Masyarakat Indonesia telah melakukan pembelajaran jarak jauh sejak 2 bulan terakhir. Meskipun ini digunakan sebagai alternatif, namun kendala belajar online cukup banyak. Adanya permasalahan tersebut tidak hanya dirasakan oleh siswa, pihak pendidik pun turut merasakannya.

Berbagai Kendala saat Belajar Online di Rumah

Belajar secara daring terdengar praktis, namun ada berbagai masalah yang akan dihadapi apabila pembelajaran jarak jauh ini dilanjutkan. Kendala itu bervariasi, mulai dari sudut pandang murid hingga pendidik. Berikut adalah beberapa permasalahannya:

1. Keterbatasan Akses Internet di Tempat Terpencil

Salah satu kendala saat belajar daring ialah adanya keterbatasan mengakses pembelajaran karena tempat tinggal siswa terpencil. Apabila tidak ada jaringan, tentu murid tak bisa mendapatkan ilmu. Materi yang disiapkan oleh guru karena pelajar terkendala internet. Hal ini sungguh memprihatinkan.

Padahal sistem pembelajaran seharusnya mampu membuat seluruh siswa mengerti. Namun, sayangnya tidak semua wilayah memiliki koneksi internet baik. Akhirnya, pihak sekolah pun harus memutar otak menangani kendala ini. Mau tak mau, harus ada solusi pada belajar online tersebut.

2. Tantangan Murid Untuk Fokus Saat Belajar Online

Kendala lainnya yang kerap muncul saat belajar jarak jauh yakni memusatkan pikiran ke kelas online. Ketika ingin fokus, terkadang ada gangguan seperti suara tetangga berisik atau godaan program TV menarik. Ini merupakan tantangan bagi pelajar ketika mereka mengikuti e-learning.

Tanpa adanya tekad yang kuat, mungkin siswa akan memilih bermain gadget dibandingkan mengerjakan tugas sekolah. Tak hanya gangguan dari dalam diri, suara ribut atau bising di sekitar rumah pun dapat mengganggu konsentrasi murid memahami mata pelajaran.

3. Kesehatan Terganggu

Salah satu kendala yang akan dihadapi oleh siswa maupun guru jika menjalani belajar secara online yakni kesehatan terganggu. Hal ini bisa terjadi karena pelajar terlalu banyak menghabiskan waktu di depan laptop, entah untuk mempelajari materi maupun mengerjakan tugas sekolah.

Kesehatan berpotensi terganggu apabila siswa maupun pendidik tidak menjaganya dengan benar. Selain itu, posisi duduk sebaiknya dijaga agar tulang tetap lurus. Kesalahan duduk bisa menyebabkan bagian tubuh bengkok, apalagi jika dilakukan dalam waktu yang lama.

4. Peran Ganda Orang Tua

Kendala lain yang mungkin dialami adalah orang tua harus berperan ganda, yakni bekerja sembari mengawasi anak belajar. Bila mereka work from home, mungkin ini takkan terlalu memberatkan karena berada dalam lokasi sama. Namun, itu akan menjadi masalah jika ia berprofesi sebagai dokter.

Orang tua yang berprofesi sebagai dokter atau pekerjaan di luar lainnya tentu tak bisa mengawasi mereka belajar. Padahal, siswa SD membutuhkan pengawasan lebih saat melakukan pembelajaran jarak jauh. Adanya kendala tersebut masih menjadi masalah hingga kini.

5. Gadget

Kendala belajar online yang paling dirasakan ialah keterbatasan memiliki gadget. Bagi orang dari golongan menengah ke atas mungkin takkan ada masalah karena perlengkapan e-learning umumnya telah dimiliki. Namun, ini sangat berpengaruh dampaknya bagi pelajar dengan ekonomi pas-pasan.

