagaan dan PemerintahanDalam rangka mendorong Percepatan Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, telah ditetapkan strategi nasional pencegahan dan pemberantasan korupsi jangka panjang 2012-2025 dan menengah 2012-2014 sebagai acuan bagi seluruh pemangku kepentingan untuk pelaksanaan aksi setiap tahunnya. Upaya penindakan terhadap Tindak Pidana Korupsi (TPK) ditingkatkan melalui koordinasi dan supervisi yang dilakukan oleh KPK kepada Kejaksaan dan Kepolisian.

Sumber: http://crmsindonesia.org/knowledge/crms-articles/peluang-tantangan-dan-risiko-bagi-indonesia-dengan-adanya-masyarakat-ekonomi dan https://id.wikipedia.org/wiki/Masyarakat_Ekonomi_ASEAN dan http://id.stie-stmy.ac.id/berita-165-persiapan-indonesia-dalam-menghadapi-mea-masyarakat-ekonomi-asean.html

Categories: Uncategorized

PROFIL AKU

Kartika Putri


Popular Posts

5 Dampak Positif Pen

Bermain game online ternyata tidak tetap membawa dampak buruk, lho. ...

Permainan Yang Bikin

Saat siswa jadi keluar bosan menyimak pelajaran, maka inilah saatnya ...

Bermain Game Online

Bermain game online jadi keseruan - tersendiri untuk gamers. Hal ...

5 Game Rekomendasi M

Ketika tidak dapat kumpul bareng, game multiplayer online dapat digunakan ...

Hal-hal Yang Bisa Di

Hidup di perguruan tinggi lumayan menantang. Sebagian mahasiswa tersedia yang ...