Putri Kartika

Just another Blog UMY site

Pertanian Masa Depan

Posted by Kartika Putri 0 Comment

PERTANIAN MASA DEPAN

APA YANG ANDA PIKIRKANTENTANG PERTANIAN DI MASA DEPAN?? MENGGUNAKAN ALAT-ALAT YANG CANGGIH, HASIL PANEN LEBIH BANYAK,ATAU HAL-HAL LAINNYA,

Semua pasti mempunyai keinginan yang sama di masa yang akan datang, yaitu berkeinginan untuk menjadi lebih baik, seperti halnya dengan pertanian yang ada,tentu kita berharap pertanian yang ada di masa yang mendatang akan lebih baik dan betkembang dengan pesat.

Sebelum kita membahas tentang pertanian di masa yang mendatang, kita akan membahas sedikit tentang pertanian pada saat ini.

Berikut ini kondisi pertanian di masa ini dalam segi SDA (Sumber Daya Alam) dan SDM (Sumber Daya Manusia):

Dalam segi SDM ( Sumber Daya Manusia), SDM saat ini kurang memadahng dalam pembangunan Pertanian atau kemampuan para SDM kurang untuk mengolah Pertanian ini terbukti dari usia para petani yang rata-rata berusia 40 thunan ke atas yang menggunakn sistem Pertanian yang masih tradisional, padahal di era sekarang harusnya sistem Pertanian lebih modern.

Dalam segi SDA (Sumber Daya Alam), Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak hasil Sumber daya alam. Tak terbayangkan kekayaan yang masih tersimpan di dalam bumi Indonesia, yang ada di lautan baik dipermukaan atau di perut bumi. Tak terbayangkan jutaan bahan tambang seperti timah, emas, perak, tembaga dan bahan tambang lain, jutaan ton ikan dan sumber protein hewani lain, serta jutaan ton minyak dan kekayaan lain yang masih belum digali. Tapi itu semua berasa percuma karena saat ini Indonesia malah menjadi tempat Impor segala hasi Pertanian mulai dari buah-buahan sampai beras sekalipun.

Dan sekarang kita akan membahas tentang kondisi Pertanian di masa Depan, di lihat dari Teknologi yang telah berkembang saat ini, pasti juga Pertanian di masa depan juga mengalami perkembangan mulai dari segi SDA dan SDM nya. Misalnya dari segi SDM nya, dengan teknologi yang tlah berkembang dan genersi muda yang telah mempelajari teknologi yang ada, tidak menutup kemungkinan bahwa SDM juga mengalami perkembangan karna SDM dapat mencari Informasi secara cepat dan Lengkap. Serta dapat mencari Ilmu Pengetahuan secara lebih terinci dan lengkap dan bisa mengetahui segala informasi yang berhubungan tentang Pertanian yangsedang berkembang yang bisa membantu para SDM untuk mengembangkan Pertanian.

Sedangkan di tinjau dari segi SDA, Sumber daya alam yang ada telah di manfaatkan secara optimal atau baik dan benar, dengan memanfaatkan segala sesuatu dengan seperlunya tanpa mengeploitasi satu objek tetentu.

Setelah kita membahas kondisi pertanian di masa kini dan masa depan, sekarang kita akan membahas bentuk Pertanian di masa depan.

Tanaman yang di tanam yang mempunyai prospek yang bagus di masa depan adalah Bambu ini di karenakan Bambu adalah tanaman sumber penghasil kayu yang dapat tumbuh dengan cepat di bumi. Dan merupakan tanaman pengganti kayu dari hutan tropis yang saat ini sudah sangat berkurang akibat dari permintaan yang sangat besar dari industri, oleh karena itu perhatian terhadap produksi bambu mulai meningkat di semua benua baik Asia, Afrika, maupun Amerika. Bagaimanapun juga permintaan bambu secara global tumbuh lebih cepat dari tingkat ketersediaannya. Sehingga peluang bisnis perkebunan bambu masih sangat besar dan terbuka.Dari waktu ke waktu bambu selalu dapat membuktikan sebagai bahan baku yang dapat diandalkan dalam berbagai aplikasi praktis. Di abad 21 ini bambu akan terus menjadi komoditas industri yang semakin berharga. Kita berharap akan semakin sering menemukan lebih banyak produk berbahan baku bambu di pasaran dan juga furniture dari bambu di rumah kita. 

