Hello!

Hanya Blog UMY situs lain

Mengenal Lebih Dalam Tentang Kopi Robusta

Posted by Rizkawati Harum Pradara 0 Comment

Para pencinta kopi biasanya akan sangat paham dengan macam-macam biji kopi. Di Indonesia, pencinta kopi terbilang cukup besar dengan dibuktikana industri kopi di negeri ini cukup subur dan kedai kopi pun sangat banyak ditemukan disetiap kota. Biasanya, orang yang gemar menikmati kopi minimal pernah dengar tentang kopi robusta. Kopi ini termasuk jenis kopi yang populer ditelinga masyarakat Indonesia dan dunia yang tentunya seimbang dengan kopi arabika. Namun tahukah Anda seperti apakah jenis robusta ini? Banyak orang yang sering mendengar kopi arabika dan robusta namun tidak tahu persisi karakteristik keduanya dan apa perbedaan keduanya. Jika Anda termasuk orang yang tidak mengetahuinya, ikuti terus penjelasannya di bawah ini.

 

Mengenal Kopi Robusta dan Bedanya dengan Kopi Arabika

Secara garis besar, kopi robusta merupakan jenis kopi yang lebih kuat dan lebih besar dibandingkan jenis arabika. Bentuk biji dari jenis robusta lebih berbentuk bulat dan ukurannya cenderung lebih besar. Tingkat kafein dari jenis yang satu ini juga lebih besar, sekitar 1,7 – 4. Tak heran, kopi jenis ini lebih pahit dibandingkan kopi yang sama populernya yaitu kopi arabika. Menurut para ahli kopi, jenis robusta lebih cenderung memiliki rasa yang sama walaupun berasal dari daerah yang berbeda. Kopi ini bisa tumbuh didaerah yang tidak terlalu tinggi bahkan bisa berada hanya dibawah 1000 meter di atas permukaan air laut. Berbeda kali dengan jenis arabika, untuk jenis robusta bisa tumbuh didataran rendah. Kopi ini sebenarnya sangat cocok dengan Indonesia karena memang tumbuh subur didaerah tropis. Namun, variasi biji kopi yang tidak beragam membuat kopi arabika sedikit lebih populer dan diminati oleh banyak orang. Selain itu, kopi robusta juga memiliki tingkat rasa pahit yang lebih tinggi. Hal ini pun tentu saja berpengaruh pada selera masyarakat Indonesia yang secara umum lebih suka kopi yang sedikit manis atau bahkan manis.

Itulah tadi ulasan singkat tentang kopi robusta. Untuk Anda yang belum pernah mencobaya, sebaiknya Anda bandingkan antara kopi jenis robusta dan arabika untuk menemukan kopi terbaik versi Anda. Tidak perlu khawatir untuk memihak salah satunya karena selera orang memang berbeda-beda.

Categories: Info