Renara blog

Just another Blog UMY site

Assalamu’alaikum..

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan 2 materi yaitu rumus fungsi LEFT dan MID pada Microsoft Excel.

  • LEFT

Rumus left adalah =LEFT(Sel,jumlah karakter). Rumus LEFT berfungsi untuk mengambil beberapa karakter yang terletak disebelah kiri data. Data itu dapat berupa karakter maupun angka.

rree

Gambar 1.1

RHENA

Gambar 1.2

Bisa kita lihat contoh diatas pada gambar 1.1. Jika kita ingin mengambil 1 karakter pada sel A2 maka rumusnya adalah =LEFT(A2,1) . Sel A2 sebagai acuan sedangkan 1 adalah jumlah karakter yang ingin kita ambil. Begitu juga pada gambar 1.2 di kolom KODE TAHUN MASUK atau sel D(5). Karakter yang diambil berjumlah 2. Maka rumusnya adalah =LEFT(B5,2). Sel B(5) sebagai acuan dan 2 sebagai jumlah karakternya.

  • MID

Rumus MID adalah =MID(Sel,Karakter ke,Jumlah Karakter). Rumus MID berfungsi untuk mengambil sejumlah karakter yang terletak dibagian tengah data. Dan data itu dapat berupa angka maupun karakter.

rena

Gambar 1.3

Pada contoh gambar diatas, rumus MID yang digunakan adalah =MID(A4,3,1). A4 sebagai acuan, 3 adalah urutan karakternya karena karakter L terletak pada urutan ke-3, dan 1 sebagai jumlah karakter yang ingin diambil.

Berikut materi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Insyaallah, saya akan memposting ilmu-ilmu bermanfaat lainnya. Wassalamu’alaikum

 

Categories: Microsoft Excel

PROFIL AKU

Renara


Popular Posts

Hello world!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Hijab for You

Untuk para saudari saudariku. Bukan berarti aku sudah menjadi makhluk ...

Rukun Haji

Ibadah Haji merupakan kewajiban bagi seluruh umat Islam tetapi bagi ...

Rumus Fungsi LEFT da

Assalamu’alaikum.. Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan 2 materi yaitu ...