Farmer Till I Die

Just another Blog UMY site

 FAKULTAS PERTANIAN UMY bukan TUJUANKU tetapi PILIHANKU

Setelah beberapa minggu masuk kuliah di Fakultas Pertanian UMY prodi Agroteknologi, banyak pengalaman yang saya peroleh. Seperti judul pada tulisan ini, kuliah di Fakultas Pertanian bukanlah tujuan tetapi pilihan. Di minggu-minggu pertama saya masih merasakan betapa tersiksanya batin saya menerima kenyataan untuk kuliah di Fakultas Pertanian ini. Karena memang cita-cita adalah masuk di Fakultas Kedokteran. Seperti yang saya katakan tadi, inilah pilihanku meski bukan tujuanku. Pada intinya saya harus tetap menjalani semua proses ini.

Seiring berjalannya waktu dengan berbagai mata kuliah yang saya terima dan berbagai tugas yang diberikan dosen yang itu semua menuntut saya untuk belajar, menulis, dan membaca tentang sekitar dunia pertanian. Lama-kelamaan saya nyaman menjalani semua ini dan rasanya ingin tahu lebih tentang pertanian. Dunia pertanian mulai menarik agi saya. Ditambah dengan semakin akrabnya sesama teman, adanya solidaritas antar teman sekelas, baik dari cowok atau cewek yang ternyata sebagian temanpun mempunyai cerita yang sama dengan apa yang saya alami.

Inilah pilihanku yang memang harus aku jalani. Di Fakultas Pertanian inilah saya temukan arti ikhlas dan inilah yang memang semestinya aku jalani. Banyak hal yang saya dapatkan bahwasanya petani tidaklah seorang yang pekerjaannya hanya mencangkul di sawah. Tumbuhlah cita-cita baru menjadi “Petani Berdasi Sukses yang Intelektual.”

Dengan diperkenalkannya seni bertanam modern lewat pelatihan dari ATC (Agriculture Training Centre), pelatihan vertikultur oleh HIMAGRO (Himpunan Mahasiswa Agronomi), DISTAN (Diskusi Pertanian), kunjungan ke Lahan Pasir, dan kegiatan lain yang begitu menarik bagi saya. Membuka cakrawala pikiran saya bahwa pertanian itu luas, tidaklah hanya seperti sepetak sawah.

Fakultas Pertanian UMY prodi Agroteknologi ini menurut saya prodi yang pantas dijadikan tujuan dalam memilih jurusan di UMY. Prodi yang sudah menyandang gelar akreditasi A ini begitu perhatian kepada mahasiswanya. Sebagai bukti dengan adanya DPA (Dosen Pendamping Akademik) yang setiap sepuluh anak mendapatkan satu dosen. DPA ini sebagai orang tua mahasiswa di Kampus yang memantau segala hal tentang mahasiswa, baik akademik maupun diluar akademik.

Agroteknologi UMY ini juga mempunyai nilai lebih dengan hampir semua mata kuliah yang saya dapatkan di semester pertama ini dikaitkan dengan perspektif Al-Qur’an. Saya menyukai hal ini.

Saya rasa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang mengusung semboyan Unggul dan Islami sangatlah tepat dan pantas. Khususnya di Fakultas Pertanian prodi Agroteknologi ini, saya merasa bahwa saya kuliah disini tiada merugi. Prodi yang dosennya adalah dosen-dosen yang berintelektual tinggi, berkualitas tinggi, dan dapat menyalurkan ilmu ke mahasiswanya dengan baik.

Untuk kedepan saya berharap prodi ini akan lebih maju dan lebih baik lagi di segala segi. Baik dari segi administrasi, sarana dan prasarana, dosen, kegiatan-kegiatan yang diadakan, program-programnya, dan lain sebagainya. Sekarang saya berani mengatakan, baik lisan maupun hati saya, PERTANIAN itu ISTIMEWA. PERTANIAN SATU, PERTANIAN JAYA!!.

 

 

 

Categories: Uncategorized

About Rachma Camelia Suratmi

Hai... My name is Rachma Camelia Suratmi. You can call me Rachma or Ama. I come from Tulungagung, East Java. I was born in Tulungagung also, on August 18th, 1996. My hobby is listening music and writing. Now, I'm study in Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), faculty "Pertanian", prodi "Agroteknologi". Now, I live in "Unires Putri UMY".

PROFIL AKU

Rachma Camelia Suratmi

Hai... My name is Rachma Camelia Suratmi. You can call me Rachma or Ama. I come from Tulungagung, East Java. I was born in Tulungagung also, on August 18th, 1996. My hobby is listening music and writing. Now, I'm study in Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), faculty "Pertanian", prodi "Agroteknologi". Now, I live in "Unires Putri UMY".


Popular Posts

Hidup petaniku

[caption id="" align="alignnone" width="468"] Penggarapan sawah oleh petani[/caption]   Seperti yang telah ...

Mengenal Arti Petani

  [caption id="" align="alignleft" width="150"] petani pada saat panen[/caption] Petani adalah seseorang ...

Peran Generasi Muda

PEMUDA GENERASI PENERUS PETANI Petani dan pemuda. Kelihatannya adalah dua hal ...

Penyelamatan Lingkun

DUNIA PERTANIAN PEDULI LINGKUNGAN Pertanian tak akan lepas dengan lingkungan. Petani ...

Pemanfaatan Blog unt

PEMANFAATAN BLOG UNTUK PERSONAL BRANDING Sekarang ini internet sangat merajalela, dalam ...