Padahal ada siswa tinggal di area terpencil dan tidak memiliki gadget untuk mengakses pelajaran. Ini tentu sangat disayangkan mengingat tanpa mengikuti pembelajaran, murid bisa ketinggalan materi dari sekolah. Jika hal itu dilanjutkan, pelajar akan dirugikan karena otomatis nilai pun kurang bagus.

6. Siswa Kesiangan

Salah satu kendala yang dialami oleh siswa adalah terlalu lelah mengerjakan tugas dari guru hingga keesokan harinya kesiangan. Hal itu umumnya terjadi karena tidak sedikit pendidik memberikan batas waktu pengumpulan tugas hingga tengah malam. Secara tak langsung ini membuat murid begadang.

Alhasil, keesokan harinya murid tak bisa mengikuti materi untuk mata pelajaran lainnya. Pembelajaran jarak jauh membuat siswa begadang demi menyelesaikan tugas dari guru. Jika ini berlangsung lama, maka efeknya akan sangat buruk bagi pelajar.

7. Pendidik Ekstra Menguras Tenaga

Kendala yang diperoleh apabila belajar online tetap dilakukan ialah guru harus mengeluarkan tenaga ekstra dalam membuat materi maupun pembelajaran menarik. Ia harus menguasai teknologi dan mencipatakan bahan ajar terbaik. Mau tak mau pendidik harus memahami IT.

Jika pendidik tak pandai menguasai materi IT, hal itu berdampak pada sistem pembelajaran. Mungkin, siswa menjadi kurang memahami karena kurangnya kemampuan guru mengoperasikan teknologi. Belajar secara daring membuat pengajar menguasai berbagai ilmu baru.

8. Materi Susah Dipahami

Kendala lainnya yang akan dialami oleh siswa adalah sulitnya memahami materi sekolah. Hal itu wajar mengingat guru memiliki keterbatasan dalam menjelaskan via daring. Memang, kini terdapat aplikasi online untuk video call khusus, namun tentu efeknya berbeda dengan bertatapan langsung di kelas.

Jika materi susah dipahami, maka akan berpengaruh pada nilai siswa. Akhirnya, pelajar harus menerima bahwa nilai mereka turun. Untuk menanganinya, pelajar bisa berkonsultasi tentang kendala belajarnya pada orang lain semisal teman atau dapat pula menyewa tutor pribadi.

9. Keterbatasan Komunikasi

Ada lagi kendala yang sangat dirasakan oleh guru serta murid, yaitu keterbatasan komunikasi. Tidak semua kelas memberlakukan belajar tatap muka secara online. Sebagian pendidik hanya menggunakan sosial media seperti WhatsApp untuk memberikan pembelajaran atau materi pelajaran.

Jika metode itu diterapkan, komunikasi antara siswa dan pengajar sangat terbatas. Adanya belajar online membatasi ruang gerak. Untuk menangani akan hal ini, sebaiknya pembelajaran dilakukan dengan berbagai media, salah satunya website Cimacnoticias agar murid pun bisa memahami materi sekolah meskipun secara daring.

Demikian beberapa kendala belajar online yang dirasakan oleh siswa, orang tua maupun pendidik. Tidak semua pihak merasa diuntungkan dengan adanya sistem pembelajaran ini. Maka dari itu, perlu diadakan evaluasi mengenai hal tersebut, terutama oleh pemerintah baik lokal maupun nasional.

Categories: Pengalaman

PROFIL AKU

ヂヤン


Popular Posts

Refeksiologi, Pijat

Selama puluhan tahun, banyak orang yang mengakui pijat mempunyai manfaat ...

Tempat Wisata Outdoo

Berbagai macam sarana tempat wisata outdoor di Bandung pasti memiliki ...

Nasihat Muslimah unt

Mencintai adalah suatu fitrah setiap orang. Bukan hanya untuk anak ...

Jasa Cuci Sofa Terde

Di sinilah tempat terbaik untuk mengatasi berbagai keluhan atau masalah ...

Model Lemari Pakaian

Anda sedang mencari almari baru? Jika ya, maka di sinilah ...