Ratno Tech

Sharing Pengetahuan Tak Terbatas!

Sejarah Berdirinya Indosat

sejarah berdirinya indosat wikipedia.org

Anda pengguna Indosat? Kebetulan sekali karena kali ini kami akan membahas tentang sejarah awal berdirinya Indosat. Sebagai generasi yang hidup di jaman teknologi, sebaiknya kita tidak hanya menikmati teknologi, namun juga mengetahui asal-usul dan perkembangan teknologi tersebut.

Salah satunya adalah teknologi komunikasi seluler. Indosat merupakan salah satu perusahaan dengan nama lengkap PT. Indosat Tbk, pada awalnya perusahaan ini berlabel PT. Indonesian Satellite Corporation Tbk.

Perlu anda ketahui, Indosat adalah perusahaan terbesar kedua setelah Telkomsel dalam bidang penyedia jaringan telekomunikasi.

Indosat berdiri pada tahun 1967 dan pada tahun 1969 Indosat resmi dioperasikan. Perkembangan Indosat begitu cepat, hingga pada tahun 1980 Indosat resmi menjadi perusahaan milik negara yang semua sahamnya dimiliki pemerintah.

Indosat memiliki anak perusahaan yaitu PT. Satelit Palapa Indonesia (Satelindo) yang didirikan pada tahun 1993 dan beroperasi tahun 1994. PT Satelindo kemudian digabungkan dengan PT. Indosat.

PT. Satelindo merupakan saksi sejarah Indosat dan awal kesuksesannya sebagai operator GSM pertama yang menawarkan kartu prabayar Mentari dan Pascabayar Matrix Indonesia.

Selain PT. Satelindo yang digabungkan dengan PT. Indosat, ada beberapa anak perusahaan lain yang di merger, di antaranya PT. Indosat Multimedia Mobile (Indosat-M3) dan PT. Bimagraha Telekkomindo.

Ada juga anak perusahaan yang dilepas oleh Indosat, yaitu PT. Telekomunikasi Seluler (Telkomsel).

Pada tahun 1994, Indosat sempat memulai karirnya dengan memperdagangkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan New York Stock Exchange. Berkat usahanya dan “keberpihakan” Dewi Fortuna membuat Indosat mendapatkan peringat AA+ dalam mengimplentasikan konsep syariah dalam waktu 5 tahun sebesar RP. 175.000.000.000;. Sejak saat itu, konsep syariahnya banyak ditiru oleh banyak perusahaan di Indonesia.

Ketika abada 21 dimulai, pembukaan pasar bebas yang mana adalah deregulasi dalam sektor telekomunikasi dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Dengan ini, layanan komunikasi tidak lagi dikuasai oleh Telkom.

Anak perusahaan Indosat, yakni PT. Indosat Multi Media Mobile (M-3) menjadi pelopor adanya jaringan GPRS dan multimedia di Indonesia. Pada tahun 2001, pemerintah Indonesia menjual saham Indosat ke Singapore Technologies Telemedia Pte. Ltd. , sehingga status Indosat kembali menjadi PMA.

**

Hingga saat ini Indosat berkembang pesat dan pada akhir tahun lalu, Indosat mengeluarkan produk baru yaitu Ooredoo. Dengan produk barunya ini, Indosat banyak sekali menawarkan layanan terutama paket data internet kepada pelanggannya.

Produk Ooredoo juga sudah mendukung jaringan 4G, sehingga tidak ada lagi kata lelet. Anda pengguna smartphone pasti akan puas dengan layanan yang diberikan Ooredoo ini.

Sebagai tambahan, jika anda ingin membeli paketan internet Ooredoo, cukup tekan *123# lalu pilih paket internet. Jika sudah, maka anda langsung bisa menggunakan data untuk kegiatan internet. Tapi jangan lengah ya, selalu cek pemakaian data anda. Jika belum tahu caranya, silahkan kunjungi cara cek kuota indosat anda.

Itulah ulasan tentang sejarah Indosat dan produk terbaru Indosat. Semoga  bisa menambah wawasan anda.

Categories: bisnis

PROFIL AKU

Ratno Tech


Popular Posts

Bagaimana Memulai Bi

Kutipan berikut adalah dari staf buku Entrepreneur Media  Start Your Own ...

Minum Air Yang Cukup

Untuk menghasilkan jumlah empedu yang tepat setiap hari (1-1½ liter), ...

Mengapa harga Bawang

Saya yakin sebagian besar dari Anda akan memperhatikan bahwa nilai ...

Cara Menghitung Uang

Jika Anda bekerja di kasino atau hanya ingin mempelajari trik ...

Peralatan yang Sepat

Jasa wedding yakni perluang usaha yang kian diminati. Salah satu ...