Farmer Till I Die

Just another Blog UMY site

PEMUDA GENERASI PENERUS PETANI

Petani dan pemuda. Kelihatannya adalah dua hal yang tidak ada kesinambungannya. Karena apa?, karena pola fikir sebagian masyarakat luas, terutama golongan kaum muda sendiri.

Pertanian ia identikkan dengan pekerjaan orang orang tua, yang renta dan tak memiliki pilihan pekerjaan yang lain, sementara para pemuda lebih memilih pekerjaan yang lain yang menurut mereka lebih menjanjikan dan bergensi. Dari cerita kebanyakan tentang profil petani yang ada di Indoneisa adaalah petani yang tak berdaya dan sering di berdayakan melalui beberapa program baik oleh pemerintah maupun pihak swasta.

Untuk masa depan pertanian masa depan, tentu harus adanya peran oleh para pemuda masa kini. Untuk mewujudkan itu semua perlu adanya pembangunan pertanian. Pembangunan pertanian  adalah pemanfaatan seluruh potensi sumberdaya pertanian dengan tujuan meningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian, langkah yang perlu ditempuh adalah dengan cara menggali dan mengoptimalkan seluruh potensi sumberdaya (SDA, SDM, kelembagaan, dan teknologi) serta memberdayakan masyarakat agar mampu mengelola potensi tersebut secara produktif dan efisien untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Dalam lapangan, terdapat banyak sekali permasalah pertanian yang dialami oleh petani. Mislanya pada pemilikan lahan rata-rata kurang dari 0,5 hektar, infrastruktur pertanian yang kurang memadai, organisasi petani dan kualitas sumberdaya manusia yang lemah, masih rendahnya dukungan kelembagaan dan manajemen pengelolaan pertanian yang belum mengarah ke kaidah bisnis, telah mengakibatkan usahatani menjadi kurang menarik secara ekonomis, karena belum mampu memberikan jaminan sebagai sumber pendapatan untuk hidup secara layak.

Dilihat dari berbagai fenomena memprihatinkan yang dialamai oleh petani. Tangan-tangan pemuda haruslah ikut serta didalamya untuk mencapai pertanian yang berkemajuan. Memperbaikinya di masa sekarang dan berharap dapat diterapkan di pertanian masa depan, agar pertanian ini tetap berkelanjutan.

Segala permasalahan yang dialami petani dalam usaha taninya dan bidang pertanian dalam konteks pembangunannya, setidaknya dapat dicarikan jalan keluar melalui suatu upaya. Untuk itu, beberapa peran yang dapat diambil oleh para pemuda antara lain adalah :

  • Ikut berperan dalam pembuatan kebijakan sektor pertanian.
  • Melakukan pengawasan terhadap program-program pertanian.
  • Melakukan bimbingan dan pemberdayaan petani.
  • Memberikan perlindungan hukum dalam sector pertanian.
  • Menjadi SDM pembangunan pertanian yang intelektual.

PEMUDA INDONESIA, SIAP GENERASI PENERUS PETANI BANGSA!!

Categories: Uncategorized

About Rachma Camelia Suratmi

Hai... My name is Rachma Camelia Suratmi. You can call me Rachma or Ama. I come from Tulungagung, East Java. I was born in Tulungagung also, on August 18th, 1996. My hobby is listening music and writing. Now, I'm study in Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), faculty "Pertanian", prodi "Agroteknologi". Now, I live in "Unires Putri UMY".

PROFIL AKU

Rachma Camelia Suratmi

Hai... My name is Rachma Camelia Suratmi. You can call me Rachma or Ama. I come from Tulungagung, East Java. I was born in Tulungagung also, on August 18th, 1996. My hobby is listening music and writing. Now, I'm study in Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), faculty "Pertanian", prodi "Agroteknologi". Now, I live in "Unires Putri UMY".


Popular Posts

Hidup petaniku

[caption id="" align="alignnone" width="468"] Penggarapan sawah oleh petani[/caption]   Seperti yang telah ...

Mengenal Arti Petani

  [caption id="" align="alignleft" width="150"] petani pada saat panen[/caption] Petani adalah seseorang ...

Peran Generasi Muda

PEMUDA GENERASI PENERUS PETANI Petani dan pemuda. Kelihatannya adalah dua hal ...

Penyelamatan Lingkun

DUNIA PERTANIAN PEDULI LINGKUNGAN Pertanian tak akan lepas dengan lingkungan. Petani ...

Pemanfaatan Blog unt

PEMANFAATAN BLOG UNTUK PERSONAL BRANDING Sekarang ini internet sangat merajalela, dalam ...