Fungsi Penggunaan Fitur Buram untuk Video Bokeh

4 views
banner 300x280

Fungsi Penggunaan Fitur Buram untuk Video Bokeh – Anda tentu tidak asing dengan penggunaan aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan video dengan hasil yang bokeh. Ternyata penggunaan fitur tersebut memiliki tujuan tertentu, bisa agar video menjadi lebih halus, lebih estetik dan beberapa tujuan lainnya.

Pengertian bokeh merupakan serapan bahasa Jepang yang berarti blur. Maksudnya video maupun gambar yang diambil menonjolkan objek tertentu sebagai fokus utama dan memburamkan bagian lainnya. Tekhnik ini cukup populer di kalangan fotografer untuk mendapatkan foto dengan kualitas yang baik. Sebenarnya apa fungsi dan tujuan penggunaan bokeh untuk video? Berikut merupakan penjelasannya.

Menegaskan dan Mempertajam Objek

Anda tentu mengetahui bahwa hasil video bokeh pasti menarik untuk dilihat. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab foto dengan fitur tambahhan bokeh berfokus pada obyek tertentu dan lebih halus. Konsep KISS dalam dunia fotografi juga berlaku dalam tehnik pengambilan video, yakni keep it simpel, stupid! Yang bermakna bahwa sesuatu yang sederhana itu indah.

Menambah Nilai Estetis Video yang Diambil

Bokeh digunakan untuk menambah nilai estetis suatu video bukan merupakan rahasia lagi. Landskap yang kabur di belakang obyek akan membuat video tampak makin menyatu, fokus dan nyaman dilihat. Apalagi jika dilakukan dengan benar sesuai dengan konsep estetika yang baik, video Anda akan terlihat lebih bagus, bahkan tanpa menggunakan video editor sekalipun.

Menghilangkan Bagian yang Tidak Penting

Pengambilan video bokeh tidak semudah yang di bayangkan. Salah satunya adalah ketika di belakang objek terdapat bagian yang menganggu, sehingga perlu di hilangan. Nah, bokeh merupakan salah satu solusinya. Dengan menggunakan fitur tersebut, objek menjadi lebih fokus dan landskap di belakang objek bisa di buramkan, sehingga tidak menganggu fokus pada video.

Itulah beberapa tujuan mengapa perlu menggunakan fitur bokeh untuk pengambilan video. Agar lebih mudah dilakukan, tentunya Anda memerlukan aplikasi yang bisa menunjang proses editing menjadi lebih baik. Terdapat beberapa jenis aplikasi yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan hasil tersebut.

Salah satunya adalah Afterfocus. Ia merupakan aplikasi untuk membuat video dengan jenis bokeh yang paling sering di gunakan. Selain itu terdapat pula Bokeh Machine, berupa perangkat lunak yang akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil video bokeh. Kedua aplikasi tersebut bisa Anda temukan di Play Store maupun di berbagai website download aplikasi bokeh di internet.

Beberapa penjelasan singkat tersebut semoga bisa membantu Anda untuk memahami konsep video bokeh yang sekarang ini mulai banyak di gunakan. Sebagai tambahan, Anda bisa menggunakan kamera yang mumpuni untuk pengambilan gambar, sehingga apabila video memang memerlukan proses editing, akan menjadi lebih halus hasilnya.

 

banner 300x280

Leave a reply "Fungsi Penggunaan Fitur Buram untuk Video Bokeh"

Author: 
    author