Ratno Tech

Sharing Pengetahuan Tak Terbatas!

Masalah dan Derita Mahasiswa Rantau – Hampir semua Mahasiswa rantau pasti pernah merasakan masalah dan derita mahasiswa rantau. Mulai dari masalah kuliah, asrama dan juga biaya hidup di perantauan. Menempuh pendidikan di luar kota tentu bukan hal yang mudah, jauh dari orang tua dan juga keluarga tetapi cita-cita dan tujuan hidup memang membutuhkan pengorbanan.

Masalah dan derita mahasiswa rantau tidak jauh-jauh dari kehidupan sehari-hari. Jadi buat kamu yang punya mental kecil maka kamu harus mengurungkan niat untuk menjadi mahasiswa rantau dan jika ingin mengetahui masalah dan derita mahasiswa rantau silahkan simak beberapa poin berikut.

Masalah Biaya Hidup Sehari-hari dan biaya kuliah

Hidup sendiri maka kamu harus memikirkan semua sendiri, salah satunya adalah biaya hidup. Buat kamu yang mencari biaya hidup sendiri tentu akan lebih sulit. Kamu harus benar-benar mengontrol pemasukan dan juga pengeluaran begitu juga yang mendapatkan kiriman dari orang tua.

Kamu harus jeli sekali untuk mengeluarkan uang, apalagi jika orang tuamu juga memikirkan adik-adikmu. Jika perlu kamu bisa kerja part time untuk menambah saku sehingga tidak terlalu merepotkan orang tua. Kata kata bijak yang tepat untuk kamu yang mahasiswa rantau adalah: “Hematlah biar bisa bertahan!“.

Masalah Asmara

Saat SMA mungkin kamu sudah punya pasangan maka kamu harus bersiap LDR dan putus dari pasangan kamu, karena godaan kuliah jauh lebih berat ketimbang SMA 😀. Tetapi buat kamu yang SMA jomblo maka kamu harus mengasah iman kamu agar lebih kuat, sebab saat kuliah kamu akan bertemu wanita-wanita dari berbagai provinsi bahkan negara. Karena jika tidak kamu asah maka kamu bisa terjerumus dan bahkan bisa membuat kuliah kamu berantakan.

Masalah Urusan Kuliah

Saat kuliah jauh berbeda saat SMA, karena kuliah kamu lebih individu dan tidak sama saat SMA semua di sediakan. Saat kuliah kamu harus mencari sendiri, mulai mencari dosen, buku bahkan tugas juga sendiri walaupun terkadang dosen akan memberikan tugas kelompok. Masalah tugas pun juga lebih berat ketimbang saat SMA.

Saat kuliah kamu harus fokus pada hasil kuliah atau IPK dan kamu sendiri harus yang menentukan target lulus, sebab walaupun mendaftar kuliah berbarengan dan di satu kampus bahkan satu jurusan waktu kamu mendapatkan gelar akan berbeda bisa lebih cepat atau bahkan di dahului teman kamu.

Masalah Tempat Tinggal

Jika kamu dari keluarga menengah ke bawa maka kamu tentu akan ngekos saja, Selain lebih menghemat biaya hidup cukup juga untuk kehidupan seorang diri 😞. Tetapi saat kamu ngekos tentu pihak yang memberi kos akan memberikan peraturan, mulai dari JAM malam, tidak boleh gaduh, penggunaan listik, JAM bertamu dan sebagainya.

Kamu harus bersiap untuk masalah ini karena kamu numpang bukan rumah sendiri

Derita Saat Kamu sakit

Saran saya saat kamu sedang merantau selalu jaga kesehatan, sebab jika tidak kamu akan benar menderita, mulai dari biaya rumah sakit tetapi juga tidak ada yang perhatian sama kamu, apalagi keluarga juga jauh maka dari itu jagalah kesehatan mu saat menjadi mahasiswa rantau.

Bagaimana menurutmu tentang masalah dan derita mahasiswa rantau ? Apakah mewakili perasaan kamu sebagai mahasiswa?

Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

Ratno Tech


Popular Posts

Bagaimana Memulai Bi

Kutipan berikut adalah dari staf buku Entrepreneur Media  Start Your Own ...

Pakar Ritel - 10 Tip

Sebagai wirausahawan ritel, Anda dapat dengan mudah mencapai kemerosotan dan ...

Lima Ide Usaha Makan

Salah satu usaha yang selalu update dan banyak peminatnya ialah ...

Contoh Biografi Peng

Muhammad Hanafi adalah seorang pebisnis sukses yang jual jas koko ...

Apa Fungsi Surat Bis

Kamus Webster mendefinisikan sebuah surat sebagai pesan tertulis atau cetak ...