Hello!

Hanya Blog UMY situs lain

Dampak Positif Perlombaan Bagi Anak

Posted by Rizkawati Harum Pradara 0 Comment

Anak-anak adalah generasi emas yang wajib dibina dan diarahkan sejak dini, untuk itulah bagi sang anak  sangat baik sekali jika memang digali bakat dan potensinya mulai dari sekarang. Dengan adanya lomba-lomba saat ini khususnya untuk anak-anak akan sangat membantu dalam pengembangan bakat yang memang diperlukan oleh sang anak tersebut. Misalnya saja diadakannya lomba menari, fashion show, menggambar, mewarnai pemandangan atau objek terentu dan lomba lainnya yang membuat anak-anak akan sangat antusias dan bangga jika sudah memenangkan suatu perlombaan. Selain dari manfaat yang telah disebutkan di atas ternyata masih ada manfaat lainnya yang memang sangat dibutuhkan oleh anak-anak dalam mengikuti suatu perlombaan, berikut manfaatnya yang akan diuraikan satu persatu

  • Melatih mental

 Tidak peduli apakah seorang anak menag atau kalah dalam suatu perlombaan, jika memang ia sudah mengikuti lomba dan menyelesaikannya walaupun kalah anak tersebut harus tetap diberi apresiasi karena telah memiliki mental yang kuat untuk berani mengikuti lomba.juga ada tipe anak yang pemalu dalam menunjukkan dirinya, namun dengan sering diikutsertakan dalam perlombaan mental anak tersebut akan terbentuk, dan ketika mental terbentuk seorang anak akan memperlihatkan potensinya.

  • Membuka wawasan anak

Secara tidak langsung dengan bertemunya anak dengan lawannya di suatu perlombaan, misalnya dalam lomba menggambar, mewarnai suatu gambar, atau membaca puisi, sang anak akan melihat sisi kelebihan dan kekurangan lawannya yang kemudian lebih membuka wawasan sang anak tentang bidang yang ia dalami.

  • Memperbanyak teman

Dengan diikutkannya seorang anak dalam lomba, maka anak tersebut akan menemui banyak lawan dari berbagai daerah yang nantinya anak anda akan belajar bergaul dan bersosialisasi dengan lingkungan luar untuk mengenal dan memiliki banyak teman.

  • Mendapat pengalaman baru

Jika memang dalam suatu perlombaan seorang anak kalah, hal itu sangat wajar sekali dan sebagai orang tua yang baik anda dapat memberi dukungan kepada anak untuk tetap optimis di lain kesempatan untuk mengikuti lomba-lomba. Selain itu juga dengan kekalahan tersebut sang anak pasti tidak ingin mengulangi kesalahannya lagi dan akan terus berjuang hingga mencapai kemenangan.

Sumber gambar : mewarnai-gambar.com

Categories: Tips