Hello!

Hanya Blog UMY situs lain

Dewasa ini kesenjangan antara desa dan kota sangat dalam dan lebar. Padahal kota sangat membutuhkan desa sebagai penyuplai sumber makanan dan bahan mentah. Kesenjangan yang begitu lebar antara kota dan desa membuat masyarakat desa lebih memilih untuk meninggalkan desa dan pergi mengembara ke kota untuk mencari penghidupan yang lebih baik. Hal ini disebabkan juga oleh banyak alasan, salah satunya adalah keterbatasan sistem informasi desa dan teknologi, serta serba sulitnya kehidupan desa.

Hari  ini memang kehidupan di desa sudah semakin membaik seiring dengan semakin banyaknya program bantuan desa yang ditawarkan oleh pemerintah, tetapi itu bukan berarti permasalahan di desa sudah menghilang sama sekali.

Digitalisasi Desa Untuk Manajemen Pedesaan Yang Lebih Baik

Hari ini dunia sudah memasuki era informasi dan teknologi, dimana perkembangan dan sirkulasi informasi sangat masif.  tetapi sayangnya masyarakat desa masih belum mampu untuk mengimbangi kemajuan teknologi tersebut dikarenakan minimnya infrastruktur seperti aplikasi desa untuk mendukung perkembangan IT. Hal ini berakibat kepada sulitnya akses informasi yang masuk, metode bertani yang cenderung monoton dan sangat tradisional yang membuat output pertanian monoton bahkan cenderung berkurang, dan juga sulitnya manajemen sektor pertanian dan perkebunan karena semua kalkulasi dan pengarsipan data masih manual dan bahkan cenderung sangat tradisional.

Software Desa SODEA, Memutus Mata Rantai Keterbelakangan

Meskipun banyak sekali rintangan, tetapi semua kesulitan tersebut bisa diringankan dengan kemunculan sistem informasi desa online SODEA. Software desa ini memungkinkan semua produk tani didata dan dikalkulasikan secara online dan terekam oleh sistem sehingga tidak akan tercecer dan hilang. Petani juga bisa meningkatkan harga jual produknya karena bisa langsung mengakses harga di berbagai desa dan pasaran, jika sebelumnya petani dirugikan karena harus menjual produknya dengan harga murah kepada pihak ketiga. Software desa ini juga bisa untuk mempromosikan sebuah desa tertentu dengan menampilkan berbagai produk BUMdes dan juga produk unik hasil ciptaan desa tersebut yang nantinya akan semakin menyejahterakan masyarakat desa.  Diharapkan para perangkat desa mampu untuk menggunakan sistem informasi desa secara maksimal untuk membantu menyejahterakan kehidupan masyarakat desa.

Lokasi Kantor PT. ARFADIA,
Raudha Building 1st and 2nd Floor.
Jl. Kuningan Barat II No. 21, Mampang Prapatan. Jakarta Selatan, 12710, Indonesia.

 

 

 

Categories: Digital Agency