Bambu adalah material yang serbaguna. Setiap jenis memiliki ciri fisik dan kandungan kimia yang cocok dengan tujuan ahirnya. 1700 tahun yang lalu China memulai pembuatan kertas dari bambu. Sampai dengan hari ini bubur kertas merupakan produk utama bambu. Dengan jutaan bambu yang digunakan setiap tahunnya untuk tujuan yang khusus. Bambu juga digunakan secara tradisional untuk pembuatan rumah sederhana dengan biaya rendah, jembatan dan kerajinan tangan
Dari sudut pandang industri, bambu sangat mempesona karena merupakan material lunak tapi sangat kuat untuk digunakan dalam aplikasi konstruksi modern. Kepadatan bambu sebanding dengan kayu keras dan kekuatannya melebihi baja. Saat ini tengah dikembangkan cara baru untuk mengolah serat bambu untuk pembuatan aplikasi standar yang modern.
Bambu lapis dan triplek dari bambu saat ini lebih sering digunakan untuk bahan pembuatan perabot rumah tangga. Bambu parquet juga merupakan salah satu produk dengan prospek yang sangat besar, selain itu partikelboard dan fiberboard dari bambu juga sangat menarik.
Dan yang kedua adalah tanaman pohon Jabon (Anthocephalus cadamba) merupakan salah satu komoditi penghasil kayu ungulan karena dalam jangka waktu 5 tahun, diameter kayunya sudah mencapai 30—40 cm. Selain itu, kualitas kayunya juga relative bagus. Jabon bisa dipanen dalam dua tahap, yaitu tahun ketiga dengan diameter kayu 20—25 cm, biasanya disebut dengan penjarangan dan panen raya pada umur 5 tahun. Jabon mampu tumbuh dengan baik pada ketinggian 0—500 m dpl, Tanah yang disukai berupa tanah lempung, podsolik cokelat, dan aluvial lembap di pinggir sungai. Kondisi iklim tempat tumbuh jabon adalah tipe iklim basah sampai kering dengan tipe curah hujan A sampai D.

Tinggi pohon jabon bisa mencapai 45 m dengan diameter mencapai 160 cm. Batangnya lurus dan silindris bertajuk tinggi dengan cabang mendatar, berbanir, sampai ketinggian 1,5 m.  Jabon memiliki kemampuan untuk melakukan pemangkasan cabang-cabang secara alami, terutama cabang berada di bagian bawah dan tidak mendapatkan cahaya penuh. Pada waktu muda, kulit luar batang berwarna putih kehijauan tanpa alur, tetapi berangsur-angsur akan menjadi kelabu-cokelat sampai cokelat, dan sedikit beralur dangkal seiring bertambahnya umur tanaman.

Hasil Produksi petanian di masa depan akan lebik baik di lihat dari cara bagaimana di produksinya dan bagaimana cara proses menanamnya.

Sumber: http://www.bambunusaverde.com/bahasa/prospek-perkebunan-bambu.htm dhttp://generasiacehhijau.blogspot.co.id/2011/07/kayu-jabon-prospek-cerah-investasi-masa.htmlan

Categories: Uncategorized

PROFIL AKU

Kartika Putri


Popular Posts

5 Dampak Positif Pen

Bermain game online ternyata tidak tetap membawa dampak buruk, lho. ...

Permainan Yang Bikin

Saat siswa jadi keluar bosan menyimak pelajaran, maka inilah saatnya ...

Bermain Game Online

Bermain game online jadi keseruan - tersendiri untuk gamers. Hal ...

5 Game Rekomendasi M

Ketika tidak dapat kumpul bareng, game multiplayer online dapat digunakan ...

Hal-hal Yang Bisa Di

Hidup di perguruan tinggi lumayan menantang. Sebagian mahasiswa tersedia yang ...