Hello!

Hanya Blog UMY situs lain

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh orang tua dalam memberikan yang terbaik untuk anak perempuan mereka, salah satu caranya yaitu dengan memberi sentuhan desain menarik kamar tidur bagi putrinya.

Beberapa keluarga ada yang mendidik putrinya untuk bisa tidur sendiri sejak dini, namun beberapa keluarga lainnya lebih memilih usia tertentu sebelum putrinya diberi ruang kamar sendiri.

Terlepas dari itu semua, dengan mendesain kamar anak yang menarik, akan merangsang tumbuh kembang otaknya dan membuat anak lebih nyaman saat menempati kamarnya.

Berikut beberapa tips desain kamar untuk anak putri yang bisa kalian jadikan referensi yang cukup baik.

1. Desain Simpel namun Tetap Cantik

Tips yang pertama yang bisa kalian terapkan yaitu terapkan desain kamar tidur anak perempuan yang simpel, namun tak lekang oleh waktu. Hal ini bisa dilakukan dengan mengecat dinding dengan warna pastel atau warna netral seperti putih dengan kombinasi warna tirai berwarna pastel (seperti pink dan lainnya). 

Untuk furniturnya, kalian bisa menambahkan beberapa perabot fungsional dengan warna putih atau netral. Sebaiknya jangan menempelkan wallpaper karakter tertentu pada dinding si buah hati.

Penggunaan warna dominasi yang netral ini akan membuat desain kamar lebih tahan lama dan tidak termakan oleh zaman. Selain itu, penggunaan warna netral juga membuat kamar tampak lebih luas dan sejuk bagi anak.

 

2. Desain Corak-corak Cantik

Walaupun saran dari kami pada poin pertama yaitu sebaiknya menggunakan dominasi warna netral, namun akan lebih baik kalian bereksperimen dengan berbagai dekorasi dengan motif-motif ataupun warna-warna cerah dan menarik lainnya.

Pada bagian jok sofa ataupun headboard tempat tidur bisa kalian beri penambahan dekorasi yang cantik. Pemberian motif pada sprei yang cantik akan membuat kamar si anak perempuan menjadi lebih playful.

 

3. Sesuaikan dengan Selera dan Karakter dari Anak

Meskipun kita memiliki segudang ide yang ada di pikiran kita untuk desain kamar anak ini, ada baiknya kalian juga mempertimbangkan untuk menyesuaikan selera anak. Bagi kalian yang memiliki anak yang girly, sebaiknya menggunakan tema yang feminin dan soft

Kalian bisa menambahkan suasana kamar yang warna-warni untuk buah hati yang enerjik. Desain ruangan dengan tema seperti ini akan mencerminkan sifat anak yang ceria dan aktif.

 

4. Tempat Penyimpanan yang Cukup

Seiring tumbuhnya anak perempuan, diikuti juga dengan bertambah banyaknya mainan yang ia miliki. Oleh karenanya, ada baiknya memberi laci atau tempat penyimpanan khusus bagi anak, entah itu untuk mainan ataupun aksesoris maupun buku pelajaran sekolah.

Untuk tempat penyimpanan, sebaiknya kalian mencari tempat yang mudah diraih dan aman bagi anak seusianya. Dengan memberikan storage khusus ini, diharapkan nantinya anak akan memiliki sifat tanggung jawab terhadap kerapian barang-barangnya. 

 

5. Ruangan Multifungsi bagi Anak

Menurut notepam.com, kamar tidur merupakan tempat bagi anak untuk melakukan berbagai aktivitas seperti belajar, bereksplorasi kreatif, bereksperimen dan lainnya disepanjang waktu. Oleh sebab itu, pastikan desain kamar anak yang digunakan mampu membuat anak merasa nyaman serta mampu mendukung kebutuhan untuk si kecil.

Beberapa hal yang bisa kalian lakukan yaitu dengan menyediakan ruang belajar ataupun ruang untuk meluangkan waktu bersama teman mainnya.

 

6. Ruang Bersama

Bagi kalian yang memiliki anak kembar, kalian bisa mendesain kamar tidur untuk dua orang. Pastikan untuk pembagian ruangannya sama rata agar nantinya si anak bisa dengan nyaman berbagi antara satu dengan yang lainnya.

Ada baiknya memisahkan tempat tidur untuk kedua anak yang berada satu ruangan yang sama. Apabila anak pertama lebih besar usianya dibandingkan anak kedua, sebaiknya memberikan tempat tidur dan space lebih besar sesuai kebutuhan masing-masing anak.

Sekian tips desain kamar tidur bagi anak perempuan dari kami, semoga bermanfaat.

Sumber: https://hustopia.com/small-bedroom-ideas/

Categories: Tips